Home » » Peran Penting Matahari Bagi Bumi

Peran Penting Matahari Bagi Bumi

Matahari adalah bola raksasa yang terbentuk dari gas hidrogen dan helium yang berperan sebagai pusat tata surya. Seluruh komponen tata surya termasuk 8 planet dan bulan masing-masing, planet-planet kerdil, asteroid, komet, dan debu angkasa berputar mengelilingi matahari.

Di samping sebagai pusat peredaran, matahari juga merupakan sumber energi untuk kehidupan yang berkelanjutan. Panas matahari menghangatkan bumi dan membentuk iklim, sedangkan cahayanya menerangi Bumi serta dipakai oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis. Tanpa matahari, tidak akan ada kehidupan di bumi karena banyak reaksi kimia yang tidak dapat berlangsung.

Sebagai pusat dari sistem tata surya, Matahari memiliki peranan yang amat penting bagi kehidupan kita. Matahari adalah sumber energi bagi kehidupan. Matahari memiliki banyak manfaat dan peran yang sangat penting bagi kehidupan. Bebrapa peran penting matahari bagi kehidupan di bumi antara lain sebagai berikut..
Peran Matahari
  1. Panas matahari memberikan suhu yang pas untuk kelangsungan hidup organisme di Bumi. Bumi juga menerima energi matahari dalam jumlah yang pas untuk membuat air tetap berbentuk cair, yang mana merupakan salah satu penyokong kehidupan. Selain itu panas matahari memungkinkan adanya angin, siklus hujan, cuaca, dan iklim.
  2. Matahari merupakan sumber energi paling besar bagi alam semesta/ tata surya, terutama bagi bumi, seluruh makhluk yang ada di bumi tidak akan dapat hidup tanpa matahari. Matahari merupakan sumber energi yang paling besar.
  3. Cahaya matahari dimanfaatkan secara langsung oleh tumbuhan berklorofil untuk melangsungkan fotosintesis, sehingga tumbuhan dapat tumbuh serta menghasilkan oksigen dan berperan sebagai sumber pangan bagi hewan dan manusia. Mahluk hidup yang sudah mati akan menjadi fosil yang menghasilkan minyak bumi dan batu bara sebagai sumber energi. Hal ini merupakan peran dari energi matahari secara tidak langsung.
  4. Matahari menjadi penyatu planet-planet dan benda angkasa lain di sistem tata surya yang bergerak atau berotasi mengelilinya. Keseluruhan sistem dapat berputar di luar angkasa karena ditahan oleh gaya gravitasi matahari yang sangat besar.
  5. Tanpa adanya cahaya matahari, dunia akan gelap gulita. Sehingga kita tak akan bisa melihat apapun yang ada di lingkungan sekitar kita. Dengan adanya energi cahaya matahari ini, maka kita bisa melihat lingkungan sekitar. Maka dari itu, cahaya sangat penting peranannya sebagai media penerangan.

Salah satu peranan Matahari yang amat penting bagi kehidupan di Bumi adalah sebagai sumber energi. Indonesia sudah dapat membuat mobil bertenaga Matahari. Bahkan sudah berpartisipasi dalam World Solar Challenge 2013. Acara tersebut merupakan upaya mengajak berbagai negara di dunia untuk menyelamatkan lingkungan, dengan menggunakan Matahari, bukan dengan bahan bakar minyak (BBM), sebagai sumber energinya.

Selain menjadi “bahan bakar” mobil, Matahari juga dapat digunakan untuk memasak, yakni dengan memakai kompor tenaga surya. Yuk, kita coba membuat kompor sederhana bertenaga surya.

A. Bahan dan Alat
  1. Satu (1) buah kotak sepatu dengan tutup kotak yang menyambung (jika tidak ada, kotak dapat ditempel dengan kuat ke bagian wadahnya).
  2. Kertas aluminium (dapat juga menggunakan bungkus makanan dengan bahan aluminium).
  3. Plastik bening berperekat.
  4. Lem.
  5. Selotip.
  6. Stik kayu atau benda lain untuk penyangga tutup kotak sepatu.
  7. Gunting.
  8. Panci atau wadah lain yang merupakan penghantar panas yang baik

B. Cara Membuat
  1. Buatlah garis di 3 sisi kotak seperti tampak pada gambar. Berikan jarak lebih kurang 4 cm di setiap  sisi nya. Sisi ini akan digunakan untuk meletakkan penyangga antara tutup dengan wadah.
  2. Tutuplah bagian dalam tutup kotak dengan kertas aluminium. Begitu juga bagian dalam kotak. Rekatkan dengan lem secara halus agar tampak seperti cermin.
  3. Tutuplah bagian pinggir atas kotak dan bagian dalamnya dengan dua lapis plastik bening. Tujuannya agar panas dan cahaya tetap masuk.
  4. Pasang stik kayu atau benda lain untuk penyangga tutup kotak sepatu. Gunakan perekat agar stik itu menancap dengan kuat dan tidak menutup kotak kompor.
  5. Letakkan kompor di bawah sinar Matahari langsung. Panaskan kompor lebih kurang selama 30 m nit.
  6. Cobalah melelehkan gula merah atau mentega di atas panci atau wadah yang mudah menghantar panas. Masukkan wadah tersebut ke dalam kotak. Tutup kotak dengan plastik bening berperekat.
Kompor Surya
Setelah melakukan percobaan membuat kompor tenaga surya, siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa.
  1. Mengapa kompor ini menggunakan kertas aluminium? (Karena kertas aluminium merupakan penghantar panas yang baik.)
  2. Untuk percobaan membuat kompor, menurutmu, dapatkah kertas aluminium diganti dengan bahan lain? Bahan seperti apa sifatnya? (Dapat diganti dengan bahan yang menghantarkan panas dengan baik, seperti besi)
  3. Pada langkah ke-2, aluminium diatur sedemikian rupa agar menjadi seperti cermin. Mengapa demikian? (Agar aluminium dapat memantulkan panas ke dalam kotak.)
  4. Apakah suhu memengaruhi perubahan pada benda? Jelaskan! (Ya, suhu dapat memengaruhi perubahan benda, misalnya dari warna, rasa, tekstur, dan bau)
  5. Apa saja faktor yang dapat memengaruhi keberhasilan penggunaan kompor tenaga surya ini dalam kehidupan sehari-hari? (Jenis bahan yang dipakai sebagai wadah, terik atau tidaknya Matahari saat menggunakan kompor, jenis bahan makanan yang dimasak, dan waktu yang diperlukan pada saat digunakan)

Kesimpulan :
Matahari juga dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak yang tentunya tidak membutuhkan biaya besar dibandingkan dengan membeli bahan bakar minyak. Siswa juga diharapkan dapat memiliki ide-ide cemerlang untuk menciptakan sumber energi baru atau memanfaatkan tenaga Matahari.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:09 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.