Home » » Menganalisis Teks Prosedur Kompleks

Menganalisis Teks Prosedur Kompleks

Analisis adalah penyelidikan terhadap sesuatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya.) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya.), Analisis juga dapat diartikan sebagai penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antarbagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan (KBBI).

Teks Prosedur Kompleks adalah teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan terdapat penjelasan/keterangan dalam langkah tersebut. Menganalisis teks prosedur kompleks berarti mengkaji bagian-bagian isi teks prosedur kompleks. Analisis teks prosedur kompleks perlu dilakukan untuk mendapatkan pengertian dan pemahaman teks secara benar.

Cara Mengoperasikan Program Komputer
StrukturBagian teks
Tujuan
Umum/
Pendahuluan
Komputer merupakan kumpulan seperangkat alat elektronik yang dihubungkan dengan listrik yang berfungsi meringankan atau membantu pekerjaan manusia agar
lebih mudah, cepat, efisien, dan akurat. Program bermanfaat yang terdapat di dalam komputer misalnya Microsoft yang terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft Outlook, Microsoft Access, dan sebagainya.
Langkah
Langkah
Umum
Sebelum menjalankan program yang akan digunakan, terlebih dahulu pengguna komputer melakukan langkah awal, yaitu menyalakan komputer. Bagaimana cara menyalakan komputer dengan benar?

Berikut ini langkah-langkah menyalakan komputer. Pastikan semua komponen komputer telah tersambung dengan benar termasuk penggunaan arus listrik. Periksa
keyboard, mouse, dan monitor telah tersambung pada port yang benar. Tekan tombol
power pada UPS dan stabilizer kemudian tekan tombol power pada monitor dan CPU. Lalu tunggu proses booting berjalan sampai selesai yang ditandai dengan tampilnya dekstop dan cursor pointing berbentuk anak panah dan komputer siap digunakan.
Tujuan
Khusus 1
Selanjutnya, untuk dapat mengoperasikan Microsoft Word kita dapat membuka program atau software-nya. Microsoft Word adalah sebuah program yang dipakai untuk mengetik dengan komputer untuk mempermudah pekerjaan pengguna komputer.
Sublangkah /Langkah-Langkah Khusus 1Adapun caranya bisa dengan dua alternatif. Alternatif pertama adalah lewat layar atau tampilan paling depan komputer. Caranya klik dua kali (dengan cepat) ikon Ms. Word atau cukup dengan klik satu kali lalu tekan Enter di keyboard. Alternatif kedua adalah lewat tombol Start dengan mengeklik ikon seperti jendela (logo Windows) yang ada di bagian bawah kiri bagian pojok dari tampilan layar laptop atau komputermu. Setelah itu, klik menu All Programs, lalu cari dan klik menu Microsoft Office. Nah, terakhir tinggal pilih dan klik Microsoft Office Word 2007 (bergantung tipe yang kamu gunakan seperti Microsoft Word Office 2008, 2010, atau 2013). Cukup tunggu sejenak dan halaman pengetikan baru berwarna putih polos siap digunakan.

Setelah terbuka, selanjutnya kamu dapat mulai mengetik. Caranya cukup arahkan cursor atau mouse langsung pada halaman putih tersebut atau kamu dapat langsung mengetik sembarang di keyboard sehingga akan terlihat tulisan huruf yang diketik. Sebelumnya, apabila belum paham cara menggunakan tools dan menu yang ada di
dalam Microsoft Word, sebaiknya pelajari dahulu cara membuat huruf besar dan kecil, menebalkan, memiringkan, dan memberi garis bawah huruf, mengganti warna tulisan, memilih atau mengubah jenis huruf, dan memperbesar atau mengecilkan tulisan. Apabila sudah paham cara mengetik, jangan lewatkan teknik mengetik sepuluh jari dengan cepat.

Selesai mengetik dengan Microsoft Word, keluarlah dari program, tetapi jangan lupa
memberi nama pada file yang telah dibuat dan simpan. Apakah berikutnya Anda ingin mengoperasikan program Microsoft Excel?
Tujuan Khusus 2Microsoft Excel merupakan aplikasi yang sangat penting dalam membantu pengolahan data dan pembuatan grafik. Selain itu, formula perhitungan yang terdapat di dalamnya memudahkan kita untuk melakukan perhitungan dasar.

Dalam pembahasan tutorial Microsoft Excel sendiri, Anda tentu harus mengetahui
ikon apa saja yang terdapat dalam layar lembar kerja Excel ini. Tampilan Microsoft
Excel dengan Microsoft Word tentu berbeda. Microsoft Excel memiliki lembar program berupa spreadsheet yang terdiri dari beberapa kolom dan baris untuk memudahkan pengolahan data. Pada daftar menu Microsoft Excel sendiri terdapat beberapa tab, seperti insert, home, page layout, data, formulas, view, dan review. Tiap kategori tersebut mempunyai toolbar yang dikelompokkan sesuai kriteria. Selain itu, Anda juga bisa mengaksesnya dengan mudah dan cepat.
Sublangkah 2/ Langkah-Langkah Khusus 2Apabila Anda ingin mengetahui tutorial Microsoft Excel dengan lengkap, ada beberapa tahapan yang harus diikuti sebagai berikut. Langkah pertama untuk membuka Ms. Excel adalah klik Start terlebih dahulu lalu pilih opsi program. Jika Anda menggunakan Microsoft Office 2007, cari opsi menu Microsoft Office Excel 2007 lalu klik menu tersebut. Tunggu beberapa saat hingga terdapat tampilan kerja spreadsheet Microsoft Excel.

Setelah terbuka, Anda perlu mengetahui semua lingkungan kerja yang terdapat pada aplikasi tersebut, seperti judul window, office button, tab sistem menu, ribbon, penggulung sheet, baris formula, judul kolom, nomor baris, baris status, tab sheet, workbook, dan lainnya.

Setelah mengetahui semua lingkungan kerja pada aplikasi Microsoft Excel, kerjakanlah pekerjaan Anda pada aplikasi tersebut. Setelah selesai keluarlah dari lembar kerja Microsoft Excel. Caranya, Anda dapat menggunakan office button lalu pilih ikon close dengan menekan tanda silang di bagian kanan atas layar. Apabila workbook belum disimpan, Anda bisa menyimpannya melalui office button dan klik save.
Tujuan Umum TerakhirSetelah selesai digunakan, komputer haruslah dimatikan agar tidak terus menyala. Sama seperti prosedur menyalakan komputer, mematikannya juga memerlukan prosedur agar komputer tidak cepat rusak.
Langkah-Langkah Umum AkhirTutup semua program atau aplikasi yang sedang aktif. Klik tombol Start dengan mouse pada menu desktop. Klik menu Turn Off Computer. Pada kotak dialog Turn Off Computer, klik tombol Turn Off . Diamkan beberapa saat hingga komputer padam. Tekan tombol Off pada monitor untuk memadamkan monitor. Cabut kabel listrik dari jala-jala listrik. Tutuplah komputer dengan penutup. Anda sudah selesai mengoperasikan komputer.

Menganalisis Bagian-Bagian Teks Prosedur Kompleks
Berikut adalah "Cara Mengoperasikan Komputer untuk Pemula" sehingga memudahkan pengoperasiannya.

1. Bagan teks prosedur kompleks
Untuk mempermudah pemahaman teks prosedur kompleks “Cara Mengoperasionalkan Komputer” dapat dibuatkan skema seperti berikut.
Teks Prosedur
2. Struktur teks
Tujuan umum, yaitu (1) Agar pengguna komputer dapat menggunakan komputer sehingga meringankan atau membantu pekerjaannya menjadi lebih mudah, cepat, efisien, dan akurat. (2) Agar pengguna komputer dapat menyalakan komputer dengan benar, mengoperasionalkan satu atau lebih program komputer dengan tepat, dan memadamkan komputer dengan benar agar komputer tidak rusak.

Tujuan khusus, yaitu (1) Agar dapat mengetik naskah dengan komputer menggunakan program Microsoft Word. (2) Agar dapat mengoperasionalkan program Microsoft Excel dalam membantu pengolahan data, pembuatan grafik, dan perhitungan dasar.

Langkah-langkah umum
  • Lima langkah menyalakan komputer. Pertama, pastikan semua komponen komputer telah tersambung dengan benar termasuk penggunaan arus listrik. Kedua, periksa keyboard, mouse, dan monitor telah tersambung pada port yang benar. Ketiga, tekan tombol power pada UPS dan stabilizer. Keempat, tekan tombol power pada monitor dan CPU. Kelima, tunggu proses booting selesai dengan ditandai tampilnya dekstop dan cursor pointing berbentuk anak panah dan komputer siap digunakan.
  • Memilih program yang akan digunakan, mengoperasionalkan program, menutup program dengan melakukan sublangkah dari masing-masing lalu jika selesai kembali ke langkah-langkah umum.
  • Delapan langkah memadamkan komputer. Pertama, tutup semua program atau aplikasi yang sedang aktif. Kedua, klik tombol Start dengan mouse pada menu desktop. Ketiga, klik menu Turn Off Computer. Keempat, pada kotak dialog Turn Off Computer, klik tombol Turn Off. Kelima, diamkan beberapa saat hingga komputer padam. Keenam, tekan tombol Off pada monitor untuk memadamkan monitor. Ketujuh, cabut kabel listrik dari jala-jala listrik. Kedelapan, tutuplah komputer dengan penutup.
Sublangkah/langkah-langkah khusus
Langkah-langkah mengoperasionalkan program Microsoft Word. Pertama, buka tampilan putih untuk mengetik, yang dapat dilakukan dengan dua alternatif. Alternatif pertama, melalui layar atau tampilan paling depan komputer. Langkah-langkahnya adalah setelah membuka komputer, langsung klik dua kali (dengan cepat) ikon Microsoft Word atau klik satu kali lalu tekan Enter di keyboard. Alternatif kedua, lewat tombol Start

Langkah-langkahnya adalah klik ikon seperti jendela yang ada di bagian kiri bawah bagian pojok dari tampilan layar laptop atau komputermu. Jika tidak langsung terlihat ikon, klik menu All Programs lalu cari dan klik menu Microsoft Office. Selanjutnya pilih dan klik Microsoft Office Word, lalu tunggu sejenak dan halaman pengetikan baru berwarna putih polos siap digunakan.

Kedua, siap mengetik. Sebelumnya, jika belum paham cara menggunakan tools dan menu yang ada pada Microsoft Word, sebaiknya pelajari dahulu cara membuat huruf besar dan kecil, menebalkan, memiringkan, dan memberi garis bawah huruf, mengganti warna tulisan, memilih atau mengubah jenis huruf, dan memperbesar atau mengecilkan tulisan. Jika sudah paham, jangan lewatkan teknik mengetik sepuluh jari dengan cepat.

Ketiga, mengetiklah dengan teknik cepat menggunakan sepuluh jari.

Keempat, jika sudah selesai keluarlah dari program Microsoft Word dan jangan lupa buat nama file dan simpan.

3. Analisis ciri kebahasaan teks prosedur kompleks “Cara Mengoperasikan Komputer”
StrukturBagian teks
PartisipanPartisipan adalah hal yang terdapat pada teks prosedur kompleks tersebut yakni pengguna komputer.
Verba materialVerba material adalah kata kerja berimbuhan yang mengacu pada tindakan fisik, atau pun perbuatan yang dilakukan secara fisik oleh partisipan. Contoh :
  1. Sebelum menjalankan program yang akan digunakan, terlebih dahulu pengguna komputer harus menyalakan komputer.
  2. Selanjutnya, apabila ingin mengoperasikan Microsoft Word dapat dilakukan dengan membuka program atau software-nya Microsoft Word adalah sebuah program yang dipakai untuk mengetik dengan komputer sehingga mempermudah pekerjaan pengguna komputer.
Verba tingkah laku adalah kata kerja yang mengacu pada tindakan yang dilakukan dengan ungkapan (bukan sikap mental yang tidak tampak).
  1. Apabila Workbook Anda belum disimpan, Anda bisa menyimpannya melalui Office Button dan klik save.
  2. Judul Windows biasanya terletak di bagian paling atas yang menampilkan sebuah tulisan berupa nama Workbook dan Microsoft Excel.
Kalimat deklaratifKalimat deklaratif adalah kalimat pernyataan yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu hal atau berita
  1. Komputer merupakan kumpulan seperangkat alat elektronik yang dihubungkan dengan listrik yang berfungsi meringankan atau membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah, cepat, efisien, dan akurat.
  2. Program yang terdapat di dalam komputer misalnya Microsoft terdiri atas Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft Outlook, Microsoft Access.
Kalimat imperatifKalimat imperatif adalah kalimat yang bersifat memerintah atau memberi komando, mempunyai hak memberi komando, dan bersifat mengharuskan.
  1. Pastikan semua komponen komputer telah tersambung dengan benar termasuk penggunaan arus listrik.
  2. Periksa keyboard, mouse, dan monitor telah tersambung pada port yang benar. atau belum.
  3. Tekan tombol power pada UPS dan stabilizer kemudian tekan tombol power pada monitor dan CPU lalu tunggu proses booting berjalan sampai selesai yang ditandai dengan tampilnya dekstop dan kursor pointing berbentuk anak panah dan komputer siap digunakan.
Kalimat interogatifKalimat interogatif memiliki perngertian sebagai kalimat yang di dalamnya mengandung pertanyaan. Kalimat ini berfungsi untuk menanyakan suatu informasi kepada orang lain.
  1. Bagaimana cara menyalakan komputer dengan benar?
  2. Apakah Anda ingin mengoperasikan program Microsoft Excel?
Konjungsi temporalKonjungsi temporal adalah konjungsi (kata sambung) yang menyatakan hubungan waktu.
  1. Setelah itu, klik menu bertulisan All Programs lalu cara dan klik menu Microsoft Office.
  2. Sebelumnya, jika kita belum paham cara menggunakan tools dan menu yang ada di dalam Microsoft Word, sebaiknya pelajari dahulu cara membuat huruf besar dan kecil, menebalkan, memiringkan, dan memberi garis bawah huruf, mengganti warna tulisan, memilih atau mengubah jenis huruf, dan memperbesar atau mengecilkan tulisan. Jika sudah paham, jangan lewatkan teknik mengetik sepuluh jari dengan cepat.
Konjungsi syaratKonjungsi syarat atau kondisional menjelaskan bahwa suatu hal dapat terjadi ketika syarat -syarat yang disebutkan itu dipenuhi. Contoh :
Jika Anda ingin mengetahui tutorial Microsoft Excel dengan lengkap, ada beberapa
tahapan yang harus Anda ikuti.
Konjungsi pilihanKonjungsi pilihan adalah bentuk konjungsi koordinatif yang menghubungkan dua unsur yang sederajat yang berfungsi untuk memilih salah satu dari dua hal atau lebih. Contoh :
Caranya klik dua kali dengan cepat ikon Microsoft Word atau klik satu kali lalu tekan
Enter di keyboard.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....