Home » » Mengenal Alat Musik Melodis Modern

Mengenal Alat Musik Melodis Modern

Menurut peranan dan fungsinya alat musik dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu: alat
musik ritmis, melodis, dan harmonis. Alat musik ritmis ialah alat musik yang tidak bernada dan biasanya berfungsi untuk mengatur irama lagu. Alat musik ritmis penggunaannya dengan beberapa cara yaitu dengan dipukul, baik dengan tangan atau menggunakan alat pukul. Contoh alat musik ritmis diantaranya adalah : rebana, drum, dan simbal tangan.

Alat musik harmonis adalah alat musik yang digunakan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu. Karena alat musik ini biasa memainkan harmoni, maka ciri-cirinya yaitu dapat memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan. Alat musik harmonis ialah alat musik bernada, namun tidak dapat dibentuk. Pada umumnya alat musik yang membunyikan melodi pada suatu lagu, biasanya alat musik tersebut tidak dapat memainkan kord secara sendirian. Beberapa contoh alat musik harmonis diantaranya adalah sasando, kecapi, sampek, dan rebab.

Alat musik melodis adalah alat musik yang biasanya membunyikan melodi di suatu lagu, biasanya alat musik ini tidak dapat memainkan kord secara sendirian. Dalam pengertian lainnya, alat musik melodis ialah alat musik yang memiliki irama atau bernada, biasanya fungsi alat musik melodis untuk pengatur nada sebuah musik atau lagu. Contoh alat musik melodis diantaranya adalah angklung, bonang, dan mandolin

Pada tulisan ini hanya akan dibahas mengenai alat musik melodis modern saja. Beberapa llat musik melodis modern ada bermacam-macam di antaranya recorder, pianika, harmonika, belira, dan
saksofon.

1. Recorder
Recorder adalah salah satu instrumen musik dari keluarga alat musik tiup dengan bunyi seperti pluit. Untuk memainkan recorder kita harus meniup dari ujung yang berbentuk pipih.

Berdasarkan cara memainkannya, recorder termasuk kelompok alat musik tiup. Jenis recorder ada empat, yaitu recorder sopranino, sopran, alto, dan tenor. Keempat recorder tersebut mempunyai ukuran yang berbeda.

Ukuran recorder yang terkecil disebut recorder sopranino, ukuran yang sedang disebut recorder sopran, ukuran yang agak besar disebut recorder alto, dan ukuran yang paling besar disebut recorder tenor. Recorder yang sering digunakan di sekolah-sekolah yaitu recorder sopran.
Recorder dan Pianika
2. Pianika
Pianika adalah alat musik tiup kecil sejenis harmonika, tetapi memakai bilah–bilah keyboard yang luasnya sekitar tiga oktaf. Pianika dimainkan dengan tiupan langsung, atau memakai pipa lentur yang dihubungkan ke mulut.

Alat musik pianika mudah sekali untuk dipelajari. Namun memang membutuhkan ketelatenan dan napas yang kuat. Alat musik pianika ini sering menjadi alat musik wajib di sekolah-sekolah. Dalam permainan musik pianika dapat digunakan untuk memainkan melodi pokok dan kontra melodi serta bisa juga untuk mengiringi lagu. Kegunaan tuts pianika yaitu tuts putih digunakan untuk memainkan nada-nada pokok/ asli dan tuts yang hitam digunakan untuk memainkan nada-nada kromatis.

3. Harmonika
Harmonika adalah salah satu alat musik tiup. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan meniup dan menghisap lubang untuk menghasilkan suara. Harmonika berasal dari alat musik tradisional Cina yang bernama 'Sheng'.

Harmonika terbagi menjadi beberapa kelompok yaitu harmonika diatonik, harmonika kromatik, harmonika kremolo, harminika chord, dan harmonika bass. Masing -masing jenis harmonika memiliki fungsi masing-masing dalam bermain musik.
belira
4. Belira
Belira merupakan bilah-bilah logam yang diatur berderet seperti gambang. Alat musik belira dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pemukul yang dibuat dari logam. Alat musik ini biasanya digunakan untuk musik lapangan seperti drum band.

Cara memainkan bellyra/marching bell hampir sama dengan cara memainkan piano atau pianika. Hanya saja perbedaan dalam cara memainkan bellyra/marching bell dengan cara memainkan alat melodi lain seperti piano atau pianika terdapat pada alat yang digunakan untuk memainkannya. Memainkan alat musik piano atau pianika yaitu dengan menggunakan jari – jari yang memainkannya. Sedangkan cara memainkan bellyra/marching bell yaitu dengan menggunakan alat pukul khusus. Alat yang digunakan untuk memukul tersebut biasanya berwarna putih dan terbuat dari mika.

5. Saksofon
Saksofon merupakan alat musik tiup yang terbuat dari logam. Bentuknya seperti pipa rokok dan berklep logam. Pada lubang tiupnya menggunakan lidah-lidah. Alat musik ini dapat digunakan untuk berbagai jenis alat musik.
Saksofon
6. Trompet
Trompet adalah alat musik tiup yang dapat mengeluarkan bunyi berapiapi yang dihasilkan oleh besarnya tenaga yang digunakan untuk memainkan fanfare tetapi juga disebabkan oleh tabung logam yang sempit, lubang silindris, dan corong yang lebar dan mengembang. Musisi jazz memanfaatkan
semua bunyi yang dihasilkan alat musik trompet dan trombon. Dengan memainkan kedua alat musik ini, diharapkan akan menghasilkan permainan solo yang memesona.

7. Biola
Biola merupakan alat musik string yang cara memainkannya digesek. Suara biola dengan ekspresi musikal banyak digunakan dalam musik orkestra untuk menghasilkan nada yang tinggi dan menakjubkan dalam jumlah yang besar. Biola hasil karya Stradivarius (1644–1737) dianggap sebagai
alat musik terbaik yang pernah dibuat. Sejak saat itu, alat musik gesek tidak berubah. Biola yang digunakan dalam orkestra ada dua macam, yaitu biola sopran dan biola alto.
Biola
8. Hobo
Hobo, yaitu alat musik tiup yang bersuara lembut dengan lidah getar rangkap. Jangkauan nadanya sampai dua setengah oktaf. Hobo dikenal sejak zaman Mesir Kuno. Pada abad ke-18, alat musik ini tampil pada musik kamar atau konserto. Hobo dibedakan menjadi tiga macam, yaitu hobo cor anglais, hobo diamore, dan hobo masa kini. Karya yang banyak menampilkan alat musik ini, dapat kita dengar pada karya Bellini, Berio, dan Rossini.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:03 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....