Home » » Membuktikan Pengaruh Suhu terhadap Perubahan Benda

Membuktikan Pengaruh Suhu terhadap Perubahan Benda

Suhu tinggi maupun rendah akan berpengaruh terhadap perubahan benda, baik dalam ukurannya, bentuknya maupun wujudnya. Jadi, ukuran, bentuk dan wujud benda dipengaruhi oleh suhu, baik suhu panas atau suhu dingin. Perubahan suhu akan mengakibatkan perubahan terhadap benda (padat, cair, dan gas).

Kejadian kempisnya ban sepeda merupakan akibat dari adanya perubahan suhu. Saat ban sepeda terkena sinar matahari, terjadi pemuaian udara (gas) di dalam ban. Pemuaian udara (gas) dalam ban menyebabkan bertambahnya volume udara yang kemudian menekan dinding ban. Ketika volume udara dalam ban terus bertambah, ban akhirnya kempis karena pecah. Bagaimana suhu berpengaruh terhadap perubahan benda?
  1. Mencair/melebur adalah perubahan wujud benda dari padat menjadi cair. Contoh: es dalam air menjadi air, mentega dipanaskan menjadi minyak.
  2. Membeku adalah perubahan wujud benda dari cair menjadi padat. Contoh: air didinginkan menjadi es.
  3. Menguap adalah perubahan wujud benda dari cair ke gas. Hal ini terjadi karena pengaruh suhu yang tinggi. Contoh: air dididihkan.
  4. Mengembun adalah perubahan wujud benda dari gas menjadi cair. Contoh: air sirup dingin akan menjadikan bagian luar gelasnya basah. Hal ini terjadi karena adanya pengembunan. Suhu gelas lebih rendah dibandingkan suhu uap air di sekitar gelas.
  5. Menyublim adalah perubahan wujud benda dari padat ke gas. Contoh: kapur barus lama kelamaan akan habis karena menyublim.
  6. Menghablur adalah perubahan wujud benda dari gas menjadi padat. Contoh: proses pembuatan ammonium nitrat untuk pupuk tanaman.

Untuk membuktikan pengaruh suhu terhadap benda dapat dilakukan dengan melakukan perobaan sederhana seperti di bawah ini.

Alat yang Dibutuhkan:
  1. Botol
  2. Balon
  3. Karet gelang
  4. Mangkuk plastik (2 buah)
  5. Air panas
  6. Air biasa/dingin

Kegiatan:
  1. Tutup mulut botol dengan mulut balon, lalu ikat dengan karet gelang.
  2. Isi salah satu mangkuk plastik dengan air panas, dan mangkuk lainnya dengan air biasa/dingin.
  3. Masukkan bagian bawah botol ke dalam mangkuk berisi air panas.
  4. Perhatikan apa yang terjadi setelah beberapa saat.
  5. Angkat botol, lalu masukkan ke dalam mangkuk berisi air biasa/dingin.
  6. Perhatikan apa yang terjadi. Catat hasil pengamatanmu.
Percobaan Pengaruh Suhu

Ketika balon dimasukkan ke dalam air panas balon itu tiba-tiba akan menggembung. Hal ini disebabkan karena pemanasan mengakibatkan udara di dalam botol memuai sehingga membutuhkan lebih banyak tempat. Udara dalam botol akan bergerak menuju balon gas sehingga balon akan menggembung.

Benda padat, cair, dan gas akan memuai jika dipanaskan. Partikel dari benda-benda itu bergerak lebih cepat dan saling menjauh satu sama lain sehingga beratnya berkurang dan volumenya bertambah.

Sebuah balon udara terdiri atas selubung balon raksasa yang telah diisi campuran gas dan bahan bakar gas serta sebuah keranjang yang dipasangi pada lapisan balon tersebut. Bahan bakar gas akan memanaskan gas kemudian menyebabkan penghantar kalor memuai. Akibat gas panas di dalam balon sedikit lebih padat daripada udara dingin di atmosfer, balon dapat terbang di udara selama gas di dalamnya tetap panas. Tekanan udara luar mengakibatkan dorongan yang dapat menerbangkan balon.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:46 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....