Home » » Membiasakan Perilaku sesuai Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan

Membiasakan Perilaku sesuai Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan

Pembiasaan berasal dari kata dasar biasa artinya lazim, seringkali. Pembiasan merupakan proses penanaman kebiasaan, mengupayakan suatu tindakan agar terbiasa melakukannya, sehingga terkadang seseorang tidak menyadari apa yang dilakukannya karena sudah menjadi kebiasaan. pembiasaan adalah yang proses yang berlangsung dengan jalan membiasakan anak didik untuk bertingkah laku, berbicara, berpikir dan melakukan aktivitas tertentu menurut kebiasaan yang baik, sebab tidak semua hal yang dapat dilakukan itu baik.

Keteladanan dan pembiasaan dalam pendidikan amat dibutuhkan karena anak didik lebih banyak mencontoh prilaku atau sosok figur yang diidolakannya termasuk gurunya. Pembiasaan juga tak kalah pentingnya dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena setiap pengetahuan atau tingkah laku yang diperoleh dengan pembiasaan akan sangat sulit mengubah atau menghilangkannya sehingga cara ini amat berguna dalam mendidik anak.

‘Ala bisa karena biasa’ dan Practise makes perfect merupakan dua ungkapan dari dua bahasa yang berbeda tetapi memiliki nuansa makna yang mirip. Keduanya memiliki paradigma bahwa suatu tindakan akan teraplikasi dengan baik ketika tindakan itu dijadikan suatu kebiasaan. Kebiasaan akan menjadi hal yang baik ketika dipandu dan diarahkan dengan benar.

Pembiasaan sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sangat penting dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara, hal ini dikarenakan Pancasila merupakan identitas dan jati diri bangsa Indonesia. Dimensi kehidupan yang dialami seorang peserta didik diantaranya adalah lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan lingkungan berbangsa dan bernegara.
  1. Lingkungan keluarga adalah lingkungan terkecil dalam kestuan masyarakat. Lingkungan keluarga memegang peranan yang sangat penting terhadap pembiasaan perilaku yang sesuai dengan Pancasila. Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama dan utama.
  2. Lingkungan sekolah merupakan tempat yang sangat strategis dalam membina dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam prilaku keseharian siswa, dengan harapan kelak setelah lulus memiliki kemampuan yang cukup untuk mengabdikan diri bagi bangsa dan negara.
  3. Lingkungan pergaulan merupakan tempat kelanjutan dari proses interaksi sosial yang terjalin antara individu dalam lingkungan sosialnya. Apalagi bagi seorang remaja lingkungan pergaulan memegang peranan penting dalam pembiasaan perilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
  4. Lingkungan masyarakat merupakan aspek penting selanjutnya dalam pelaksanaan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Hal ini dikarenakan lingkungan masyarakat merupakan lingkup yang lebih luas dari anggota sebuah negara, yang memegang peranan penting terhadap kelestarian pandangan hidup suatu negara.
Pembiasaan
Pembiasaan perilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila tersebut dapat dilakukan sebagai berikut.
No.LingkunaganUraian
1.Keluarga
  1. Taat dan patuh terhadap perintah dan nasehat dari kedua orang tua
  2. Selalu bermusyawarah apabila ada masalah dalam keluarga
  3. Bersikap sopan terhadap seluruh anggota keluarga
  4. Menjaga nama baik keluarga dengan cara berbuat sesuai aturan dan norma yang berlaku dalam keluarga.
  5. Saling membantu dan menghormati sesama anggota keluarga
2.Sekolah
  1. Menaati dan memahami dengan baik peraturan dan tata tertib yang ada di sekolah
  2. Tidak membeda-bedakan teman berdasarkan suku, adat, ras, dan agama 
  3. Aktif dalam organisasi sekolah seperti OSIS dan Koperasi Sekolah
  4. Mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan baik
  5. Menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan, dan kenyamanan sekolah
3.Pergaulan
  1. Menghargai pendapat teman dalam musyawarah maupun diskusi
  2. Tidak menyakiti hati, merendahkan, dan menghina teman
  3. Memberikan bantuan terhadap teman yang sedang terkena musibah
  4. Bekerja sama dengan teman dalam kegiatan yang positif
  5. Membantu teman yang sedang mangalami kesulitan sesuai dengan kemampuan
4.Masyarakat
  1. Tidak mengganggu ibadah pemeluk agama lain
  2. Melakukan kerja bakti di lingkungan masyarakat
  3. Musyawarah untuk membangun lingkungan sekitar
  4. Melakukan siskamling pada malam hari untuk menjaga keamanan
  5. Menengok tetangga atau saudara yang sedang sakit atau mengalami musibah

Pembiasaan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila merupakan hal yang perlu dalam kehidupan manusia demi terbentuknya kulaitas manusia yang berguna dan sesuai dengan harapan yang dikehendaki oleh agama, masyarakat dan negara. Pembiasaan perilaku sesuai Pancasila perlu mendapat perhatian khusus agar krisis karakter yang terjadi dapat ditanggulangi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:37 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....