Home » » Penyakit Menular dan Tidak Menular.

Penyakit Menular dan Tidak Menular.

Penyakit menular adalah penyakit yang dapat ditularkan melalui berbagai media. Penyakit jenis ini merupakan masalah kesehatan yang besar di hampir semua negara berkembang karena angka kesakitan dan kematiannya yang relatif tinggi dalam kurun waktu yang relatif singkat. Penyakit menular umumnya bersifat akut (mendadak) dan menyerang semua lapisan masyarakat. Penyakit jenis ini diprioritaskan mengingat sifat menularnya yang bisa menyebabkan wabah dan menimbulkan kerugian yang besar.Penularan penyakit dapat melalui melalui persentuhan, udara, makanan, dan binatang.

Sedangkan penyakit tidak menular adalah penyakit yang tidak dapat ditularkan kepada orang lain. Penyakit tidak menular biasanya terjadi karena faktor keturunan dan gaya hidup yang tidak sehat. Meskipun kita dekat atau kontak body dengan si penderita tetapi kita tidak akan tertular penyakit tersebut. Berbeda dengan Penyakit Menular, Penyakit Tidak Menular mempunyai beberapa karakteristik tersendiri seperti berikut ini.
  1. Penularan penyakit tidak melalui suatu rantai penularan tertentu
  2. Masa inkubasi panjang dan laten
  3. Perlangsungan penyakit yang berlarut-larut (kronis)
  4. Banyak menghadapi kesulitan diagnosis
  5. Mempunyai variasi yang luas
  6. Memerlukan biaya tinggi dalam upaya pencegahan maupun penanggulangannya.
  7. Faktor penyebabnya bermacam-macam (multi kausal), bahkan tidak jelas.
Influenza
Perubahan cuaca, suhu udara, kelembapan, apabila diikuti dengan cara hidup yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai penyakit. Ada beberapa penyakit yang tidak saja berakibat pada diri sendiri, namun dapat juga menular ke orang lain.Beberapa jenis penyakit menular dan tidak menular antara lain sebagai berikut.
Nama
Penyakit
Jenis
Penyakit
GejalaPenyebabCara Pencegahan
Influenza MenularMenggigil, demam, sakit kepala, nyeri otot punggung, tubuh terasa lemas, lelah, berkeringat, kerongkongan terasa sakit, batuk - batuk, hidung berair, serta suhu tubuh meninggiVirusMengkonsumsi air putih sebanyak - banyaknya dan istirahat yang cukup
Diabetes melitus Tidak MenularSering buang air kecil dimalam hari, sering merasa haus, cepat merasa lapar, berat badan turun dengan cepat, merasa lemah dan gampang kelelahan, sering kesemutan di kaki dan tangan, penglihatan kabur, sering infeksi, keputihanKekurangan hormon insulinTerapkan pola hidup sehat dan Terapkan pola makan yang baik dan sehat
Demam Berdarah MenularDemam secara tiba – tiba, sakit kepala berat, sakit pada sendi dan otot, serta timbul bintik - bintik merah pada kulitNyamuk Aedes AegyptiPenyemprotan nyamuk di lingkungan rumah dan masyarakat
Rematik Tidak MenularKekakuan sendi di pagi hari. Pembengkakan dan nyeri sendi. Adanya benjolan atau Nodul dan Penumpukan cairan.Radang sendi kronisOlahraga yang teratur, Sering-sering makan sayuran, Jangan terlalu sering bergadang.
Diare MenularGejala luka, alergi zat tertentu, penyakit dari makanan, kelebihan mengkonsumsi vitamin CVirusMengkonsumsi cairan oralit
Tuberkulosis MenularBatuk lebih dari 2 minggu.
Rasa nyeri di dada.
Batuk yang mengeluarkan dahak bercampur dengan darah.
Penurunan berat badan tanpa ada suatu alasan yang jelas.
Mengalami demam, terutama sore hari.
Keringat di malam hari.
Menurunnya nafsu makan.
BakteriMencegah kontak langsung dengan penderita dan Pemberian vaksin BCG
Hipertensi Tidak menularMengalami sakit kepala, pusing yang sering dirasakan akibat tekanan darahnya naik melebihi batas normalUsia, Faktor keturunan, Merokok, Kelebihan berat badan atau obesitas, dan Kurang olahraga.Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat (Sayur dan buah).
Mengurangi konsumsi garam, dan makanan yang berlemak tinggi.
Mengurangi berat badan, istirahat yang cukup, dan olahraga yang teratur.
Cacar MenularDemam, sakit kepala, nyeri tubuh dan ruam.Virus Varicella ZosterMenjaga kebersihan dan Vaksinasi adalah cara terbaik untuk mencegah cacar air.
Osteoprosis Tidak MenularSakit punggung, postur tubuh bungkuk, menurunnya tinggi badan, lebih sering mengalami cedera/keretakan tulang.Penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulangMendapatkan asupan kalsium serta vitamin D yang tinggi .
Malaria MenularMenggigil, demam tinggi, dan berkeringat., Nyeri pada otot, tulang, dan sakit kepala. Rasa lemah dan mudah lelah. Badan menjadi kuning, Anemia, Mual, muntah, dan nafsu makan menurun.Parasit PlasmodiumMembersihkan bak mandi dan menabur serbuk abate untuk membasmi jentik-jentik nyamuk.
Menyingkirkan atau menutup genangan air yang berpotensi menjadi sarang jentik-jentik nyamuk.
Kesehatan merupakan suatu keadaan baik itu keadaan jiwa maupun raga yang sejahtera yang memungkinkan seseorang dapat menjalani hidup lebih produktif baik secara sosial maupun ekonomi. Seseorang juga dapat dikatakan sehat jika ia dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit, baik itu karena infeksi maupun karena keadaan lingkungan, seperti perubahan musim yang ekstrim, dan lain sebagainya.

Kesehatan merupakan sesuatu yang berharga dalam hidup, untuk itu sudah seharusnya kita selalu berusaha untuk menjaga hal tersebut, agar kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit, serta dapat menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa hambatan maupun halangan apapun. Ada banyak cara sehat terhindar dari penyakit yang dapat di ikuti agar tubuh kita selalu fit dan bugar.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:02 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....