Home » » Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi

Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang berisi tanggapan deskriptif dan personal terhadap objek. Teks deskripsi memaparkan atau menggambarkan dengan kata-kata secara jelas dan terperinci dari sudut pandang subjektif penulisnya. Teks deskripsi disebut juga teks tanggapan deskriptif. Pada teks deskripsi menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan teks deskripasi. Beberapa ragam bahasa dalam teks deskripsi antara lain kata umum dan kata khusus, kalimat berisi penjelasan mengkonkretkan dan juga penggunaan majas. Berikut ini beberapa ciri penggunaan teks deskripsi. Berikut penjelasan mengenai penggunaan bahasa pada teks deskripsi.

a. Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan
KalimatKalimat perincian untuk menjelaskan
Ibuku orang yang sangat baikDia berusaha menolong semua orang.
Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja.
Koral di laut Karimun Jawa beraneka bentuk dan warna sehingga membentuk pemandangan yang begitu indah.Rangkaian koral di laut Karimun Jawa berbagai bentuk dan beraneka warna. Ada koral berbentuk bunga berwarna krem dan merah muda, di tengahnya ada bintik-bintik menyerupai benang sari. Begitu elok koral-koral itu. Di sisi lain ada karang dengan bentuk tumbuhan kaktus yang bergerigi, bercorak biru dan hijau. Keindahan koral lebih lengkap dengan ikan-ikan kecil berwarna oranye di atasnya. Luar biasa indah seperti lukisan dengan warna yang kontras. Tak ketinggalan koral berbentuk jamur kuping dengan warna cokelat dan krem sungguh mirip jamur sesungguhnya.
Diskusikan
a) kata baik pada kolom 1 diperinci dengan kata apa saja pada kolom 2
Kolom 1: Ibuku orang yang sangat baik
Kolom 2: Dia berusaha menolong semua orang.
Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja.
⇒ kata baik dirinci menjadi:
1) Berusaha menolong semua orang
2) Ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja

b) kata bentuk, warna, dan indah pada kolom 1 diperinci menjadi kata apa saja pada kolom 2?
Kata bentuk ⇒ Rangkaian koral di laut Karimun Jawa berbagai bentuk dan beraneka warna
Kata warna ⇒ Ada koral berbentuk bunga berwarna krem dan merah muda, di tengahnya ada bintik-bintik menyerupai benang sari
Kata indah ⇒ Di sisi lainada karang dengan bentuk tumbuhan kaktus yang bergerigi, bercorak biru dan hijau

c) Berdasarkan informasi yang kamu temukan, buatlah simpulan penggunaan kalimat pada teks deskripsi!
Kalimat pada teks deskripsi bagian ini berisi tentang kalimat-kalimat yang apa yang dirasakan penulis dengan mengamati objek (ibu) dam apa yang dilihat penulis (bagian-bagiannya, komposisi warna dan bentuk seperti apa objek yang dilihat menurut kesan penulis).

b. Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
Adjektiva cerapan bertalian dengan pancaindera, yakni penglihatan, pendengaran, penciuman atau penghiduan, perabaan, dan pencitarasaan:
  1. Penglihatan: gemerlap, suram, terang, dsb.
  2. Pendengaran: sunyi, bising, garau, jelas, merdu, nyaring, serak, dsb.
  3. Penciuman: wangi, harum, semerbak, anyir, busuk, hancing, tengik, dsb.
  4. Perabaan: lembab, basah, kering, halus, kasar, keras, lembut, kesat, licin, tajam, tumpul, dsb.
  5. Pencitarasaan: manis, asin, pahit, asam, tawar, sedap, enak, lezat, kelat, payau, lemak, dsb.

Teks deskripsi berisi kalimat yang seolah-olah dapat dilihat, didengar, dan dirasakan. Daftarlah kata/yang membuat pembaca seolah-seolah melihat, mendengar, atau merasakan!

Pesona Pantai Senggigi (teks 1)
Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan bawah laut Senggigi juga menakjubkan. Pura Bolong menjadi pelengkap wisata di Pantai Senggigi.

Memasuki bibir Pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang segar. Angin lembut terasa mengelus kulit. Garis pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam membuat keindahan pantai ini semakin menarik. Ombak yang tenang di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap. Dari kejauhan tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih putih bersih. Sungguh elok pemandangan pantai ini. Bukit-bukit tangguh nampak menjadi latar bagian pantai. Pantai Senggigi dengan pesonanya benar-benar seperti lukisan di kanvas alam yang luas terbentang.
snggigi
Pemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona. Terumbu karang yang masih terawat menyuguhkan pemandangan alam bawah laut yang memukau. Terumbu karang nampak berwarna-warni sangat indah. Ikan beraneka warna menambah keindahan bawah laut Senggigi. Dengan snorkeling maupun menyelam anda dapat menyaksikan pemandangan bawah laut yang mengagumkan. Anda akan menyaksikan betapa mempesonanya taman bawah lautnya. Air laut yang jernih serta banyak terumbu karang terawat dengan ikan-ikan beraneka ragam menambah keindahan taman laut di Senggigi.

Selain pemandangan bawah laut, terdapat juga pemandangan indah di Pura Batu Bolong. Pada arah selatan bibir pantai Senggigi, terdapat pura kecil yang bernama Batu Bolong.Sesuai dengan namanya, pura ini berdiri kokoh di atas batu karang yang memiliki lubang di tengahnya. Sungguh sebuah keagungan pura di tengah keindahan Senggigi. Berkunjung ke pura ini, Anda langsung disambut buih-buih ombak yang tenang dan bersahabat. Seketika kedamaian dan kenyamanan seperti merangkul saat berada di area sekitar Pura Batu Bolong. Memasuki pura yang berhadapan langsung dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali ini, Anda harus berjalan menuruni anak tangga. Pura pertama yang dijumpai berdiri di bawah pohon rindang. Sementara, pura kedua berdiri kokoh di atas karang yang menjulang setinggi sekitar 4 meter dan memiliki lubang di bawahnya. Jika berkunjung saat cuaca sedang cerah, Anda dapat melihat pemandangan Gunung Agung Bali yang menjulang tinggi. Pada waktu-waktu tertentu, Anda juga bisa melihat para pemancing tradisional sedang mencari ikan dengan cara menceburkan diri ke dalam laut. Selain itu, melewati senja sambil memandang matahari terbenam di pura ini juga menjadi saat-saat paling menyenangkan. Keindahan semburat merah sang mentari menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan.

Wisata pantai Senggigi menawarkan sejuta keindahan dan kenyamanan. Sungguh pemandangan yang menakjubkan.

Gebyar Pementasan Tari Kolosal Ariah (teks 2)
Drama tari kolosal “Ariah” dipentaskan di area Monas. Pementasan tari kolosal ini dalam rangka hari jadi Kota Jakarta ke- 386. Drama musikal “Ariah” diambil dari cerita Betawi. “Ariah” menceritakan pejuang perempuan muda Betawi yang penuh semangat dan mempunyai martabat. Atilah Soeryadjaya memprakarsai dan menjadi sutradara cerita rakyat Betawi ini. Selain itu, seniman serba bisa itu juga menulis naskah dan sekaligus menulis lirik lagu pementasannya. Dari awal sampai akhir, pementasan ini sangat memukau.

Pertunjukan dimulai pada pukul 20.00. Pertunjukan dibuka dengan nyala api yang berkobar di depan tugu Monas. Di bagian barat kembang api meluncur deras ke langit Jakarta diiringi alunan musik mengentak keras. Penonton bersorak-sorai kaget sekaligus terpesona. Tata lampu yang didukung cuaca cerah malam itu semakin menambah kedahsyatan suasana pembukaan. Pertunjukan awal melibatkan Monas sebagai latar. Monas nampak gagah dan menawan karena berkali-kali disoroti gambargambar indah sebagai latar cerita.

Setelah sukses memukau penonton pada acara pembukaan, penonton disuguhi kemunculan 200 penari yang menjadi inti drama Ariah. Para penari berlenggak-lenggok di atas tiga level panggung miring dengan sudut 15 derajat. Kostum warna-warni tradisional Betawi nampak semarak dibalut sinar lampu yang dramatis. Erwin Gutawa mengaransemen lagu-lagu Betawi dengan syahdu. Musik menggetarkan suasana.

Adegan puncak benar-benar mengaduk-aduk emosi penonton. Beragam suasana hati semakin dirasakan penonton. Nuansa keceriaan permainan anak-anak wak wak gung disusul suasana romantis Juki dan Ariah. Adegan berganti dengan suasana seru latihan silat antara Ariah dan Juki. Pergantian suasana berlangsung sangat cepat. Puncak ketegangan semakin terasa pada saat para penari laki-laki membawa replika obor yang menggambarkan suasana perlawanan para petani terhadap pemerintah kolonial. Suasana tanam paksa diiringi dan kekejaman para tuan tanah yang merugikan bagai lintah darat divisualisasikan dengan penuh penjiwaan.

Pementasan ditutup dengan peristiwa tragis. Irama yang menyayat menutup pertunjukan atas tragedi yang menimpa Ariah. Cahaya lampu meredup. Angin malam berhembus cukup dingin seakan ikut merasakan kedukaan Ariah.

Pentas drama tari musikal kolosal Ariah ini sangat megah dan fantastik. Pagelaran karya seni yang berbasis budaya lokal Betawi ini berhasil menyuguhkan pertunjukan yang spektakuler. Tepuk tangan gemuruh mengiringi akhir pementasan.
Seakan dapat dilihatSeakan dapat didengarSeakan dapat dirasakan
kulitnya kuning langsatIbuku orang yang sangat baikrasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh
wajahnya teduh dan selalu tersenyumsambil bernyanyi kecil dia mengerjakan tugas kuliahnyanamun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja
pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan usiadia ramah dan tutur katanya lembutBagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam
cocok sekali dengan namanya yang berarti bulan bersinarmulutnya berkomat-kamit seperi orang sedang berdoawajahnya teduh dan selalu tersenyum
pantai panjang dengan pasir putihdebur ombak pantai terdengar beriramaudara sangat terasa segar
air jernih dengan buih-buih keciltepuk tangan gemuruh mengiringi akhir pementasanMusik menggetarkan suasana.
bukit hijau menjadi latar pantaiErwin Gutawa mengaransemen lagu-lagu Betawi dengan syahdukedamaian dan kenyamanan seperti merangkul

c. Penggunaan Kata dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
Setiap kata dasar yang yang huruf pertamanya K, P, T dan S, akan "luluh" jika ditambahkan awalan. Amati contoh pada tabel berikut!
KalimatTelaah penulisan kata
Ugi Agustono memprakarsai cinta Indonesia dengan cara menuliskan.(meN- + prakarsai) Fonem p tidak luluh karena setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang diawali dengan pr yang merupakan kluster (konsonan rangkap)
Pantai Karimun Jawa sungguh memesona.(meN- + pesona) – huruf p luluh menjadi m karena setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang diawali dengan huruf p.

Daftarlah kata berimbuhan dengan awalan meN- yang diikuti kata dasar dimulai bunyi k, p, t, dan s pada teks 1 dan 2!
KataPembentukanKalimat pada Teks
menakjubkan.meN- + takjubkanPemandangan bawah laut Senggigi juga menakjubkan.
memukaumeN- + pukauTerumbu karang yang masih terawat menyuguhkan pemandangan alam bawah laut yang memukau
menyuguhkanmeN- + suguhkanTerumbu karang yang masih terawat menyuguhkan pemandangan alam bawah laut yang memukau
memandangmeN- + pandangSelain itu, melewati senja sambil memandang matahari terbenam di pura ini juga menjadi saat-saat paling menyenangkan.
menarikmeN- + tarikGaris pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitammembuat keindahan pantai ini semakin menarik.
memesonameN- + pesonaPemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona.
menawarkanmeN- + tawarkanWisata pantai Senggigi menawarkan sejuta keindahan dan kenyamanan. Sungguh pemandangan yang menakjubkan
memprakarsaimeN- + prakarsaiAtilah Soeryadjaya memprakarsai dan menjadi sutradara cerita rakyat Betawi ini.
menulismeN- + tulisSelain itu, seniman serba bisa itu juga menulis naskah dan sekaligus menulis lirik lagu pementasannya
menambahmeN- + tambahTata lampu yang didukung cuaca cerah malam itu semakin menambah kedahsyatan suasana pembukaan.
menimpameN- + timpaPementasan ditutup dengan peristiwa tragis. Irama yang menyayat menutup pertunjukan atas tragedi yang menimpa Ariah.

d. Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
Tulislah kalimat pada teks deskripsi yang menggunakan kata bersinonim berikut!
Lakukan seperti contoh!
KataSinonimKalimat
indahelok, permai, molekPantai Senggigi sangat indah.
mengherankanmengagumkan,
memukau, fantastis
Dengan snorkeling maupun menyelam anda dapat menyaksikan pemandangan bawah laut yang mengagumkan.
gagahmenawanMonas nampak gagah dan menawan karena berkali-kali disoroti gambargambar indah sebagai latar cerita.
dramatismenggemparkan, menghebohkan,
sensasional, spektakuler, teatris
Pentas drama tari musikal kolosal Ariah ini sangat megah dan fantastik. Pagelaran karya seni yang berbasis budaya lokal Betawi ini berhasil menyuguhkan pertunjukan yang spektakuler.
Kesimpulan :
Kata-kata bersinonim pada dasarnya memiliki nuansa makna atau makna yang hampir sama. sehingga manfaat penggunaan sinonim pada teks deskripsi adalah agar tidak terjadi pengulangan kata-kata yang sama dalam penginderaan sebuah obyek yang dapat menyebabkan teks deskripsi tersebut menjadi tidak menarik.

e. Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Daftarlah penggunaan kata depan pada teks deskripsi 1 dan 2!
Kata DepanKalimat
di
  1. Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara Barat.
  2. Pura Bolong menjadi pelengkap wisata di Pantai Senggigi.
  3. Ombak yang tenang di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap.
  4. Sesuai dengan namanya, pura ini berdiri kokoh di atas batu karang yang memiliki lubang di tengahnya.
  5. Sungguh sebuah keagungan pura di tengah keindahan Senggigi.
  6. Seketika kedamaian dan kenyamanan seperti merangkul saat berada di area sekitar Pura Batu Bolong.
  7. Pura pertama yang dijumpai berdiri di bawah pohon rindang.
  8. Sementara, pura kedua berdiri kokoh di atas karang yang menjulang setinggi sekitar 4 meter dan memiliki lubang di bawahnya.
  9. Selain itu, melewati senja sambil memandang matahari terbenam di pura ini juga menjadi saat-saat paling menyenangkan.
  10. Drama tari kolosal “Ariah” dipentaskan di area Monas.
  11. Pertunjukan dibuka dengan nyala api yang berkobar di depan tugu Monas.
  12. Para penari berlenggak-lenggok di atas tiga level panggung miring dengan sudut 15 derajat.
dari
  1. Dari kejauhan tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih putih bersih.
  2. Drama musikal “Ariah” diambil dari cerita Betawi.
  3. Dari awal sampai akhir, pementasan ini sangat memukau.
pada
  1. Pada arah selatan bibir pantai Senggigi, terdapat pura kecil yang bernama Batu Bolong.
  2. Pada waktu-waktu tertentu, Anda juga bisa melihat para pemancing tradisional sedang mencari ikandengan cara menceburkan diri ke dalam laut
  3. Pertunjukan dimulai pada pukul 20.00. Pertunjukan dibuka dengan nyala api yang berkobar di depan tugu Monas.
  4. Setelah sukses memukau penonton pada acara pembukaan, penonton disuguhi kemunculan 200 penari yang menjadi inti drama Ariah.
  5. Puncak ketegangan semakin terasa pada saat para penari laki-laki membawa replika obor yang menggambarkan suasana perlawanan para petani terhadap pemerintah kolonial.
ke
  1. Berkunjung ke pura ini, Anda langsung disambut buih-buih ombak yang tenang dan bersahabat.
  2. Pada waktu-waktu tertentu, Anda juga bisa melihat para pemancing tradisional sedang mencari ikandengan cara menceburkan diri ke dalam laut.
  3. Di bagian barat kembang api meluncur deras ke langit Jakarta diiringi alunan musik mengentak keras.
Kesimpulan :
Prinsip penggunaan kata depan pada teks deskripsi adalah untuk menunjukkan tempat, waktu, kepemilikan, arah, sumber.

f. Penggunaan Kata Khusus
Kata umum adalah kata yang luas ruang lingkupnya dan dapat mencakup banyak hal. Kata – kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata khusus adalah kata yang ruang lingkup dan cakupan maknanya lebih sempit. Kata – kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata umum dan kata khusus sebenarnya sinonim tetapi dengan makna yang lebih khusus.
Kata UmumKata Khusus
indahelok, molek, cantik, menawan, menakjubkan, memesona, manis
melihatmenonton, menyaksikan, memandang, mengamati, dan memerhatikan.
hewan peliharaankucing, anjing, kelinci, marmut, hamster, ikan, burung
memegang/mengenaimengelus, menyentuh, membelai
memukulmenghantam, menampar, mencubit
menyedihkanmenyayat, mengharukan, memprihatinkan
mendatangimampir, singgah, berkunjung, menyongsong
menetapbersarang, tinggal, menghuni
menegurmenyapa, menegur
makanmemangsa
memesonamemukau, keren, dahsyat,

Kata khusus merupakan sinonim kata umum tetapi dengan tambahan makna atau lebih formal. Misalnya, kata keren dan dahsyat sinonim kata menarik tetapi ragam tidak formal.

g. Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital
Daftarlah kata depan dan huruf kapital pada teks deskripsi yang disajikan!

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini merupakan salah satu ikon suku Toraja selain upacara pemakamannya. Toraja termasyur oleh karena rumah adatnya yang unik dan cantik ini. Oleh karena arsitekturnya yang menarik, Tongkonan kemudian dinobatkan sebagai rumah adat Toraja. Tongkonan berada di antara pohon-pohon bambu di puncak bukit. Tongkonan terletak sekitar 12 km ke arah utara dari Rantepao. Memasuki Rantepao akan kita temui Tongkonan berjajar rapi dan indah seakan menyambut dengan ramah setiap pengunjung yang datang.

Rumah adat yang satu ini terbuat dari kayu yang bagus dan dihias dengan apik. Hiasan terdapat pada sekujur badan rumah dan atap rumah. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah cantik bangunan ini. Ukiran yang menghias sekujur bangunan bermotif garis-garis lengkung yang harmonis. Rumah adat yang berjenis rumah panggung ini juga terbuat dari kayu yang kokoh. Bukan kayu sembarangan tentunya. Jenis kayu yang digunakan untuk membuat Tongkonan kabarnya memiliki kualitas juara dan hanya ditemukan di wilayah Sulawesi Selatan saja. Tanpa vernis dan plitur, kayu rumah Tongkonan tetap awet hingga ratusan tahun. Suku Toraja juga menghias atap tersebut dengan tanduk kerbau. Kerbau memang perlambang kebangsawanan Suku Toraja.

Atap rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu. Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah adat. Di setiap bangunan bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau.

Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai artistik yang tinggi dan unik. Rumah adat Tongkonan warisan budaya yang perlu kita jaga.
TempatArah
di Lombok, di Torajadi bagian barat rumah Tangkonan
di wilayah Sulawesi Selatandari Rantepao

h. Mendaftar Kalimat Bermajas
Daftarlah kalimat yang menunjukkan penggunaan majas (asosiasi menggunakan kata seperti dan memberi sifat manusia pada benda/ personifikasi)
TeksMajas
1batu karang besar siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.
2Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam.
3Mukanya selalu bersinar seperti bulan
Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja
4Telinganya panjang dan melambai-lambai kalau dia berlari.
Kesimpulan :
Majas adalah bahasa kias yang dipergunakan untuk memperoleh efek tertentu dari suatu benda atau hal dengan cara membandingkannya dengan benda lain atau hal lain yang lebih umum.

i. Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
Teks deskripsi menggunakan kosakata secara segar dengan variasi kata yang luas. Kamu akan berlatih mencari sinonim kata! Amati tabel berikut
KataMajas
indah elok, permai, molekpantai indah nan permai
mengagumkan, memesona, menakjubkan, memukauPemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona. Terumbu karang yang masih terawat menyuguhkan pemandangan alam bawah laut yang memukau.
jernih, bersihAir laut yang jernih serta banyak terumbu karang terawat dengan ikan-ikan beraneka ragam menambah keindahan taman laut di Senggigi.
cantik, menarikToraja termasyur oleh karena rumah adatnya yang unik dan cantik ini. Oleh karena arsitekturnya yang menarik,
bagus, apikRumah adat yang satu ini terbuat dari kayu yang bagus dan dihias dengan apik.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:03 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....