Home » » Keteraturan yang Menakjubkan Dalam Galaksi dan Tata Surya.

Keteraturan yang Menakjubkan Dalam Galaksi dan Tata Surya.

Kita hidup di sebuah planet yang ber nama Bumi. Bumi hanya merupakan sebagian kecil dari alam semesta. Alam semesta memiliki banyak galaksi dengan bentuk yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Galaksi Bima Sakti, tempat di mana kita tinggal. Dalam Galaksi Bima Sakti, terdapat benda angkasa luar yang tak terhitung banyaknya. Di sana terdapat sistem tata surya kita, tempat tinggal kita.

Galaksi adalah kumpulan bintang yang membentuk suatu sistem, terdiri atas satu atau lebih benda angkasa yang berukuran besar dan dikelilingi oleh benda-benda angkasa lainnya sebagai anggotanya yang bergerak mengelilinginya secara teratur.

Tata surya merupakan Matahari dan semua benda yang berputar mengelilinginya, yaitu planet; satelit alami seperti bulan; dan benda langit lainnya, seperti komet, asteroid, dan meteorit.

Matahari adalah pusat sistem tata surya. Matahari dikelilingi oleh 8 planet dan benda-benda kecil lainnya yang tak terhitung jumlahnya. Masing-masing berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, planet-planet tersebut tidak akan saling bertabrakan.
Tata Surya
Kedelapan planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Setiap planet berputar pada porosnya. Hal ini yang disebut rotasi. Untuk mengetahui lebih banyak tentang angkasa luar, perhatikan tabel berikut!. Tabel data perbandingan planet-planet berdasarkan jari- jari dan jarak rata-rata ke Matahari.
Planet Diamete (km) Jarak dari Matahari (km) Massa (kg) Periode rotasiPeriode Revolusi
Merkurius 4.862 58 juta 3,29 × 10^23 59 hari 88 hari
Venus 12.190 108 juta 4,90 × 10^24 –243 hari 225 hari
Bumi 12.725 149,6 juta 5,98 × 10^24 23,9 jam 365 hari
Mars 6.780 228 juta 6,58 × 10^23 24,6 jam 687 hari
Jupiter 142.860 779 juta 1,90 × 10^27 9,8 jam 11,9 tahun
Saturnus 120.000 1.428 juta 5,68 × 10^26 10,2 jam 29,5 tahun
Uranus 50.100 2.875 juta 8,97 × 10^25 –10,8 jam 84 tahun
Neptunus 48.600 4.500 juta 1,02 × 10^26 15,8 jam 164,8 tahun

Selah mengenal tentang sistem tata surya. Sekarang, kamu akan membandingkan Bumi dengan anggota tata surya lainnya. Berikut perbedaan antara bumi dan planet yang lainnya.
Di Bumi Planet Lain
  1. Jarak dengan matahari tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh. Akibatnya, udara bumi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin
  2.  Di bumi banyak terdapat sumber air (sungai, danau, dan lautan)
  3. Bumi mempunyai atmosfer sehingga terjadi awan dan hujan
  4.  Atmosfer bumi mengakibatkan perbedaan suhu antara siang dan malam tidak terlalu jauh (seperti di bulan)
  5. Di bumi waktu berjalan normal yaitu sehari 24 jam dan setahun 365 hari
  1. Planet merkurius yang merupakan planet terdekat dengan matahari memiliki atmosfir yang sangat panas. Planet-panet yang jauh dari matahari suhunya sangat dingin.
  2. Planet-planet yang lain tidak memiliki sumber air untuk menunjang kehidupan..
  3. Perbedaan suhu antara siang dan malam planet yang lain sangat jauh.
  4. Di Uranus  Matahari bersinar selama 20 Tahun, sedangkan di musim dingin, kegelapan menyilimuti selama lebih dari 20 tahun. Pada musim gugur, Matahari terbit dan terbenam selama setiap 9 jam.
  5. Di planet yang lain waktu berjalan sangat cepat. Misalnya, sekali mengorbit di Merkurius membutuhkan waktu 87 hari Bumi. 

Untuk mengetahui lebih banyak tentang angkasa luar, perhatikan tabel berikut! Pada tabel berikut ini hanya ada sedikit informasi tentang beberapa benda angkasa luar.
No. Benda Angkasa Luar Kondisi
1. Matahari Matahari memiliki cahaya sendiri. Matahari sangat panas. Matahari merupakan pusat Tata Surya. Matahari merupakan bola gas raksasa, dengan lapisan-lapisan antara lain ; Inti suhunya sekitar 14 juta Kelvin, tempat terjadinya reaksi nuklir yang menghasilkan energi sangat besar. Fotosfer suhunya sekitar 6.000 Kelvin, dengan ketebalan sekitar 300 km, merupakan bagian matahari yang dapat kita lihat. Kromosfer: atmosfer matahari, bersuhu sekitar 4.500 Kelvin dan ketebalannya 2.000 km. Korona : atmosfer luar matahari, bersuhu sekitar 1 juta Kelvin dan ketebalannya sekitar 700.000 km.
2. Bulan Bulan adalah satelit bumi. Bulan melakukan tiga gerakan sekaligus, yaitu berputar pada sumbunya, beredar mengelilingi bumi, dan bersama-sama bumi beredar mengelilingi matahari. Bulan beredar mengelilingi bumi karena bulan ditarik oleh gay a gravitasi bumi. Bulan  dan bumi beredar mengelilingi matahari karena keduanya ditarik oleh gaya gravitasi matahari. Bulan juga berbentuk bola. Massa bulan kira-kira seperdelapan puluh satu massa bumi, diametemya kira-kira seperempat diameter bumi, dan gravitasinya kira-kira seperenam gravitasi bumi. Adapun jarak rata-rata bulan ke bumi kira-kira seperempat ratus jarak rata-rata bumi ke matahari. Itulah sebabnya, bulan tampak dari bumi hampir sarna deng
3. Merkurius Planet Merkurius merupakan planet yang terdekat dengan Matahari. Tidak ada oksigen dan karbon dioksida. Serta, memiliki kawah-kawah yang dalam. Kaloris merupakan kawah terbesar di planet ini. Garis tengah Kaloris sekitar 1.300 Km. Merkurius adalah planet terkecil dalam tata surya, namun memiliki berat yang hampir sama dengan yang berat bumi. Hal ini dapat terjadi karena Planet Merkurius disusun dari suatu besi yang sangat besar
4. Venus Planet venus temperatur permukaan venus. Atmosfer Venus tebal dan selalu diselubungi oleh awan. Planet Venus juga dikenal dengan bintang sore atau bintang kejora karena dapat kita amati di waktu petang hari dan sebelum matahari akan terbit.
5. Bumi Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari, sinar ultraungu, dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara ini menyelimuti bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan Eksosfer. Bumi memiliki sebuah satelit yaitu bulan.
6. Mars Planet Mars memiliki air yang membeku di ujung bagian utaranya, mirip dengan kutub di Bumi. Permukaannya bergerigi, penuh dengan angin kencang, dan badai debu yang dahsyat. Angin menyapu debu ke seluruh planet sehingga membuat warnanya menjadi merah. Itulah sebabnya Mars disebut Planet Merah. Planet ini memiliki 2 buah satelit, yaitu Phobos dan Deimos.
7. Jupiter Jupiter adalah salah satu dari empat raksasa gas, yang terdiri dari materi padat. Ini adalah planet terbesar di tata surya. Permukaan Jupiter mengandung jumlah metana, uap air, amonia, dan senyawa berbasis silikon. Ada juga bekas-bekas karbon, etana, hidrogen sulfida, neon, oksigen, Fosfina, dan belerang. Jumlah satelit 16 dengan empat satelit yang terbesar yakni Io, Europa, Ganymede, dan Callisto
8. Saturnus Saturnus tidak padat, yang sebagian besar dari penyusunnya adalah gas hidrogen dan helium. Hanya pada bagian inti planet yang sangat kecil ini terdapat batu padat. Angin yang terdapat di saturnus lebih kencang dibandingkan badai di bumi. Angin berputar-putar tampa henti dibagian ekuator dengan kecepatan sampai dengan 1.100 km/jam. Jumlah satelit 18 satelit terpenting Saturnus adalah Titan, satelit terbesar kedua di Tata Surya
9. Uranus Letak uranus sangat jauh dari Matahari sehingga pada permukaannya sangat dingin. Berwarna hijau kebiruan karena atmosfernya mengandung metana yang sangat tebal. Selain dari itu, di musim panas, Matahari bersinar selama 20 Tahun, sedangkan di musim dingin, kegelapan menyilimuti selama lebih dari 20 tahun. Pada musim gugur, Matahari terbit dan terbenam selama setiap 9 jam. Jumlah satelit 27 beberapa diantaranya adalah Titania, Oberon, Ariel, dan Umbriel
10. Neptunus Neptunus tampak berwarna cerah biru kehijauan. Netunus sering dijuluki pembuat ulah karena sering beredar keluar dan garis orbitnya. Neptunus dikenal sebagai kembaran dari Uranus. Jumlah satelit 14 beberapa diantaranya adalah Naiad, Thalassa, Despina, Galatea, dan Larissa.
11. Meteor Meteoroid adalah anggota tata surya yang diperkirakan berasal dari potongan komet dan pecahan pecahan asteroid. Meteoroid ini berterbangan tak beraturan di ruang angkasa. Meteor adalah meteoroid yang masuk ke dalam atmosfer bumi. Meteoroid yang jatuh ke bumi dengan laju tinggi menembus atmosfer dan terbakar sehingga menimbulkan cahaya. Meteorit adalah meteor yang jatuh sampai ke permukaan bumi.
12. Komet Komet ialah benda langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan lonjong. Benda langit ini disebut bintang berekor atau lintang kemukus. Bagian komet terdiri atas kepala komet dan ekor komet. Kepala komet tampak lebih cemerlang dan lebih besar dari ekor komet. Arah ekor komet selalu menjauhi matahari, hal ini disebabkan ketika komet mendekati panas matahari, permukaannya menguap dan keluarlah ekor gas yang besar. Panjangnya bisa mencapai 100 juta km.
13. Asteroid Asteroid atau planetoid atau planet minor adalah planet planet kecil yang sangat banyak dan beredar pada orbitnya  diantara orbit Mars dan Yupiter. Ukuran asteroid bervariasi ada yang hanya berdiameter 1 km dan yang lainnya kebanyakan sebesar bulan. Terdapat asteroid yang sangat banyak dalam tata surya. 
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:56 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....