Home » » Struktur dan Ciri Teks Cerita Ulang Biografi

Struktur dan Ciri Teks Cerita Ulang Biografi

Cerita ulang biografi adalah teks yang menceritakan ulang seorang tokoh berdasarkan biografi yang sudah ada. Teks ini bermanfaat bagi pembuat teks untuk berbagi pengalaman orang-orang sukses kepada khalayak ramai dengan sajian yang lebih ringkas daripada teks biografi yang sesungguhnya. Adapun bagi pembaca, tentu teks ini sebagai pelajaran berdasarkan pengalaman seorang tokoh.

Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti hidup dan graphain yang berarti
tulis. Jadi, biografi berarti tulisan tentang hidup seseorang. Teks cerita ulang biografi adalah salah satu teks cerita ulang faktual yang mengisahkan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.

Teks lain yang sejenis dengan teks cerita ulang biografi adalah teks autobiografi. Teks cerita ulang autobiografi adalah teks cerita yang memuat riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri. Ciri-ciri teks ulang autobiografi pada dasarnya sama dengan teks cerita ulang biografi. Perbedaannya, pada teks cerita ulang biografi, pengarangnya mengandalkan berbagai sudut pandang dan dokumen, sedangkan pada autobiografi, dapat saja didasarkan sepenuhnya pada ingatan pengarang.

A. Ciri-ciri Teks Cerita Ulang Biografi
Ada beberapa hal yag harus dicermati saat membaca teks cerita ulang biografi  atau autobiografi, yaitu (1) judul yakni siapa tokohnya, (2) hal menarik dan mengesankan yang ditampilkan dalam kehidupan tokoh, (3) hal mengagumkan dan mengharukan yang muncul dalam kehidupan tokoh, dan (4) hal yang dapat dicontoh dari kehidupan tokoh.

Sebagai sebuah teks, teks cerita ulang biografi memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan teks yang lainnya. Ciri-ciri ini dapat dilihat dari struktur maupun ciri kebahasaannya. Beberapa ciri teks cerita ulang biografi adalah sebagai berikut.
  1. Hal yang ditulis dalam teks cerita ulang biografi atau aoutobiografi adalah perjalanan hidup orang terkenal atau tokoh dalam segala bidang, misalnya ilmuwan, politisi, olahragawan, pemuka agama, pengusaha, dan sebagainya serta dapat ditulis dalam satu buku atau beberapa halaman.
  2. Dalam biografi tersebut, dijelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua bahkan sampai meninggal dunia (jika tokoh sudah meninggal dunia).
  3. Dalam sebuah teks cerita ulang biografi atau aoutobiografi selain perjalanan hidup tokoh, teks juga berisi deskripsi kegiatan dan peristiwa yang dialaminya, ekspresi, ide, perasaan, dan pandangan hidup tokoh. Semua jasa dan segala sesuatu yang dihasilkan atau yang diperbuat tokoh juga dijelaskan di dalam tulisan tersebut.
  4. Teks cerita ulang biografi atau autobiografi lebih kompleks daripada biodata (curriculum vitae) karena menganalisis dan menginterpretasi peristiwa yang dialami tokoh dengan melibatkan perasaan.
  5. Dalam teks, dapat ditemukan hubungan keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi hidup tokoh serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya.

B. Struktur Teks Cerita Ulang Biografi
Struktur teks Bagian-bagian sebuah teks yang mencirikan suatu teks. Bagian-bagian itu menjabarkan ciri bagain awal, inti, dan penutup teks dalam fungsi komunikasi tertentu. Struktur teks cerita ulang biografi terdiri orientasi sebagai bagian awal teks, peristiwa dan masalah sebagai inti dari teks, dan reorientasi sebagai bagian penutup teks. Berikut penjelasannya mengenai struktur teks cerita ulang biografi.
Struktur Teks Biografi
  1. Orientasi, yaitu bagian pengenalan tokoh atau pelaku di dalam teks cerita ulang biografi secara umum, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang keluarga, serta riwayat pendidikan.
  2. Peristiwa dan masalah, yaitu bagian yang berisi peristiwa-peristiwa terpenting dalam kehidupan tokoh yang menarik, mengesankan, mengagumkan, dan mengharukan serta permasalahan-permasalahan yang dihadapi tokoh dalam mencapai tujuan dan cita-citanya.
  3. Reorientasi, yaitu bagian penutup yang berisi pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan. Reorientasi bersifat opsional, artinya boleh ada dan boleh juga tidak ada.

Teks cerita ulang biografi merupakan bagian dari teks cerita ulang. Cerita ulang (recount) adalah teks yang menceritakan kembali pengalaman masa lalu secara kronologis dengan tujuan untuk memberi informasi, atau menghibur pembacanya, atau bisa keduanya. Cerita ulang terdiri atas tiga jenis, yaitu rekon pribadi, rekon faktual (informasional), dan rekon imajinatif.
  1. Rekon pribadi adalah cerita ulang yang memuat kejadian di mana penulisnya terlibat secara langsung.
  2. Rekon faktual (informasional) adalah cerita ulang yang memuat kejadian faktual seperti eksperimen ilmiah, laporan polisi, dan lain-lain.
  3. Rekon imajinatif adalah cerita ulang yang memuat cerita imajinatif dengan lebih detil.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:17 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....