Home » » Soal Evaluasi Tema 7 Subtema 2

Soal Evaluasi Tema 7 Subtema 2

Tema 7 subtema 2 Pemimpin Idolaku Kelas VI Sekolah Dasar memuat kompetensi dasar sebagai berikut. PPKn yaitu menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya. Bahasa Indonesia yaitu menyampaikan teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Matematika yaitu menggunakan data statistik hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian.. SBdP yaitu memahami nilai-nilai yang melekat dalam unsurunsur budaya daerah dalam bahasa daerah. IPA yaitu merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah contoh soal evaluasi tema 7 subtema 2.

1. Gunakan 6 buah kancing atau tutup botol yang diberi angka 1 – 6 untuk melakukan percobaan berikut. Lemparkan ke-6 kancing/tutup botol secara bersamaan. Lakukan 10 kali lemparan. Saat kamu melempar kancing/tutup botol sebanyak 10 kali,a. Berapakah peluang untuk bilangan genap?
b. Berapakah peluang untuk bilangan ganjil?
c. Berapakah peluang untuk angka 3?
Peluang Bilangan Genap =3
6
Peluang Bilangan Ganjil =3
6
Peluang Angka 3 =1
6

2. Ibu Rio memiliki tas plastik berisi 3 macam buah: nanas, pisang, dan jeruk. Rio berharap mendapatkan buah pisang. Lakukanlah percobaan untuk mengetahui peluang dari buah pisang. Lakukan percobaan sebanyak 10 kali. Kamu bisa menggunakan 3 kertas yang masing-masing bergambar tiap jenis buah. Catat hasil percobaanmu dengan menggunakan tabel.
Buah Buahan
NanasJerukPisangTotal
IIIIIIIII10
35210
Peluang Pisang =2
10
3. Isilah diagram Frayer tentang campuran berikut.
Contoh :
Larutan Gula garam,udara yang bersih, alk*hol 70%, larutan garam, larutan cuka, larutan gula, spirtus, air laut, dan bensin.
Bukan Contoh :
Suspensi
Koloid
Larutan
Ciri-ciri :
Sifat larutan sama secara keseluruhan.
Sulit dibedakan antara zat pelarut dan zat terlarut.
Definisi :
Larutan adalah campuran homogen dari dua atau lebih zat dan berada dalam fase tunggal.
Segala sesuatu dalam larutan tersebar merata dan bercampur oleh karena itu sifat larutan akan sama secara keseluruhan.

4. Sebutkan caramu untuk menjaga persatuan dan kesatuan!
Cara menjaga persatuan dan kesatuan antara lain sebagai berikut.
  • Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan antarwarga masyarakat
  • Setiap warga masyarakat menyelesaikan masalah sosial secara bersama-sama
  • Bergaul dengan sesama warga masyarakat tidak membedakan-bedakan suku, agama, ras, ataupun aliran
  • Menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam bergaul antarsuku bangsa
  • Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat
  • Mendahulukan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan
  • Memberikan kesempatan yang sama kepada suku bangsa untuk memperkenalkan kesenian daerahnya ke daerah lainnya.
  • Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa
  • Memberikan kesempatan yang sama kepada semua daerah untuk mengembangkan kebudayaan daerah lainnya

5. Apa hubungan antara bupati, lurah/kepala desa, ketua RT dan ketua RW?
Bupati, Lurah/Kepala Desa, RT, dan RW adalah lembaga politik. Fungsi lembaga politik sendiri adalah menjalankan roda perpolitikan dengan menjalankan tugasnya semaksimal mungkin agar roda perpolitikkan dapat berjalan dengan lancar.
6. Sebutkan 1 lembaga pendidikan yang kamu ketahui dan tulislah manfaatnya bagi masyarakat!

Salah satu lembaga pendidikan adalah Sekolah Dasar, Manfaat sekolah dasar bagi masyarakat adalah memberi bekal kemampuan dasar membaca , menulis dan berhitung, pengetahuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi siswa sesuai dengan tingkat perkembangannya, serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti pendidikan di SLTP.
7. Siapa yang bertanggung jawab untuk menjaga keutuhan wilayah? Jelaskan!

Menjaga keutuhan wilayah menjadi tanggung jawab seluruh warga negara.Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara.
8. Mengapa budaya tegur sapa sangat penting? Jelaskan!

Pada saat kita bertemu dengan siapapun, kita perlu berkomunikasi, yaitu dimulai dengan bertegur sapa. Bertegur sapa sangat bermanfaat agar hubungan dengan sesama tetap baik. Budaya tegur sapa merupakan salah satu pengamalan dari nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Budaya tersebut merekatkan kekeluargaan dan memunculkan persatuan.
9. Siapa yang bertanggung jawab menjaga keamanan di kabupaten? Jelaskan bagaimana keamanan bisa terwujud!

Pihak yang bertanggung jawab atas keamanan adalah seluruh warga masyarakat, keamanan bisa terwujud dengan kesadaran diri masing masing
10. Siapa yang bertanggung jawab menjaga keamanan di sekitarmu? Jelaskan!

Menjaga keamanan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama sebagai warga negara yang baik. Salah satu bagian terpenting dalam pemeliharan keamanan lingkungan adalah peran serta masyarakat. Dalam hal ini bentuk partisipasi masyarakat dalam pemeliharaan lingkungan diwujudkan dalam bentuk Sistem Keamanan Lingkungan.
11. Jelaskan makna lagu Sarinande!

Lagu Sarinande berasal dari daerah Maluku. Lagu tersebut menceritakan tradisi Maluku, yaitu menguji gadis-gadis dalam keterampilan di bidang kewanitaan sebelum memasuki jenjang pernikahan. Zaman dulu para gadis juga diuji keterampilan memasaknya. Meniup api di depan tungku memerlukan kesabaran dan sikap rendah hati.

Dalam lagu, Sarinande adalah seorang gadis yang beranjak dewasa. Ibunya melihat Sarinande bengkak matanya, menandakan bahwa ia belum bisa meniup api di tungku. Esok ia dapat mencobanya lagi.
12. Apa yang harus kamu lakukan saat menyanyikan lagu daerah?

Menyanyikannya dengan baik saat menyanyikan lagu daerah usahakan bernyanyi sesuai ekspresi lagunya. Saat menyanyikan lagu daerah dengan benar, berarti sudah menunjukkan penghargaan terhadap hasil karya anak bangsa. Kegiatan tersebut merupakan wujud dari sikap cinta tanah air dan pengamalan nilai persatuan dan kesatuan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:42 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....