Home » » Berkarya Model Benda Konstruksi

Berkarya Model Benda Konstruksi

Model adalah tiruan benda yang akan dibuat. Ukuran model selalu lebih kecil dari ukuran benda yang sebenarnya. Contoh model benda konstruksi antara lain model meja, model kursi, model gazebo, dan model lemari. Fungsi model antara lain ntuk rencana proyek, misalnya pembuatan mebel,
re novasi kamar atau pembangunan gedung, dan pem buatan produk, untuk hiasan atau benda pajangan, dan sebagai benda mainan.

Konstruksi sering juga disebut sebagai proses merakit atau membangun. Konstruksi adalah menyusun, membangun, dan menggabungkan bagian-bagian atau komponen terpisah, sehingga menghasilkan wujud bentuk atau susunan yang diinginkan. Dapat disimpulkan bahwa konstruksi adalah merupakan hasil rangkaian beberapa bagian, sehingga membentuk kesatuan. Bagian-bagian tersebut bisa terbuat dari bahan alam, bahan limbah, dan sebagainya. Sehingga menghasilkan benda pakai atau hias yang mengandung kekuatan dalam tatanan seni rupa yang indah dan artistik. Pembuatan benda konstruksi dapat dilakukan dengan berbagai teknik diantaranya:
  1. Melipat. Melipat pada pembuatan benda konstruksi tidak sama dengan teknik lipat pada melukis tetapi lebih kepada melipat bentuk. Teknik melipat diperlukan untuk membentuk benda dasar, seperti kotak, kerucut maupun silindris yang akan dikembangkan dengan teknik tempel.
  2. Menempel. Menempel bisa dilakukan dengan menggabungkan suatu benda yang terpisah menjadi satu kesatuan bentuk yang baru. Dalam menempel biasanya sejalan dengan melipat 
  3. Membentuk. Pada hakikatnya membentuk adalah membuat bentuk. Membentuk dapat dilakukan dengan berbagai cara memahat, mengukir maupun merakit dan melipat.” 
  4. Merakit. Merakit yaitu menyusun benda-benda yang sudah dibentuk terlebih dahulu maupun benda-benda yang belum dibentukmenjadi susunan dan arti baru dari benda tersebut.

1. Perancangan Model Meja
Hampir dalam setiap pembuatan benda selalu diawali dengan pembuatan gambar sketsa. Gambar sketsa memang sangat membantu kita. Bisa dikatakan sketsa merupakan ide awal yang dituangkan dalam bentuk gambar. Perhatikan gambar sketsa berikut.
  • Menggambar sketsa meja
  • Setelah sketsa meja jadi, dapat dibuat gambar meja dari arah depan, samping, belakang, dan atas seperti berikut.
  • Berdasarkan gambar sketsa dan gambar meja dari segala arah, dapat dibuat pola model meja. Pola model meja dibuat dengan ukuran yang diperkecil. Perhatikan

2. Proses Pembuatan Model Meja
Setelah pola kita gambar pada permukaan karton tebal selanjutnya kita potong pola tersebut dengan cutter tajam. Ingat! Berhati-hatilah dalam menggunakan cutter.

3. Proses Menghias dan Merakit
Setelah pola digunting, proses selanjutnya yaitu merakit dan menghias. Merakit dan menghias merupakan satu kesatuan proses. Proses ini dapat dilakukan dengan merakit terlebih dahulu kemudian menghiasnya, atau menghias dahulu kemu dian merakitnya. Perhatikan contoh proses menghias dan merakit model meja berikut.

Pola yang telah digunting dapat ditempeli kertas atau diwarnai. Selanjutnya, guntingan pola yang telah ditempeli kertas dapat dirakit. Mulailah dengan merakit bagian kaki meja.
Merakit Benda
Rakit juga bagian-bagian kaki meja yang lain. Sebelum direkatkan olesi dengan lem dan rekatkan dengan hatihati.
Merakit Kaki
Langkah berikutnya merakit bagian bawah meja yang berlaci. Pasangkan dengan rapi sambil ditekan agar benar-benar merekat.
Laci Meja
Tempelkan bagian sisi meja yang berlaci. Sebelum ditempelkan gambarilah dengan garis hitam sehingga menunjukkan sebuah laci dan tempeli dengan guntingan kecil kertas warna lain sehingga terlihat seperti pegangan laci.
Bagian Meja
Merakit bagian atas meja.
Bagian Bawah
Benda konstruksi adalah suatu produk kerajinan yang dibuat dengan cara memotong , menyambung , dan menyusun bahan-bahan tersebut menjadi sebuah benda kerajinan tertentu berupa benda pakai, seperti meja, kursi,rak buka, atau benda hias yang dimanfaatkan sebagai hiasan dinding.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:39 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....