Home » » Bermain Alat Musik Melodis Pianika

Bermain Alat Musik Melodis Pianika

Pianika adalah alat musik tiup kecil sejenis harmonica, tetapi memakai bilah – bilah keyboard yang luasnya sekitar tiga oktaf. Pianika dimainkan dengan tiupan langsung, atau memakai pipa lentur yang dihubungkan ke mulut. Umumnya pianika dimainkan sebagai alat pendidikan di sekolah. Pianika tergolong alat musik tiup. Dalam bermain musik pianika dapat digunakan untuk memainkan melodi pokok, kontra melodi, bila memungkinkan dapat juga untuk mengiringi lagu.

Instrumen pianika merupakan instrumen yang memiliki konstruksi atau susunan nada-nada yang hampir serupa dengan instrumen piano, namun perbedaannya cara memproduksi suara yaitu melalui udara yang ditiupkan pada pipa penyambung.

Di dalam bermain pianika, pernapasan yang paling baik digunakan adalah pernapasan diafragma. Pernafasan diafragma yakni pernafasan yang menarik atau mengambil kekuatan nafas untuk mengisi paru-paru dengan mengembangkan rongga perut yang diikuti dengan mengembangkan tulang rusuk

A. Bagian Bagian Pianika
Pianika memiliki bagian-bagian yang tersusun sehingga membentuk alat musik Pianika. Pianika memiliki pipa/lubang tiup, selang tiup, badan, tuts warna puti, tuts warna hita, lubang keluar udara, dan tombol keluar udara. Beberapa bagian alat musik pianika antara lain sebagai berikut.
Pianika
Keterangan :
  1. Pipa / Lubang Tiup
  2. Selang  tiup 
  3. Badan Pianika  
  4. Tuts Putih
  5. Tuts Hitam ( nada # dan b )
  6. Lubang keluar udara ( Respirasi )
  7. Tombol keluar udara

B. Kegunaan dari Tuts Pianika
Tuts putih berfungsi sebagai nada pokok lagu, sedangkan tuts hitam berfungsi untuk memainkan nada – nada kromatis dari setiap lagu.

Penjarian merupakan urutan cara memainkan jari yang disusun secara sistematis agar membentuk jari yang teratur, selain itu penjarian mempunyai peranan yang esensial dalam membentuk pola permainan jari yang teratur sehingga memudahkan berkembangnya kemampuan jari dalam memperoleh ketrampilan yang optimal dalam bermain musik.

Setiap jari tangan kanan harus mempunyai tugas satu – persatu untuk menekan tuts – tuts tertentu. Ibu jari (1) – Jari telunjuk (2) – Jari tengah (3) – Jari manis (4) – Jari kelingking (5). Lakukan penjarian menggunakan interval nada – nada dasar, seperti nada C – D – E – F – G.
Penjarian
Selanjutnya mulailah bermain pianika, sebelumnya siapkan alat musik pianika kemudian mainkan nada-nada berikut. Perhatikan penjarian nadanya. Sebagai contoh nada 1 (do) ditekan menggunakan ibu jari.
Latihan Pianika
Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum praktik bermain alat musik pianika. Hal-hal tersebut sebagai berikut.
  1. Mengetahui wilayah nada yang ada pada alat musik pianika.
  2. Mengetahui cara memainkan alat musik pianika, yaitu dengan cara meniupkan udara pada selang peniup (mouth piece) sambil menekan tuts yang ada pada alat musik pianika.
  3. Mengetahui tugas dari setiap jari tangan kanan.
  4. Mengetahui cara memegang pianika, yaitu tangan kiri memegang pianika sedangkan jari-jari tangan kanan menekan tuts.

Selain itu juga ada hal – hal yang diperhatikan bermain pianika agar saat bermain pianika berjalan dengan lancar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut
  1. Tiupan harus stabil
  2. Berdiri tegak, tegap lurus dan tidak bungkuk ini dapat mempengaruhi pernafasan.
  3. Tangan kiri untuk memegang pianika dan tangan kanan untuk memainkan nada.
  4. Letakkan pianika posisikan dengan benar jangkauan yang nyaman disesuaikan.
  5. Periksa selang dan pipa tiup.
  6. Jika menggunakan Partitur / catatan lagu ( notasi ) posisikan diatas atau didepan pianika  tetapi tidak menggangu kenyamanan dalam bermain, lebih   baiknya menggunakan stand book ( tempat buku )

Seperti pada recorder, dalam bermain alat musik pianika juga harus dipersiapkan beberapa hal berikut.
  1. Sebelum dan sesudah menggunakan pianika sebaiknya selang peniup (mouth piece) dicuci terlebih dahulu.
  2. Memilih lagu sesuai dengan jangkauan nada yang dimiliki alat musik pianika.
  3. Melakukan pemanasan dengan berlatih tangga nada lagu yang akan dimainkan.
  4. Menguasai berbagai macam tangga nada lagu. Berikut beberapa contoh tangga nada lagu.
Tangga Nada
Tangganada adalah susunan nada yang disusun secara berjenjang. Tangga nada diartikan sebagai serangkaian nada dengan jarak tertentu yang berulang-ulang. Tangganada selalu tersusun berurutan, bisa dari nada tinggi ke rendah maupun dari nada rendah ke tinggi secara alfabetis. Secara garis besar tangga nada dibagi menjadi tangganada diatonik dan pentatonik,
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:54 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....