Home » » Menaksir Luas Bangun Datar Tidak Beraturan

Menaksir Luas Bangun Datar Tidak Beraturan

Bangun datar tak beraturan merupakan benda-benda nyata yang ada dalam kehidupan sehari-hari,
seperti seperti daun, batang pohon, penghapus pulpel, telapak tangan.batu, wadah air kemasan, toples, tahu, lapet, teko dan lain-lain serta suatu gambar bidang datar tidak beraturan. Benda-benda tersebut dapat diketahui luas permukaannya dengan menggunakan konsep mencari luas pada bangun ruang sisi datar.

Bangun datar tidak beraturan memiliki bentuk, namun demikian tidak dapat dirumuskan luasnya, walaupun bangun datar tidak beraturan itu mempunyai luas. Kita tidak dapat menentukan secara pasti luas selembar daun, sesobek kertas, sepotong triplek dengan bentuk tidak beraturan. Kita hanya dapat menafsirkan luas bangun datar yang bentuknya tidak beraturan.

Ayo Kita Amati
Perhatikan gambar berikut ini atau ambillah beberapa bangun yang menyerupai bangun datar segiempat dan segitiga. Kemudian amatilah.

Dapat dilihat bahwa bangun-bangun pada masalah di atas merupakan bangun yang tidak beraturan. Untuk menentukan luas daerah bangun-bangun yang tidak beraturan seperti masalah tersebut, lakukanlah langkah-langlah berikut:
bangun tidak beraturan
  1. Salin dan gambar bangun tersebut pada kertas berpetak dengan memberikan garis pada bagian tepinya.
  2. Hitung petak yang menutupi bangun tersebut! Kemudian berilah tanda.
  3. Untuk petak yang tidak utuh, jika petak yang menutupi bangun lebih dari setengahnya, maka petak tersebut dihitung satu petak.

Luas daerah permukaan yang beraturan dapat ditentukan dengan persegi satuan yang menutupi daerah tersebut. Dapat dilihat bahwa bangun-bangun pada soal merupakan bangun yang tidak beraturan. Untuk menentukan luas daerah bangun-bangun yang tidak beraturan seperti pada soal, kamu tinggal menghitung petak yang menutupi bangun tersebut. Untuk petak yang tidak utuh, jika petak yang menutupi bangun lebih dari setengahnya, maka petak tersebut dihitung satu petak.

Perhatikan bangun-bangun A, B, dan C berikut.
luas permukaan
Dengan demikian, diperoleh luas daerah bangun A = 12 satuan, bangun B = 6 satuan, dan bangun C = 7 satuan.

Ayo Kita Menalar
Temukan 3 contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari yang ada hubungannya dengan materi yang telah kalian diskusikan! Diskusikan dalam kelompok kalian bagaimana cara menentukan luas benda/ barang. Kemudian temukan jawabannya bersama-sama. Tuliskan jawaban tersebut sebagai karya kelompok.

Perhatikan gambar awan berikut.
luas awan
Setelah dihitung ada 24 kotak. Taksiran luas 24 satuan.

Perhatikan gambar daun sirih berikut
luas daun
Setelah dihitung ada 34 kotak. Taksiran luas 34 satuan.

Perhatikan gambar telapak tangan di bawah ini
telapak
Setelah selesai menjawab dari kegiatan bernalar, kirimkan karya tersebut ke kelompok lain. Usahakan satu atau dua orang menemani karya itu, dan menjelaskan maksud dari karya itu. Tulislah kesimpulan yang sudah diperoleh pada lembar kerja/buku tulis kalian!

Catatan : Tentu luas yang kita peroleh ini tidak akurat 100% karena sifatnya hanya penaksiran saja, hasilnya bisa mendekati saja (bisa kurang sedikit atau lebih sedikit).
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:20 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....