Home » » Membuat Peta Angkasa Luar

Membuat Peta Angkasa Luar

Luar angkasa atau angkasa luar adalah bagian yang relatif kosong dari Jagad Raya, di luar atmosfer. Istilah luar angkasa digunakan untuk membedakannya dengan ruang udara. Karena atmosfer Bumi tidak memiliki batas yang jelas, namun terdiri dari lapisan yang secara bertahap semakin menipis dengan naiknya ketinggian, tidak ada batasan yang jelas antara atmosfer dan angkasa.

Peta luar angkas yang dimaksud dalam tulisan ini adalah sebuah media yang dapat digunakan untuk mempelajari koordinat katesius dan juga susunan tata surya. Pada peta angkasa luar tersebut ditunjukan posisi benda-benda angkasa luar yang kamu  dipada koordinat Kartesius.

Selain itu melalui peta luar angkasa cerita perjalanan pesawat ketika menjelajahi angkasa luar dengan
menyebutkan koordinat-koordinat posisi pesawat. Berikut ini langkah-langkah membuat peta luar angkasa.

A. Bahan dan Alat. 
Kalender bekas, kertas putih yang digambar, dan bahan lainnya agar petamu terlihat menarik, pensil, pensil warna, penggaris, gunting, lem

B. Cara Membuat
  1. Ambil sehelai kalender bekas. Gunakan halaman kosongnya. Kemudian gambarlah sebuah bidang koordinat Kartesius dengan menggunakan pensil dan penggaris. Pastikan garis-garisnya tegak lurus.
  2. Gambarlah atau buatlah benda-benda angkasa luar seperti Matahari, Bumi, dan planet-planet. Kira-kira benda apa lagi yang dapat kamu gambar?
  3. Gunakan kertas-kertas yang ada (sebaiknya kertas bekas) dan hiaslah agar tampak menarik. Gunakan lem secukupnya bila perlu.
  4. Buatlah sebuah pesawat yang akan menjelajah angkasa luar. Lihat contohnya berikut ini.
  5. Tentukan titik-titik koordinat setiap benda pada bidang koordinat Kartesius. Pastikan posisinya tepat di susunan sistem tata surya kita.
  6. Letakkan benda-benda tersebut pada “kalender Kartesius” dengan lem. 
  7. Hiasilah bagian pinggirnya dengan dekorasi yang disukai.
Peta Luar Angkasa
Sekarang presentasikan peta angkasa luarmu kepada temanmu. Presentasi adalah proses menyampaikan informasi kepada pendengar dengan maksud ingin memperkenalkan suatu produk maupun program kegiatan. Perhatikan hal-hal penting berikut
sebelum melakukan presentasi.
  1. Kontak mata. Kontak mata mencerminan bahwa anda sedang berbicara langsung dengan pendengarrnya. Selanjutnya, pendengar akan merasakan hal yang sama. Mereka merasa diperhatikan oleh anda. Pada gilirannya, mereka akan sudi mendengarkan dan menyimak apa yang Anda sampaikan.
  2. Suara yang keras dan jelas. Berbicara di depan banyak orang tanpa percaya diri bisa menimbulkan rasa gugup. Dan, rasa gugup tentu akan melemahkan suara Anda. Untuk itu usahakan jangan gugup.
  3. Gerakan tubuh. Bahasa tubuh juga dapat menjadi karakter atau ciri khas Anda dalam menyampaikan presentasi. Bahasa tubuh bisa membuat presentasi Anda jadi menarik minat
  4. Ekspresi wajah.  Ekspresi adalah kenampakan wajah yang menunjukkan suasana emosional seseorang. Ekspresi wajah yang tepat dapat menghubungkan Anda dengan pendengar dan memperkuat pesan yang ingin disampaikan dalam presentasi. 
  5. Intonasi. Komunikasi melalui intonasi suara dapat kita lakukan dengan melakukan penekanan pada bagian kata atau kalimat yang penting.
  6. Jeda.  Gunakan jeda pada saat akan mengambil nafas,  pada akhir kalimat, berpikir sesaat, menyampaikan sesuatu yang Anda anggap berharga.

Pasanglah petamu bersama peta teman-temanmu di dinding kelas atau di tempat lain. Ajaklah teman-temanmu menikmati hasil karyamu. Kamu dapat menyampaikan hal-hal berikut.
  1. Posisi benda-benda angkasa luar yang kamu buat pada koordinat Kartesius
  2. Cerita perjalanan pesawatmu menjelajahi angkasa luar dengan menyebutkan koordinat-koordinat posisi pesawat. Kamu dapat meminta temanmu menyebutkan beberapa koordinat, kemudian kamu meletakkan pesawatmu pada posisi yang diminta.
  3. Apakah karyamu sudah sesuai dengan langkah-langkah pembuatan?
  4. Apakah karyamu sudah menunjukkan kerapian dan ketelitian?
  5. Bertanyalah kepada teman-temanmu, apakah hasil karyamu sudah baik atau belum? Apa saja saran yang dapat mereka berikan?
  6. Bergantianlah menikmati hasil karya teman-temanmu yang lain. Pertanyaan-pertanyaan apa saja yang dapat kamu ajukan kepada teman-temanmu?
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:31 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....