Home » » Soal Evaluasi Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya

Soal Evaluasi Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya

Tema delapan subtema dua kelas 6 sekolah dasar kurikulum 2013 terdiri dari beberpa kompetensi dasar. Bahasa Indonesia dengan KD Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

PPKn dengan KD Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam
membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan. Matematika dengan KD Menentukan prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.

Sedangkan SBdP dengan KD Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan. Mata Pelajaran IPA dengan KD Melaksanakan percobaan
tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variable bebas dan variable terikat dalam percobaan tersebut.

Mata pelajaran IPS dengan KD Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita,tulisan atau media lainnya. Berikut ini contoh soal evaluasi tema 8 subtema 2 Bumiku dan Musimnya.
Keragaman Profesi
Amatilah gambar di atas.
1. Tuliskan keragaman yang kamu ketahui dari gambar tersebut!
Keragaman profesi yang ada di masyarakat menimbulkan hubungan saling ketergantungan antar profesi yang satu dengan yang lainnya.

2. Apa yang terjadi jika semua orang memiliki profesi yang sama?
Semua kebutuhan manusia tidak akan terpenuhi dan akan saling berebut lapangan pekerjaan.

3. Tuliskan cara yang dapat dilakukan agar seluruh masyarakat hidup rukun dan sejahtera meskipun memiliki keragaman pekerjaan!
Cara yang dapat dilakukan agar seluruh masyarakat hidup rukun mesti beberda profesi adalah dengan saling menghargai profesi masing-masing karena setiap profesi dibutuhkan untuk kelangsungan hidup suatu masyarakat.

4. Bagaimana saling ketergantungan antarprofesi?
Antara profesi yang satu dengan yang lainya saling membutuhkan. Seorang guru membtuthkan tukang sayur untuk memenuhi kebutuhan gizinya, sedangkan tukang sayur membutuhkan seorang guru untuk mendidik anaknya. Guru dan penjual sayur juga bergantung pada petani dan nelayan.

5. Apa yang dimaksud dengan revolusi Bumi? Apa pengaruhnya dalam kehidupan kita? Jelaskan.
Revolusi Bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Bumi mengelilingi matahari pada orbitnya sekali dalam waktu 365¼.hari. Pengaruh revolusi bumi antara lain Perbedaan lama siang dan malam, Gerak Semu Tahunan Matahari, Perubahan Musim, dan Perubahan Kenampakan Rasi Bintang

6. Apa yang kamu ketahui tentang pemuaian?
Pemuaian adalah bertambahnya ukuran suatu benda karena pengaruh perubahan suhu atau bertambahnya ukuran suatu benda karena menerima kalor. Pemuaian terjadi pada 3 zat yaitu pemuaian pada zat padat, pada zat cair, dan pada zat gas

7. Bagaimana pengaruh suhu terhadap perubahan benda?
Suhu tinggi maupun rendah akan berpengaruh terhadap perubahan benda, baik dalam ukurannya, bentuknya maupun wujudnya. Jadi, ukuran, bentuk dan wujud benda dipengaruhi oleh suhu, baik suhu panas atau suhu dingin. Perubahan suhu akan mengakibatkan perubahan terhadap benda (padat, cair, dan gas).

8. Sebutkan penyakit menular dan tidak menular yang dapat timbul karena perubahan suhu dan kurangnya menjaga kebersihan diri!
Nama
Penyakit
Jenis
Penyakit
GejalaPenyebabCara Pencegahan
Influenza MenularMenggigil, demam, sakit kepala, nyeri otot punggung, tubuh terasa lemas, lelah, berkeringat, kerongkongan terasa sakit, batuk - batuk, hidung berair, serta suhu tubuh meninggiVirusMengkonsumsi air putih  sebanyak - banyaknya dan istirahat yang cukup
Demam Berdarah MenularDemam secara tiba – tiba, sakit kepala berat, sakit pada sendi dan otot, serta timbul bintik - bintik merah pada kulitNyamuk Aedes AegyptiPenyemprotan nyamuk di lingkungan rumah dan masyarakat
Diare MenularGejala luka, alergi zat tertentu, penyakit dari makanan, kelebihan mengkonsumsi vitamin CVirusMengkonsumsi cairan oralit 
Tuberkulosis MenularBatuk lebih dari 2 minggu.
Rasa nyeri di dada.
Batuk yang mengeluarkan dahak bercampur dengan darah.
Penurunan berat badan tanpa ada suatu alasan yang jelas.
Mengalami demam, terutama sore hari.
Keringat di malam hari.
Menurunnya nafsu makan.
BakteriMencegah kontak langsung dengan penderita dan Pemberian vaksin BCG
Cacar MenularDemam, sakit kepala, nyeri tubuh dan ruam.Virus Varicella Zoster Menjaga kebersihan dan Vaksinasi adalah cara terbaik untuk mencegah cacar air.
Malaria MenularMenggigil, demam tinggi, dan berkeringat., Nyeri pada otot, tulang, dan sakit kepala. Rasa lemah dan mudah lelah.  Badan menjadi kuning, Anemia, Mual, muntah, dan nafsu makan menurun.Parasit PlasmodiumMembersihkan bak mandi dan menabur serbuk abate untuk membasmi jentik-jentik nyamuk.
Menyingkirkan atau menutup genangan air yang berpotensi menjadi sarang jentik-jentik nyamuk.
Disentri MenularDi samping diare, gejala disentri lainnya meliputi kram perut, mual atau muntah, serta demam.BakteriSenantiasa mencuci tangan dengan air bersih.
Selalu mencuci tangan sebelum makan, memasak, serta menyiapkan makanan
Jangan menggunakan handuk atau peralatan makan yang sama dengan pengidap.
9. Tuliskan cara yang dapat dilakukan sehari-hari untuk memelihara kebersihan dan kesehatan diri!
Kebersihan diri meliputi kebersihan seluruh anggota tubuh, termasuk gigi, rambut, serta pakaian yang dikenakan. Untuk menjaga kebersihan diri dapat dilakukan dengan: Cara Menjaga dan Memelihara Kesehatan Pribadi
  1. Mandi dua kali sehari
  2. Menggosok gigi ketika hendak tidur dan pagi hari setelah bangun tidur
  3. Memelihara kebersihan rambut, kuku, hidung, telinga, dan pakaian yang dikenakan.

10. Perhatikan pola bentuk di bawah ini!
Buatlah tabel data masuk dan keluar berdasarkan gambar di atas!
PolaBanyak Segitiga
1 1 x 2 - 1 = 1
2 2 x 2 -1 = 3
3 3 x 2 - 1 = 5
4 4 x 2 - 1 = 7
5 5 x 2 - 1 = 9
6 6 x 2 - 1 = 11
Pola apa yang kamu temukan? Jelaskan. Pola yang ada dalam tabel di atas adalah data keluar = data masuk x 2 - 1

11. Perhatikan kedua gambar bentuk di bawah ini!
Pola Bangun
Pola apa yang kamu temukan untuk gambar 1? Jelaskan.
PolaBanyak Persegi
1  2
2 5
3 6
4 7
Pola yang ada pada bangun 1 adalah data keluar = data keluar +3

Pola apa yang kamu temukan untuk gambar 2? Jelaskan.
PolaBanyak Persegi
1 2
2 4
3 6
4 8
Pola yang ada pada bangun 2 adalah data keluar = data masuk x 2

12. Perhatikan data berikut!
Data MasukData Keluar
1 1 x 2 = 2
2 2 x 2 = 4
3 3 x 2 = 6
4 4 x 2 = 8
Gambarkan data di atas pada kertas berpetak. Gambarkan juga bentuk yang ke-6. Data keenam adalah 6 x 2 = 12
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:36 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.