Home » » Menulis Surat Pribadi dan Dinas Bentuk Kertas atau Email

Menulis Surat Pribadi dan Dinas Bentuk Kertas atau Email

Penting diperhatikan dalam pemilihan bahasa digunakan ketika menulis sesuai dengan tujuan surat. Ragam bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia baku, bahasa Indonesia ragam informal, atau ragam bahasa khusus (bahasa gaul) yang hanya digunakan kepada teman akrab yang berusia sebaya.

Ragam bahasa Indonesia baku biasanya digunakan untuk tujuan yang bersifat serius, seperti turut berduka cita atau bersimpati atas musibah yang diderita seseorang, dan/atau surat yang ditujukan kepada orang yang lebih tua. Perhatikan model yang diberikan dan pola-pola penggunaan bahasa untuk berbagai tujuan.

A. Menulis Surat Pribadi
Surat pribadi adalah jenis tulisan yang berisi keperluan pribadi antara satu orang dengan orang yang lain. Surat pribadi memiliki beberapa bagian, yaitu tanggal surat, salam pembuka, isi, penutup, dan nama pengirim surat beserta tanda tangan.
No.Bagian Surat PribadiContoh Penerapan dalam Surat Pribadi
1.Alamat dan tanggal surat
  1. Informasi ini terletak pada bagian kanan atas surat (dianjurkan untuk mencantumkan alamat pengirim);
  2. Jika alamat surat tidak dituliskan, tuliskan kota dan tanggal surat: Bandung, 18 Januari 2015
2.Salam pembukaSalam kangen
Salam hormat!
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh!
3.Kalimat pembuka paragraf pertamaHalo, apa kabar?
Saya tulis surat ini ....
4.Isi suratBagaimana kalau ketika saya disana, kita bermain ke Dufan?
5.Penutup suratSekian dulu surat saya ....
6.Salam akhirSahabatmu,
Teman yang selalu merindukanmu,
7.Nama dan tanda tangan-
8.PengirimPenerima :Usia:, lebih muda, sebaya,, dan lebih tua
Jenis Kelamin: pria, dan wanita
Hubungan: Akrab, Tidak akrab dan Baru kenal
9.Tujuan
  1. mengundang
  2. mengajukan permohonan (berupa barang atau informasi) atau meminta informasi
  3. menjawab undangan: menerima atau menolak
  4. merencanakan sesuatu dengan orang lain
  5. memohon maaf
  6. mengucapkan selamat atas hal baik yang terjadi pada seseorang
  7. menulis surat simpati atas musibah yang menimpa seseorang
  8. mengucapkan terima kasih
  9. mengabarkan atau memberi informasi

B. Surat Kepada Teman
Bandung, 27 Maret 2017
Sahabatku
Rina Aminarti
Di Cikarang

Salam persahabatan,

Hai, Min apa kabar? Bagaimana keadaanmu? Sehat dan bahagia bukan? Apakah kamu masih menanam bunga mawar? Aku ingin sekali bertemu kamu lho Rin? Kamu pasti tambah cantik, ya? Atau mungkin tambah gemuk?

Rina, sahabatku yang baik. Beberapa hari yang lalu aku sangat terkejut dan sekaligus gembira karena mendapat hadiah ulang tahun dari saudara sepupuku yang tinggal di Belanda. Hadiah tersebut berupa boneka Teddy Bear yang asli buatan  negeri Belanda. Aku ingin sekali menunjukkan boneka tersebut ketika nanti kamu bermain ke rumahku pada saat liburan. Kamu jadi liburan ke rumahku kan Min?

Min, sekian dulu, ya! Jangan lupa balaslah segera surattku. Kutunggu kabarmu! Sampaikan salamku untuk Ibu dan Bapak. Terima kasih Min ... sampai jumpa dalam liburan yang akan datang.

Sampai jumpa.

Sahabatmu,



Marina Pertiwi

C. Surat Kepada Teman Guru
Jakarta, 28 Maret 2017
Untuk Kak Imron
Di Canberra

Assalamualaikum wr.wb.

Semoga kakak dalam keadaan sehat wal afiat dan selalu dalam lindungan-Nya. Begini kak, berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Bu Yani guru IPS kelas VII SMP Negeri 12 Jakarta, kakak merupakan sahabat Bu Yani. Maaf sebelumnya jika surat yang saya tulis ini tidak berkenan di hati kakak.

Melalui surat ini saya ingin berkenalan dengan kakak, itupun jika kakak berkenan. Jika kakak berkenan ini nomor hp-ku : 081327444333 dan jika ingin berkirim informasi dapat menggunakan e-mail ini e-mailku: sriyanti_viia@gmail.com. Kemudian saya juga ingin menanyakan tentang informasi mengenai pendidikan di tempat kakak. Saya sangat membutuhkan informasi tersebut karena saya juga ingin kuliah di luar negeri seperti kakak.

Saya sangat berharap mendapat informasi yang saya butuhkan dari kakak. Sekali lagi saya mohon maaf jika ada tulisan atau kata-kata yang kurang tepat.

Wassalamualaikum wr. wb.


Siswi Kelas VII A
Sriyanti.

D. Selamat Ulang Tahun Ibu
Jakarta, 27 Maret 2017
Mamaku Tersayang
Di Purwokerto

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ma, apa kabar? Semoga doa anakmu selalu dikabulkan oleh Allah agar ibu selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. Anakmu disini baik-baik saja. Aku sangat merindukan ibu dan insyaallah lebaran tahun ini aku bisa pulang karena aku bisa mendapat cuti dari kantorku.

Selamat ulang tahun mamaku tercinta. Maaf ya ma karena aku gak bisa disamping mama saat ulang tahun mama. Tapi disini aku akan mendoakan yang terbaik untuk mama, I Love You. Di hari jadi mama kali ini aku berharap mama diberikan kemudahan dalam mejalankan segala urusan dan diberikan umur panjang serta kesehatan agar aku bisa lebih lama bersama mama. Walaupun aku hanya bisa memberikan ucapan dan doa singkat, aku berharap ini bisa membuat mama bahagia. Selamat ulang tahun mama.

Hanya itu yang dapat saya tulis ma.

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Anakmu
Anton Subagyo
Surat
D. Menulis Surat Izin
Kamu menjadi pemenang pertama dalam lomba mengarang yang diadakan oleh Kemendikbud. Untuk menghadiri acara penyerahan hadiah (di Jakarta) kamu perlu minta izin tidak masuk sekolah. Buatlah surat permohonan izin kepada Kepala Sekolah untuk tidak dapat mengikuti beberapa mata pelajaran (mungkin dalam beberapa hari, jika kamu tidak tinggal di Jakarta)!

Surat Ijin
Kebayoran Baru, 27 Maret 2017
Kepada :
Yth. Bapak Kepala Sekolah Menegah Pertama Negeri 12 Jakarta
Di Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan hasil pengumuman dari Panitia Lomba Mengarang Tingkat Nasional Tahun 2017 pada tanggal 2 Maret 2017, saya dinyatakan sebagai pemenang pertama lomba tersebut dan diundang untuk menghadiri acara penyerahan hadiah. Melalui surat ini, saya :

Nama : Ilhamudin Armain
NISN : 005234565
Kelas  : VII A

Mohon ijin untuk tidak mengikuti pembelajaran selama satu hari karena mengikuti acara tersebut. Acara akan dilaksanakan di Gedung Kemendikbud pada hari Selasa tanggal 4 April 2017 dari pukul 08.00 - 12.00 WIB.

Demikian surat permohonan ijin ini saya ajukan. Atas perhatian dan ijin yang Bapak berikan, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.

Hormat saya,

Ailhamudin Armain
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:34 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.