Home » » Menyajikan Lisan Teks Deskripsi

Menyajikan Lisan Teks Deskripsi

Untuk dapat berlatih menyajikan secara lisan teks deskripsi dapat dilakukan dengan cara mengamati video ataupun gambar mengenai objek yang akan dideskripsikan. Carilah tayangan video/gambar wisata di sebuah daerah. Tayangkan dan jadilah reporter acara jalan-jalan untuk mendeskripsikan keindahan wisata tersebut. Lakukan bergantian di depan kelas! Perhatikan kesesuaian gambar dengan deskripsi. Intonasi dan gerak-gerik juga perlu diperhatikan! Berikut ini contoh menyajikan lisan teks deskripsi mengenai pantai Pangandaran.

Pantai Pangandaran Pantai Terindah Di Jawa Barat
Pantai Pangandaran merupakan sebuah objek wisata andalan Kabupaten Pangandaran yang terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa menurut AsiaRooms.

Memasuki bibir Pantai Pangandaran kita akan disambut angin khas daerah pantai yang lembut dan udara yang segar. Angin lembut terasa mesra mengelus wajah dan kulit pengunjung yang datang. Di sebelah kiri dari pantai terdapat tempat yang sudah tidak asing lagi, yaitu Pasir Putih. Pasir Putih ini merupakan primadona wisata di Pantai Pangandaran.
Pantai Pasir Putih
Snorkling Pantai Pasir Putih
Sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki pasir yang berwarna putih, karang-karang kecil dan air yang benar-benar jernih. Karena kejernihan airnya kita dapat melihat terumbu karang di dasar laut dan juga ikan-ikan yang tengah menari indah sambil berkejaran. Banyak di antara para wisatawan memilih untuk snorkling agar mereka lebih dapat menikmati indahnya dunia bawah air. Tidak seperti ketika menggunakan perahu, dengan snorkling kita dapat ikut menari bersama ikan-ikan di antara terumbu karang.

Selain pemandangan bawah laut, terdapat juga pemandangan indah di kawasan Cagar Alam Pangandaran. Pantai Pasir Putih ini masih satu kawasan dengan Cagar alam Pangandaran. Kawasan yang asri dengan penghuni aslinya yaitu monyet akan menyambut dengan gembira wisatawan yang datang. Kehadiran para monyet terkadang membuat para wisatawan menjadi kurang nyaman, namun itu tak mengurangi rasa penasaran pengunjung untuk tetap berkeliling.
Cagar Alam Pangandaran
Cagar Alam Pangandaran
Memasuki sebuah kawasan wisata hutan lindung dengan aneka ragam flora dan fauna, keaneka ragaman hayati dipadu dengan semilir angin pantai, suara deburan ombak dan nyanyian khas binatang hutan akan membawa suasan hati kita tenang tentram dan damai, warna hijau rimbunnya semak belukar mencerminkan betapa eloknya hutan cagar alam Pangandaran .

Masih dalam kawasan Cagar Alam Pangandaran,  wisatawan bisa melihat indahnya goa-goa alam dengan stalaktit dan stalakmitnya seperti : Goa Lanang, Goa Rengganis, Goa Sumur Mudal, dan Goa Miring. Disebut Goa Lanang karena didalamnya terdapat bantuan endapan yang berbentuk seperti kemaluan laki-laki. Disebut goa Rengganis, karena disana terdapat sumber mata air jernih dan tawar yang konon dahulunya menjadi tempat Dewi Rengganis mandi ketika abad kerajaan Sunda yang berpusat di Ciawi Ciamis.
Goa Rengganis Pangandaran
Goa Rengganis
Gua-gua penuh dengan sejarah misteri masa lalu dan pemandangan pantai dari cagar alam menjadi menu utama pada perjalanan di cagar alam ini. Suasana hening dan mencekam dari dalam gua sering membuat para pengunjung ciut nyali untuk memasukinya. Namun tak jarang juga ada yang memberanikan diri beruji nyali di dalamnya. Dari luar, gua nampak seperti ruang kecil kosong, padahal sebenarnya terdapat pintu kecil di samping ruang tersebut untuk memasukinya. Dan di dalam sangat gelap, hening dan mencekam, seperti berada pada saat Perang Dunia II.

Wisata alam ini tak pernah absen dari pengunjung, terutama saat libur panjang. Mereka bermain pasir, berenang, bermain watersport, berlari-lari di bibir pantai, berkeliling objek wisata yang terdapat di sana atau sekadar berfoto dengan berlatarkan pantai. Itulah Pantai Pangandaran. Pantai terindah di Jawa Barat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:29 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....