Home » » Saling Ketergantungan dalam Kehidupan Sehari-hari.

Saling Ketergantungan dalam Kehidupan Sehari-hari.

Selain perbedaan waktu, ada juga perbedaan lain yang ada di Indonesia. Kehidupan bermasyarakat yang penuh perbedaan dan keragaman mengakibatkan adanya saling ketergantungan antaranggota masyarakat. Keragaman adalah suatu kondisi pada kehidupan masyarakat. Perbedaan seperti itu ada pada suku bangsa, ras, agama, budaya dan gender. Keragaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa.

Keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak positif bagi masyarakat, bangsa dan negara.. Keberagaman suku bangsa, budaya, ras, agama, dan kekayaan sumber daya alam menjadi daya tarik wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia. Kita tidak hanya memiliki keindahan alam, tetapi juga keindahan dalam keberagaman masyarakat Indonesia.

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah merupakan negara kepulauan dengan ribuan pulau besar kecil di dalamnya. Satu pulau dengan pulau yang lain dipisahkan oleh bentangan laut yang sangat luas. Kondisi wilayah yang demikian menjadikan keterpisahan antara satu bagian wilayah negara dengan wilayah negara yang lain dalam negara Indonesia.

Hubungan Saling Ketergantungan
Setiap manusia saling tergantung satu sama lain. Begitu juga dalam kehidupan berbangsa karena perbedaan yang ada pada masyarakat Indonesia menyebabkan saling tergantung satu dengan yang lainnya supaya tercapai kemakmuran.

Perbedaan dan keragaman yang dimiliki setiap wilayah di Indonesia membuat kita semua dapat saling melengkapi dan bekerja sama sehingga dapat mencapai kemakmuran. Masyarakat Indonesia saling bergantung satu sama lainnya. Kebiasaan saling ketergantungan dapat dilihat dalam keseharian di sekeliling kita. Bacalah cerita di bawah ini!

Paman Udin bernama Pak Rohadi. Pak Rohadi memiliki pabrik cokelat yang cukup besar di pinggiran kota Jakarta. Produksi pabrik cokelat Pak Rohadi sudah merambah ke pasar internasional. Uniknya, lahan dan iklim di Jakarta tidak memungkinkan untuk bercocok tanam cokelat. Oleh karena itu, Pak Rohadi membeli biji cokelat (kakao) dari Pak Yunius. Pak Yunius pemilik lahan kakao seluas 3 hektar di Papua. Pak Yunius sangat senang karena biji cokelat miliknya ada yang membeli. Pak Yunius mendapatkan uang dari menjual biji coklat ke pak Rohadi.
  1. Apa yang dilakukan Pak Rohadi kepada Pak Yunius? Pak Rohadi membeli bahan baku cokelat berupa biji cokelat kepada Pak Yunius.
  2. Apa yang dilakukan Pak Yunius kepada Pak Rohadi? Pak Yunius menyediakan biji cokelat yang sangat dibutuhkan Pak Rohadi.
  3. Adakah ada saling ketergantungan antara Pak Rohadi dan Pak Yunius? Pak Rohadi membutuhkan bahan baku cokelat dan Pak Yunius cokelat miliknya ada yang membeli.

Setelah Udin membaca koran, ia baru mengetahui bahwa daerah Jawa Timur membeli pulp sebagai
bahan baku kertas dari daerah Kalimantan Selatan. Sebaliknya, Kalimantan Selatan juga membeli kebutuhan pokok seperti beras, jagung, gula pasir, tepung terigu, dan pupuk dari Jawa Timur.

Adakah saling ketergantungan dalam bacaan teks di atas? Ada yaitu Pabrik kertas di Jawa Timur membutuhkan pulp yang dihasilkan di daerah Kalimantan Selatan.
  1. Apa yang menyebabkan terjadinya hubungan antarwilayah di Indonesia? Keragaman sumber daya alam mengakibatkan hubungan antar wilayah.
  2. Apa manfaat yang diperoleh dari kegiatan dalam cerita 1 dan 2? Manfaat yang diperoleh pada dua cerita di atas adalah suatu wilayah tidak bisa menghasilkan semua sumber daya alam sehingga membutuhkan daerah yang lain.
  3. Apa yang dapat kamu simpulkan dari kedua cerita di atas? Keragaman sumber daya alam mengakibatkan hubungan saling ketergantungan antar wilayah.
  4. Apa yang dimaksud dengan saling ketergantungan? Hubungan saling ketergantungan adalah hubungan yang menunjukkan adanya ketergantungan antara daerah yang satu dengan daerah yang lain.

Perbedaan dan keragaman yang dimiliki setiap wilayah di Indonesia membuat kita semua dapat saling melengkapi dan bekerja sama sehingga dapat mencapai kemakmuran. Masyarakat Indonesia saling bergantung satu sama lainnya.

Contoh Ketergantungan dalam Kehidupan Sehari-hari
Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali hubungan saling ketergantungan. beberapa contoh diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Ketika kita akan bepergian kita membutuhkan alat transportasi. Salah satunya adalah ojek. Kita dapat menggunakan jasa ojek untuk mengantar sampai ke sekolah. Dengan mengantar kita ke sekolah tukang ojek mendapatkan upah yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhannya.
  2. Ketika kita akan menulis kita membutuhkan buku. Buku yang kita gunakan ternyata berasal dari bubur kayu yang diperoleh dari derah lain. Dengan adanya buku kita dapat menulis, sementara daerah lain kayunya dapat terjual.
  3. Penjual jajanan di sekolah membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Sementara saat berada di sekolah kita butuh makanan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan membeli makanan kepada penjual di sekolah terjadi hubungan saling ketergantungan
Tukang Ojek

Manusia sebagai makhluk sosial yang hidup dalam keluarga dan bermasyarakat, dari hal tersebut akan terjadi keterkaitan dalam hal interaksinya dalam kehidupan bermasyarakat, oleh karena itu manusia hidup saling membutuhkan dan saling ketergantungan.

Apakah manusia dapat hidup sendiri? Mengapa? Jelaskan.Sebagai makhluk sosial manusia tidak dapat hidup sendiri, manusia selalu tergantung pada orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, untuk memenuhi kebutuhan hidup ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara misalnya dengan melakukan jual beli, berumah-tangga, bergaul, dan sebagainya.

Mengapa ada ketergantungan antarmanusia? Jelaskan. Manusia memiliki kebutuhan yang beragam yang tidak dapat dipenuhi oleh dirinya sendiri. Oleh karena itu manusia membutuhkan manusia yang lain dalam memenuhi seluruh kebutuhannya.

Mengingat adanya hubungan saling ketergantungan dengan orang lain, bagaimana sebaiknya kita menjaga hubungan dengan orang lain? Sikap apa yang harus kita tunjukkan? Sikap yang kita tunjukan dengan cara saling menghormati satu sama lain, saling bertegur sapa bila bertemu, membantu sesama jika membutuhkan, silaturrahin untuk mempererat tali persaudaraan, hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa kita makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Apakah saling ketergantungan dapat memperkokoh kehidupan berbangsa? Jelaskan. Saling ketergantungan akan memperkokoh kehidupan bangsa karena apabila kita saling ketergantungan satu sama lain kita akan selalu saling membutuhkan antara satu dengan lainnya. Dengan adanya saling ketergantungan tersebut akan terjalin persatuan dan kesatuan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:52 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....