Home » » Not Angka Lagu Bolelebo

Not Angka Lagu Bolelebo

Pengamalan gotong royong merupakan salah satu pengamalan persatuan dan kesatuan. Begitu pula saat kita menyanyikan lagu daerah lain. Pengamalan yang lain adalah cinta tanah air. Mengekspresikan cinta tanah air banyak sekali wujudnya, bisa melalui gambar, menari tarian daerah atau menyanyikan lagu daerah. Lagu berikut juga bercerita tentang betapa penggubahnya mencintai tanah airnya.

Lagu "Bolelebo" merupakan lagu daerah yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Lagu ini bercerita tentang kecintaan pengarang lagu terhadap tanah kelahirannya. Lagu yang mengisahkan tentang kerinduan orang-orang timur pada kampung halamannya. Walaupun kebanyakan orang yang ada di Tanah Timur merantau dari tempat kelahirannya, tapi tetap menganggap bahwa kampung halaman adalah tempat terbaik.

Di sanalah tempat kelahirannya dan lagu ini menggambarkan keindahan kampung yang akan menimbulkan rasa rindu terhadap kampung halaman. Lirik lagu Bolelebo ini menggunakan bahasa Rote. Lebih jelasnya pesan yang terkandung dari lagu ini sama dengan pepatah yang mengatakan Hujan emas di negeri orang, hujan batu di negeri sendiri, baik juga di negeri sendiri. Berikut ini not angka lagu Bolelebo.

Not Angka Bolelebo
Lirik Bolelebo oleh Ester
Bolelebo ita nusa lelebo
Bolelebo ita nusa lelebo
Malole simalole
Ita nusa lemalole
Malole simalole
Ita nusa lemalole

Bolelebo baradimu lelebo
Bolelebo baradimu lelebo
Ie ta'do ie baradimu rihi ie
Ie ta'do ie baradimu rihi ie

Bolelebo tanah Timor lelebo
Bolelebo tanah Timor lelebo
Baik tidak baik
Tanah Timor lebih baik
Baik tidak baik
Tanah Timor lebih baik

Lagu daerah dapat meningkatkan kebanggaan terhadap keanekaragaman. Bahasa Indonesia hanya merupakan media untuk semakin memahami keanekaragaman di Indonesia. Apabila masyarakat Indonesia mengenal bahasa daerah di luar tempat asalanya, maka mereka akan semakin memahami Indonesia. Kecintaan terhadap budaya tidak hanya mengarah pada budaya tempat mereka berasal. Kebanggan terhadap kenekaragaman pun akan meningkat karena masing-masing orang saling memahami budaya dari daerah lain.

Keanekaragaman itu indah. Perbedaan bahasa, adat istiadat, suku, ras, agama, budaya justru semakin memperkaya bangsa ini. Perbedaan tidak perlu ditakuti karena dengan adanya perbedaan, masyarakat Indonesia memiliki lebih banyak kesempatan untuk belajar. Itulah yang akan menjadi keunggulan masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda dalam era globalisasi ini.

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:47 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....