Home » » Jenis-Jenis Tanaman Sayuran

Jenis-Jenis Tanaman Sayuran

Indonesia sebagai daerah tropis dapat membudidayakan tanaman sayuran sepanjang tahun karena tersedianya sinar matahari yang cukup. Tanaman sayuran dapat tumbuh dengan baik di berbagai daerah di Indonesia, Sayuran adalah bagian tanaman yang dimakan bukan sebagai makan pencuci mulut, pada umumnya dimasak dahulu (kecuali dimakan untuk lalab) dan dimakan bersama makanan pokok dan lauk-pauk lainnya.

Sayuran merupakan tanaman hortikultura yang dibudidayakan secara intensif. Budi daya merupakan usaha untuk menambah, menumbuhkan, dan mewujudkan benda ataupun makhluk hidup
agar lebih besar/tumbuh dan berkembang biak/ bertambah banyak. Hal ini dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar/konsumen yang makin meningkat dari waktu ke waktu.

Peningkatan permintaan sejalan dengan meningkatnya kebutuhan manusia karena kesadaran akan manfaat mengonsumsi sayuran. Sayuran merupakan bahan pangan asal tumbuhan yang mempunyai kadar air dan serat tinggi, banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Setiap daerah mempunyai komoditas tanaman sayuran unggulan yang berbeda. Perbedaan ini terjadi karena kondisi alam tiap daerah beragam. Pada daerah dataran tinggi, jenis tanaman sayuran yang dapat dibudidayakan, yaitu kentang, wortel, dan brokoli. Pada daerah dataran rendah, jenis tanaman sayuran yang dapat dibudidayakan, yaitu bawang merah, mentimun, dan sawi hijau.

Hampir tiap bagian dari tanaman sayuran dapat dimakan. Sayuran dikelompokkan berdasarkan bagian yang dapat dimakan atau dimanfaatkan. Bagian tanaman yang dapat dimakan atau dimanfaatkan berasal dari daun, tangkai daun, umbi, batang, akar, bunga, buah, ataupun biji.
Sayuran
Berikut contoh berbagai tanaman sayuran berdasarkan bagian yang dapat dimanfaatkan.
No.Bagian Tanaman yang DimanfaatkanContoh Tanaman Sayuran
1.DaunDaun: bagian dari tumbuhan yang terdapat hanya pada bagian batang. contoh: sawi, bayam, kangkung, kubis, sawi putih dll
2.TangkaiTangkai merupakan bagian dari daun, sehingga jika daunnya dimanfaatkan biasanya beserta tangkainya. Sayuran yang dapat dimanfaatkan daun dan tangkainya adalah kangkung, bayam, kemangi, selada, petsai, seledri, sawi dan lain-lain.
3.BatangBatang: merupakan bagian daru tumbuhan yang terdiri dari buku dan ruas. Buku adalah tempat menempelnya daun. contoh: rebung, asparagus, kailan dll
4.UmbiPartisipan
5.AkarAkar: biasanya terdapat di dalam tanah dan tidak beruas dan berbuku. contoh: wortel, lobak dll
6.BungaBunga: merupakan alat perkembangbiakan secara generatif. contoh: bunga turi, brokoli, bunga kol dll
7.BuahBuah: hasil dari penyerbukan dan pembuahan yang terjadi pada organ bunga. contoh: tomat, lombok, terong, labu siam dll
8BijiBiji: adalah bagian dari buah setelah terjadi penyerbukan dan pembuahan pada bunga. contoh: kacang polong, petai, kacang merah, jagung dll
9.UmbiUmbi: merupakan bagian tanaman yang membengkak karena penimbunan makanan. contoh: kentang, bawang merah, bawang putih, wortel, lobak dll

Dari sekian banyak tanaman sayuran yang ada di sekitar kita ada beberapa jenis sayuran yang perlu kita ketahui, salahsatunya adalah ciri-cirinya.
  1. Kangkung memiliki ciri-ciri: Daunnya berwarna hijau; Batangnya bulat dan mengandung banyak air; Bunga pada kangkung berbentuk terompet. bagian yang dimakan/dimanfaatkan: Daunnya biasanya dibuat cah kangkung atau lalapan.
  2. Bayam memiliki ciri-ciri: Daunnya berwarna hijau; Tumbuhan berakar perdu; Batangnya berwarna kecoklatan; Bijinya berukuran kecil, halus, berbentuk bulat. Bagian yang dimakan/dimanfaatkan: Daun dan Batangnya dimasak menjadi sayur bayam.
  3. Buncis. memiliki ciri-ciri: Warnanya hijau muda dan suram; Permukaan kulitnya agak kasar; biji dalam buncis belum menonjol; bila dipatahkan membuat bunyi letupan. Bagian yang dimakan/dimanfaatkan adalah buahnya : Dibuat campuran sop atau masakan sayuran lainnya.
  4. Kubis. memiliki ciri-ciri: Daun berwarna hijau; Isinya berbentuk bulat dan berwarna putih kekuningan; Tidak memiliki tangkai besar; Tanamannya berukuran pendek. Bagian yang dimakan/dimanfaatkan: daunnya dibuat menjadi orak-arik atau masakan lainnya.
  5. Sawi. memiliki ciri-ciri: Batangnya termasuk batang yang tidak berkayu; Daunnya bersayap dan bertangkai panjang serta berwarna hijau; Bijinya bulat dan berwarna coklat. bagian yang dimakan/dimanfaatkan: Daunnya dibuat menjadi masakan sayur.
  6. Selada. memiliki ciri-ciri: Tulang daunnya berwarna putih; Daunnya berwarna hijau segar; Tepi daunnya bergerigi. bagian yang dimakan/dimanfaatkan: Daunnya biasa dibuat lalapan ataupun salad.
  7. Timun. memiliki ciri-ciri: Tumbuh merambat; Daunnya tunggal, berbentuk jantung runcing dengan tepi yang bergerigi; Bunganya berwarna kuning dan berbentuk terompet; Buahnya lonjong berwarna hijau; Bijinya banyak berbentuk pipih dan warnanya putih kotor. Bagian yang dimakan/dimanfaatkan: Buahnya bisa dimakan langsung, direbus dikukus dan disayur, bisa juga dibuat acar; Daun dan batang mudanya biasa dibuat lalapan.
  8. Wortel.memiliki ciri-ciri: Tumbuh dalam tanah; Daunnya majemuk menyirip ganda; Batangnya sangat pendek hingga nyaris tidak terlihat; Bunganya berbentuk payung berganda yang berwarna putih atau merah jambu pucat; Wortel berakar tunggang dan serabut, akar tunggangnya berubah menjadi umbi, sehingga akar serabutnya lah yang berfungsi mengambil zat hara dan air dari dalam tanah; Umbinya berwarna jingga/oren. Bagian yang dimakan/dimanfaatkan: akarnya dibuat sop atau beberapa masakan lainnya.
  9. Paprika memiliki ciri-ciri: Berakar tunggang; Batangnya keras dan berkayu, berbentuk bulat melingkar dan berwarna hijau gelap; Daunnya berbentuk bulat meruncing dengan tepi daun yang rata; Bunganya tunggal berbentuk bintang berwarna putih; Buahnya berongga di bagian dalam, buahnya berdaging tebal, agak manis dan tidak pedas; Bijinya berjumlah sedikit, bentuknya bulat tipis dan berwarna putih kekuning-kuningan. Bagian yang dimakan/dimanfaatkan: Bijinya dibuat saus asam manis atau campuran oseng ataupun beberapa masakan lainnya.
  10. Brokoli. memiliki ciri-ciri: Batangnya pendek dan berwarna hijau; Daunnya hijau; Bunganya tersusun rapat seperti deretan pepohonan, berwarna hijau. Bagian yang dimakan/dimanfaatkan: Bunganya biasa dimasak dengan di oseng.
  11. Kentang. memiliki ciri-ciri: Batangnya berbentuk kotak ataupun persegi,tumbuh merambat dan berwarna hijau; Bunganya berbentuk terompet yang ujungnya bintang dan berwarna putih/merah muda/ungu/biru; Biji kentang berwarna krem; Umbinya berbentuk oval berwarna kuning kecoklatan. Bagian yang dimakan/dimanfaatkan: Umbinya biasa digoreng/direbus/ditumbuk.
  12. Seledri. memilki ciri-ciri: Batangnya berbentuk persegi dengan panjang 25-100, yang beralur membujur; Memiliki bunga kecil berwarna putih kehijauan yang berjumlah cukup banyak. Bagian yang dimakan/dimanfaatkan: Daunnya biasa digunakan sebagai penghias makanan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:25 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.