Home » » Struktur Teks Prosedur Sederhana dan Kompleks

Struktur Teks Prosedur Sederhana dan Kompleks

Dalam kehidupan sehari-hari banyak ditemukan prosedur ketika melakukan suatu kegiatan Misalnya saja ketika akan membuat SIM, KTP, dan dokumen yang lainnya. Secara umum prosedur adalah tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Prosedur tersebut harus dilaksanakan dengan baik agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai.

Teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi langkah-langkah yang panjang dan berjenjang, bahkan disertai sublangkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan menggunakan penjelasan atau keterangan yang membuat langkah tersebut menjadi kompleks.

Ciri-ciri teks prosedur kompleks: berisikan langkah-langkah, disusun secara informatif, dijelaskan secara mendetail, bersifat objektif, langkah berkelanjutan dengan penjelasan, digunakannya syarat/pilihan, bersifat universal, bersifat aktual dan akurat, dan bersifat logis.

A. Struktur Teks Prosedur Sederhana dan Teks Prosedur Kompleks
Teks prosedur dibedakan menjadi teks prosedur sederhana dan kompleks. Teks prosedur sederhana adalah teks prosedur yang dapat ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah saja, contoh: prosedur mengoperasikan setrika. Sedangkan teks prosedur kompleks adalah teks prosedur yang terdiri atas banyak langkah dan langkah-langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya. Contoh: prosedur tentang terkena tilang dan contoh yang lainnya. Berikut ini struktur teks prosedur sederhana dan kompleks.

1. Struktur Teks Prosedur Sederhana
Teks prosedur memuat bagian-bagian yang memperlihatkan tujuan, bahan dan alat yang digunakan, serta langkah-langkah kerja yang harus dilakukan. Struktur teks prosedur terdiri atas judul, pengantar yang menjelaskan tujuan, sejumlah bahan yang diperlukan untuk melaksanakan suatu prosedur, dan urutan langkah-langkah.

Meskipun demikian, bagian bahan dan alat tidak menjadi struktur utama dalam teks prosedur karena bahan dan alat juga disebutkan dalam bagian langkah-langkah. Oleh karena itu, bagian bahan dan alat tersebut sifatnya opsional. Dengan demikian, struktur utama bangunan teks prosedur adalah tujuan dan langkah-langkah.
Prosedur Sederhana
Contoh Teks Prosedur Sederhana
StrukturBagian teks
TujuanSetiap orang harus memperhatikan dan menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kesehatan ternyata tidaklah sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana yaitu mencuci tangan. Untuk dapat melakukan kegiatan cuci tangan dibutuhkan beberapa alat dan bahan seperti sabun, handuk atau tisu, dan tempat cuci tangan. Apakah kamu sudah mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar? Berikut ini akan dipaparkan cara mencuci tangan yang baik dan benar.
Langkah
  1. Basahilah tangan hingga pergelangan dengan air yang mengalir, kemudian tuangkan sabun ke telapak tangan dua sampai tiga tetes.
  2. Gosoklah telapak tangan secara perlahan dengan gerakan memutar empat ruas jari tangan yang lain hingga sabun berbusa dan lakukan secara bergantian.
  3. Gosoklah punggung tangan dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan, begitu juga sebaliknya secara perlahan.
  4. Gosoklah telapak tangan dan sela-sela jari dengan menyelipkan jari di masing-masing ruas jari.
  5. Pasangkan kedua tangan dengan posisi tangan kanan di atas hingga jari-jari tangan dalam keadaan saling mengunci, lalu gosoklah secara perlahan dan ulangi gerakan tersebut dengan posisi tangan kiri di atas.
  6. Gosoklah ibu jari tangan sebelah kiri dengan gerakan memutar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan gerakan serupa pada ibu jari tangan sebelah kanan.
  7. Gosoklah telapak tangan kiri dengan gerakan memutar ujung jari-jari tangan kanan begitu juga sebaliknya dengan telapak tangan kanan.
  8. Bilaslah kedua tangan dengan air yang mengalir hingga busa hilang.
  9. Keringkan tangan dengan handuk atau tisu sekali pakai sampai benarbenar kering.
  10. Gunakan handuk atau tisu tersebut untuk menutup kran hingga air berhenti mengalir
Menjaga kesehatan hanya perlu beberapa menit dimulai dari mencuci tangan. Mencuci tangan sebentar, tetapi berbagai penyakit bisa kita hindari.

2. Struktur Teks Prosedur Kompleks
Prosedur kompleks disampaikan secara naratif sehingga menyerupai artikel. Berikut struktur yang membangun teks prosedur tersebut.
  • Tujuan umum, yaitu bagian yang berisi tujuan umum sebagai pengantar tujuan khusus.
  • Langkah-langkah umum bagian awal, yaitu bagian yang berisi langkah-langkah umum dan disusun secara sistematis sampai kepada pilihan tujuan khusus.
  • Tujuan khusus 1, 2, 3, dan seterusnya, yaitu bagian yang berisi pilihan tujuan yang ingin dilakukan.
  • Sublangkah atau langkah-langkah khusus, yaitu bagian yang berisi langkah-langkah khusus yang disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan khusus. Setelah tercapai kembali ke langkah-langkah umum bagian awal.
  • Langkah-langkah akhir, yaitu bagian yang berisi langkah-langkah akhir yang disusun secara sistematis untuk menutup prosedur.
Prosedur Kompleks

Contoh Teks Prosedur Kompleks
StrukturBagian teks
Tujuan
Umum/
Pendahuluan
Salah satu fasilitas yang diberikan bank untuk nasabahnya adalah kartu ATM. Dengan kartu ATM, seorang nasabah bisa dengan mudah melakukan transaksi penting. Transaksi penting melalui ATM itu, antara lain:penarikan uang tunai, transfer uang antarbank, baik bank yang sama maupun yang berbeda, pembayaran tagihan, misalnya listrik atau telepon, pengecekan saldo tabungan, belanja atau pembayaran di kasir di tempat-tempat tertentu, misalnya swalayan, pengisian pulsa telepon seluler, pembayaran tiket pesawat.
Langkah
Langkah
Umum
Perhatikan panduan ini baik-baik agar tujuan menggunakan ATM tercapai. Setelah memasuki ruang mesin ATM, masukkan kartu ATM Anda. Pada kartu ATM tertentu biasanya ada tanda panah. Tanda panah itu menunjukkan sisi yang harus dimasukkan terlebih dahulu. Setelah memasukkan kartu ATM, tunggu sampai layar meminta pilih bahasa. Apabila ingin menggunakan bahasa Indonesia, pilihlah bahasa Indonesia. Kemudian, Anda masukkan nomor PIN setelah pada layar tertera “Masukkan nomor PIN”. Pastikan jangan sampai ada yang mengintip. Sebaiknya rapatkan tubuh Anda ke mesin ATM.
Tujuan
Khusus 1
Setelah memasukkan nomor PIN dengan benar, pilihlah transaksi yang Anda inginkan dengan menekan tombol yang ada di sisi layar lurus dengan menu transaksi yang ingin dipilih misalnya penarikan tunai atau transaksi lainnya. Transaksi pertama yang akan dilakukan misalnya penarikan tunai.
Sublangkah /Langkah-Langkah Khusus 1Tekan transaksi penarikan uang tunai. Pada layar tersaji besaran penarikan uang
tunai mulai Rp50.000 hingga Rp1.000.000 kalau mesin ATM khusus pecahan uang Rp50.000,00 bisa diambil mulai Rp100.000,00 hingga Rp2.000.000,00 kalau mesin ATM khusus pecahan Rp100.000,00 atau pilih pengambilan jumlah uang lainnya. Jika memilih pengambilan dengan nilai lainnya, masukkan jumlah uang yang akan ditarik. Anda tidak bisa menarik uang ATM dengan jumlah seperti Rp22.750,00. Ambillah uang yang keluar dari lubang uang yang ada di bagian bawah. Apabila tidak diambil, mesin ATM akan menunggu perintah Anda selanjutnya. Adakalanya di ATM bank yang berbeda pada transaksi penarikan uang justru Anda diminta mengambil kartu ATM terlebih dahulu. Perhatikan saja perintah yang ada di layar. Apabila transaksi selesai, jawablah pertanyaan bahwa Anda selesai bertransaksi sesuai dengan menu yang tertera di layar. Tunggu sampai keluar kertas bukti transaksi dan ambil. Transaksi penarikan tunai berhasil. Kembali ke menu utama dan lanjutkan transaksi berikutnya misalnya transfer uang ke rekening orang yang dituju dan jenis banknya sama. Seandainya Anda ingin melakukan transaksi lainnya, ikuti perintah panduan yang tertera dilayar.
Tujuan Khusus 2Setelah kembali ke menu utama, pilih transaksi transfer uang. Pilihlah transfer uang bank sejenis lalu muncul di layar nomor rekening tujuan dan masukkan nomor rekening sesuai digit bank tersebut. Pastikan nomor rekening dengan tepat. Masukkan nominal uang yang akan ditransfer. Pastikan jumlahnya benar dan sesuai dengan nilai saldo yang ada. Setelah itu, muncullah nama pemegang nomor rekening dan nilai yang ditransfer. Kalau sudah tepat, tekan OK. Tunggu proses selesai dan tunggu tanda bukti keluar. Pada transaksi penarikan uang adakalanya mesin ATM tidak mengeluarkan tanda bukti. Transaksi transfer uang antarbank berhasil. Muncul di monitor “Apakah Anda ingin melakukan transaksi lainnya?” Jika tidak, kembali ke menu utama atau tekan NO.
Langkah-Langkah Umum TerakhirSetelah tekan No, tunggu kartu ATM Anda keluar dan ambillah kartu ATM Anda jangan
sampai tertinggal. Ambil kartu Anda dan transaksi transfer uang berhasil. Dua transaksi yang Anda lakukan telah berhasil.

Teks prosedur kompeks bertujuan memberikan penjelasan tentang cara melakukan, menggunakan, dan membuat sesuatu dengan sejelas-jelasnya. Tujuan komunikatif teks prosedur adalah memberi petunjuk cara melakukan sesuatu melalui serangkaian tindakan atau langkah. Teks prosedur kompleks memiliki manfaat sebagai berikut.
  1. Membantu dalam menggunakan suatu alat secara benar tanpa membahayakan diri pengguna dan tanpa merusak alat itu sendiri.
  2. Membantu dalam melakukan cara-cara atau aktivitas tertentu dan kebiasaan hidup.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:28 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....