Home » » Manfaat Keberadaan Lembaga Budaya TMII

Manfaat Keberadaan Lembaga Budaya TMII

Kelas Udin berencana mengadakan kunjungan ke suatu lembaga budaya. Guru kelasnya sangatlah demokratis. Ia mengajak para siswa untuk bermusyawarah menentukan tujuan kunjungan. Akhirnya, Bu Guru mendapatkan empat tujuan untuk dipilih yaitu: Taman Mini Indonesia Indah; Taman Budaya Puspo Budoyo; Taman Ismail Marzuki; dan Bentara Budaya.

Udin ingin mengetahui peluang untuk masing-masing tempat tujuan. Ia membuat lingkaran dan dibagi menjadi empat bagian dengan pensil. Setiap bagian diberi nama sesuai dengan tujuan yang ada.
  1. Putarlah lingkaran sebanyak dua kali, lima kali, dan sepuluh kali. Catatlah hasilnya dengan menggunakan turus. Apakah hasilmu sama dengan temanmu?
  2. Ubahlah lingkaran menjadi memiliki dua tujuan saja. Berapa peluang untuk setiap tujuan?
  3. Putarlah lingkaran dua kali, lima kali dan sepuluh kali. Catat hasilnya dengan menggunakan turus. Bandingkan hasilnya dengan temanmu!
Peluang
Peluang empirik suatu kejadian =Jumlah hasil eksperimen/percobaan
Jumlah eksperimen/percobaan
Tempat TujuanTurusPeluang
Diputar 2 x
Taman Mini Indonesia IndahI
Peluang TMII =1
2
Taman Izmail Marzuki--
Puspo BudoyoI
Peluang PB =1
2
Bentara Budaya--
Diputar 5 x
Taman Mini Indonesia IndahII
Peluang TMII =2
5
Taman Izmail MarzukiI
Peluang TIM =1
5
Puspo BudoyoII
Peluang PB =2
5
Bentara Budaya--
Diputar 10 x
Taman Mini Indonesia IndahIIII
Peluang TMII =5
10
Taman Izmail MarzukiII
Peluang TIM =2
10
Puspo BudoyoII
Peluang PB =2
10
Bentara BudayaI
Peluang BB =1
10

Kelas Udin akhirnya memutuskan untuk pergi ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Sebelum berangkat ke sana, Ibu Guru memberikan informasi tentang TMII melalui sebuah teks yang ditemuinya dari perpustakaan sekolah.

Taman Mini Indonesia Indah Mendekatkan Masyarakat pada Budaya Nusantara
Sebagai warga negara kepulauan terbesar di dunia, rasanya mustahil kita dapat mengunjungi belasan ribu pulau yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Padahal begitu banyak hal yang menarik dan perlu kita pelajari dari kekayaan ragam budaya yang dimiliki oleh setiap suku di Indonesia.

Inilah mengapa keberadaan lembaga budaya seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi sangat bermakna bagi bangsa kita. Melalui konsep objek wisata yang diwujudkan dalam bentuk anjungan daerah, taman, museum, tempat rekreasi, kita bisa mengelilingi area miniatur Indonesia seluas 160 hektar dalam sehari.

Dari anjungan setiap propinsi, kita bisa mengenal ragam bentuk dan filosofi rumah adat, upacara dan permainan tradisional serta pagelaran kesenian. Selain itu, terdapat juga taman-taman flora dan fauna. Di sana kita dapat menemukan aneka tanaman dan hewan yang hidup di penjuru tanah air, seperti anggrek, melati, reptilia, serangga, dan unggas.

Sebagai lembaga budaya, Taman Mini Indonesia Indah telah berhasil dalam tujuannya sebagai representasi kebhinekaan sekaligus kekayaan khasanah budaya Indonesia. Melalui kegiatan rekreasi, Taman Mini Indonesia Indah mendekatkan masyarakat Indonesia maupun asing pada budaya Nusantara.

Setelah membaca teks, jawablah pertanyaan berikut:
  1. Apa saja yang ada di TMII? Aneka ragam bentuk dan filosofi rumah adat, upacara dan permainan tradisional serta pagelaran kesenian,flora dan fauna.
  2. Siapa pengunjungnya? Banyak para wisatawan domestik yang datang kesana untuk menyaksikan ragam budaya Indonesia.
  3. Apa yang bisa dipelajari dari anjungan-anjungan yang ada? Ragam bentuk dan filosofi rumah adat, upacara dan permainan tradisional serta pagelaran kesenian.
  4. Seberapa besar manfaat TMII bagi Bangsa?TMII memberi kesempatan kepada kita semua untuk belajar langsung aneka budaya sekaligus menghormatinya.
  5. Apa yang ingin kamu ketahui dari TMII?

TMII merupakan lembaga budaya yang sangat bermakna bagi kita. Banyak para wisatawan domestik yang datang kesana untuk menyaksikan ragam budaya Indonesia. TMII memberi kesempatan kepada kita semua untuk belajar langsung aneka budaya sekaligus menghormatinya.Lembaga budaya sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dapat membantu mewujudkan sikap cinta tanah air sebagai pengamalan persatuan dan kesatuan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:35 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....