Home » » Membuat Karya Flanel Hubungan Matahri, Bumi, dan Bulan

Membuat Karya Flanel Hubungan Matahri, Bumi, dan Bulan

Selain kamu dapat menjelaskan semua tentang Bumi, Matahari, dan Bulan  juga dapat membuat sebuah karya yang bertemakan bumi, Matahari, dan Bulan. Kita akan menggunakan kain flanel dalam membuat karya tersebut. Sebelum membuat sebuah karya, terlebih dahulu perlu dibuat desainnya. Untuk membuat karya kerajinan kain flanel, sebelumnya kita akan berlatih teknik jahit tusuk feston.

Pada saat Bulan melintas di antara Bumi dan Matahari, ada kalanya seluruh cahaya Matahari dihalangi Bulan, sehingga terjadi gerhana Matahari total. Ada kalanya juga hanya sebagian cahaya Matahari yang terhalang, sehingga pengamat di Bumi yang berada dalam jalur gerhana masih bisa melihat sebagian piringan Matahari. Gerhana ini disebut sebagai gerhana Matahari sebagian.

Selain itu ada juga gerhana Matahari cincin, yang terjadi saat piringan Bulan yang menghalangi cahaya Matahari lebih kecil daripada piringan Matahari. Akibatnya, Bulan menghalangi sebagian besar cahaya Matahari dan menyisakan lingkaran cincin Matahari yang tidak tertutupi piringan Bulan.

A. Rancangan Karya
Sebelum membuat karya terlebih dahulu membuat rancangan karya tersebut. Buatlah beberapa rencana atau rancangan dari karya yang akan dibuat. Gambarkan ide-ide rancanganmu pada sebuah buku atau lembaran kertas, dengan mengguanakan pinsil, spidol atau bolpoin dan sebaiknya hindari penggunaan penghapus. Gambarkan idemu sebanyak-banyaknya seperti pada gambar di bawah ini.
Rancangan Karya
B. Tusuk Feston
Tusuk Feston merupakan salah satu tusuk dasar menjahit yang digunakan untuk menjahit beraneka macam kerajinan dari kain flanel. Dalam pembuatan kerajinan dari kain flanel, tusuk feston biasanya juga dikombinasikan dengan tusuk jelujur dan tusuk tikam jejak.Teknik ini digunakan untuk menutupi kain yang akan kita masukkan ke dalam kain flanel. Kerjakan langkah-langkah berikut!
  1. Siapkan benang dan jarum. Pada tahap persiapan, alat dan bahan utama yang diperlukan, yaitu jarum dan benang.
  2. Masukkan benang pada lubang jarum. Panjang benang disesuaikan.
  3. Setelah benang terpasang, buatlah simpul mati di ujung benang untuk menahan agar jahitan pertama tidak lepas dari kain.

Langkah-langkah membuat sebagai berikut.
Tusuk Feston
  1. Langkah 1. Tusukkan jarum pada kain flanel seperti pada gambar di samping. Jika kamu baru mulai dari awal, tusukkan jarum dari bawah ke atas, sehingga posisi simpul benang berada pada bagian bawah kain flanel. Lanjutkan ke langkah 2.
  2. Langkah 2. Tariklah jarum yang ditusukkan pada langkah 1 dan benang pun mengikutinya. Perhatikan: hal yang paling penting pada langkah kedua ini adalah posisi dari jarum di atas benang. Lihat posisi jarum dan benang di bagian kiri atas. Di sinilah kunci dari tusuk feston. Jika posisinya salah, maka hasilnya akan berbeda.
  3. Langkah 3. Perhatikan tumpukan benang. Setelah benang ditarik, perhatikan hasil akhirnya, terutama posisi tumpukan benang. Jika sudah sesuai dengan gambar di samping maka tinggal dikencangkan saja. Tahap selanjutnya membuat tusuk feston sudah selesai. Ulangi melakukan ketiga langkah di atas hingga semua bagian sisi dijahit sampai selesai.

C. Hasil Karya
Setelah semua bagian karya selesai dikerjakan langkah selanjutnya adalah merangkai bagian-bagian tersebut menjadi sebuah karya yang menjelaskan hubungan matahari, bumi, dan bulan seperti gambar di bawah ini.

Setelah belajar gerhana Bulan, tentunya pemahamanmu tentang Bumi, Matahari, dan Bulan semakin lengkap dengan membuat karya tersebut. Dengan karya tersebut kita dapat mengerti bagaiman afenomena alam tersebut terjadi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:47 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....