Home » » Literatur dan Publikasi Service Kendaraan

Literatur dan Publikasi Service Kendaraan

Literatur adalah bahan atau sumber ilmiah yang biasa digunakan untuk membuat suatu karya tulis atau pun kegiatan ilmiah lainnya. Literatur ini mirip dengan daftar pustaka atau referensi. Bentuk dari literatur bisa berupa softcopy atau hardcopy. Softcopy adalah materi atau referensi yang berbentuk data komputer, sedangkan hardcopy adalah materi atau referensi yang berbentuk buku dan telah tercetak di kertas.

A. Literatur
Menurut ALA Glosary of Library and Information Science (1983), Literatur adalah bahan bacaan yang digunakan dalam berbagai aktivitas baik secara intelektual maupun rekreasi. Dalam tulisan ini yang dimaksud dengan literatur adalah seluruh informasi yang berhubungan dengan peralatan, perlengkapan dan spare part dari sebuah produk akan diinformasikan kepada yang berkepentingan dalam bentuk:

1. Dicetak antara lain Buku, Manual, dan Majalah
2. Literatur berformat non buku adalah sebagai berikut:
  • Piringan hitam biasanya pada umumnya memuat rekaman musik. Akan tetapi piringan hitam dapat pula memuat hal-hal seperti pelajaran, cerita, dan sebagainya. Piringan hitam banyak digunakan sebagai bahan perpustakaan bagi tuna netra.
  • Pita rekaman dapat digunakan untuk merekam. Pita rekaman sudah  jarang digunakan sejak pita kaset yang lebih praktis umum digunakan orang.
  • Kaset adalah bentuk pita rekaman yang praktis, bentuknya kecil sehingga mudah dibawa. Kaset dapat digunakan untuk merekam musik, pelajaran, cerita dan lain - lain.
  • Laser disk digunakan untuk merekam suara maupun gambar.
  • Film termasuk bahan perpustakaan yang mahal, baik harga maupun biaya pemeliharaannya.
  • Filmstrip
  • Slide
  • Mikrofilm dapat merekam sampai sebesar 1 halaman surat kabar. Setiap rol panjangnya 100 kaki dapat memuat 600 frame. Biasanya digunakan untuk merekam surat kabar, buku ataupun naskah kuno.
  • Mikrofis sistemnya sama dengan mikrofilm, akan tetapi bahan mikrofis berupa lembaran sebesar kartu pos. Digunakan untuk merekam buku maupun dokumen. Setiap lembar mikrofis dapat memuat 60 – 300 halaman.
  • Video banyak digunakan karena sifatnya sama dengan film, akan tetapi harganya jauh lebih murah.
  • CD (Compact Disk) : CD, VCD, DVD, dan CD-ROM
  • Internet dan lain - lain

B. Jenis Publikasi
Jenis publikasi tergantung pada masing-masing topik. Service Literatur biasanya tersedia dalam empat jenis:
  1. Publikasi Referensi Dasar
  2. Service Literatur
  3. Publikasi Berkala
  4. Publikasi.Khusus

1. Publikasi Referensi Dasar
Publikasi referensi dasar berisi informasi rinci tentang mesin, prosedur, metode dan peralatan. Jenis publikasi yang tersedia adalah:
  1. Service Manuals
  2. Setting Bahan Bakar
  3. Pedoman untuk Part Reuseable
  4. Part Book / Buku Komponen
  5. Manual Pemeliharaan (OMM)
  6. One Safe Source
  7. Shop Produk & Tool Guide
  8. Service Information System Retrieval (SIRS).

2. Publikasi Berkala
Publikasi Berkala diterbitkan pada interval yang relatif tetap. Publikasi Berkala ini memberikan informasi produk lebih baik dan lebih spesifik dari publikasi referensi dasar. Jenis publikasi yang tersedia adalah:
  1. Informasi umum: berisi tentang semua informasi produk yang dibuat namun informasi yang disajikan belum spesifik.
  2. Majalah service (Service Magazine): merupakan majalah cetakan yang berisi informasi tentang cara memperbaiki suatu bagian dari sebuah produk.
  3. Engine News (EN): berisi informasi tentang engine yang diproduksi.
  4. Truk Engine News (TEN): berisi informasi khususnya yang berhubungan dengan Truk Engine
  5. Numerik Part Record / penomoran bagian (NPR): berisi informasi tentang nomor komponen dan jumlah komponen tersbut di dalam produk yang dibuat.

3. Publikasi Khusus
Publikasi ini berisi informasi penting tentang yang produk penting, garansi, keselamatan kerja, dan inspeksi bagian, pengembalian komponen dan halhal lain. Literatur ini dipublikasikan sebagai informasi tambahan. Jenis publikasi yang tersedia adalah:
  1. Buletin Informasi Teknis / Technical Information Bulletin (TIB)
  2. Layanan Surat
  3. Publikasi Khusus
  4. Katalog
  5. Instruksi Khusus

C. Fungsi OMM, Service Manual Dan Part Book Dalam Pemeliharaan Kendaraan
Pemeliharaan mengacu pada suatu pekerjaan yang dilakukan untuk menjaga agar semua bagian dari mesin, kendaraan atau peralatan tetap pada kondisi pengoperasian yang standar. Pemeliharaan Berkala  menunjuk pada pekerjaan pemeliharaan yang dilakukan secara teratur berdasarkan jadwal. Pabrik-pabrik biasanya menyertakan jadwal-jadwal pemeliharaan yang dianjurkan bersama dengan produk-produknya.

Sering juga perusahaan-perusahaan perseorangan mengikuti anjurananjuran tersebut dan menerapkan atau mengubahnya agar sesuai dengan persyaratan perencanaan pemeliharaan mereka.

D. Jadwal Pemeliharaan
Jadwal pemeliharaan berbeda dari suatu pabrik dengan pabrik lainnya, meskipun untuk model, kendaraan peralatan atau mesin yang sama. perbedaan-perbedaan tersebut disebabkan oleh alasan-alasan seperti jenis engine yang menggunakan, bensin atau disel, sistem bahan bakar yang digunakan, karburator atau injeksi bahan bakar, transmisi yang digunakan, manual atau otomatis dan banyak lagi bagian-bagian komponen lainnya.
Jadwal Perawatan
Selain itu syarat-syarat pengoperasian dan jenis pekerjaan yang dilakukan oleh kendaraan/peralatan tersebut juga mempunyai pengaruh penting pada pemeliharaan berala yang dibutuhkan.

Kendaran-kendaraan penumpang dan truk-truk ringan biasanya memiliki jadwal pemeliharaan berkalanya yang didasarkan pada banyaknya kilometer/mil yang telah ditempuh (misalnya setiap 10.000 km), atau bulan dalam kalender (misalnya 3 bulan).

E. Pembacaan Dan Penggunaan Manuals Pemeliharaan Dan Operasional (OMM/Operational And Maintenance Manual)
Manual pemakaian dan pemeliharaan berisi cara pemakaian dan pemaliharaan produk utama termasuk informasi komponen. Manual ini mencakup prosedur dasar yang dilakukan setiap hari selama operasi dan pemeliharaan produk tertentu, tetapi tidak termasuk pekerjaan perbaikan.

Manual pemakaian dan pemeliharaan dikirim bersama setiap produk diperuntukkan bagi operator atau orang yang bertanggung jawab untuk pemeliharaan dan servis produk. Informasi yang ada pada Manual Operasi dan Pemeliharaan:
  1. Prosedur untuk Memeriksa, Starter dan Mematikan
  2. Teknik Mengoperasikan
  3. Jadwal Pelumasan dan Pemeliharaan.

Panduan Operasi dan Pemeliharaan tersedia dalam bentuk: Cetakan : Buku, majalah, lembaran kerja, lembaran khusus, Mikrofis, CD-ROM (SIS), dan Intranet (Web SIS).

F. Pembacaan Dan Penggunaan Service Manual
Service Manual adalah sumber referensi dasar untuk proses diagnostik, tips, perakitan dan pembongkaran, sistem operasi, pengujian dan pengaturan, dan semua spesifikasi system pada mesin. Service Manual ini diterbitkan segera setelah mesin baru diproduksi. Service Manuals dibagi menjadi beberapa bagian yaitu Power Train, Engine, Pelumasan dan Pemeliharaan, Sistem Kelistrikan.

Service Manuals tersedia dalam media berikut: Cetakan, Mikrofis, CD-ROM (Sevice Informasi System / SIS), dan Intranet (Web Sevice Informasi System / SIS). Service manuals berisi informasi berikut:
  1. Sistem operasi: cara mengoperasikan suatu alat atau engine, sehingga alat atau engine tersebut terhindar dari kemungkinan kerusakan.
  2. Pembongkaran dan perakitan: cara atau standar operasional prosedur pembongkaran komponen atau engine yang direkomendasikan oleh produsen pembuatnya
  3. Pengujian dan pengaturan: berisi petunjuk tentang cara mengkalibrasikan dan menyetel alat atau engine
  4. Spesifikasi Produk: berisi informasi yang penting tentang spesifikasi dari alat atau engine yang dibuat.

G. Pembacaan Dan Penggunaan Part Book
Part Book (buku komponen) dikeluarkan untuk semua produk dan digunakan sebagai referensi pemesanan komponen. Buku ini dicetak bagi pengguna dan dikirim pada setiap pengiriman mesin. Buku-buku ini direvisi dan diterbitkan kembali secara berkala dan dipublikasikan garis besarnya.

Informasi pada Part Book tersebut adalah: Dikeluarkan untuk Semua Produk, Berisikan Nomor Komponen, Nama Komponen, Lokasi di Mesin, dan Jumlah komponenn yang digunakan. Part Book tersedia dalam bentuk: Cetakan, Mikrofis, CD-ROM (SIS), dan Intranet (Web SIS).
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:33 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....