Home » » Keteraturan di Alam Semesta

Keteraturan di Alam Semesta

Rasi bintang adalah garis khayal yang dihubungkan di antara titik-titik ribuan bintang dalam kelompok tertentu. Tahukah kamu bahwa dahulu, manusia mengandalkan rasi bintang sebagai penunjuk arah ketika bepergian di malam hari? Bahkan hingga kini, para pengarung samudera masih menggunakannya sebagai penunjuk arah.

Berbagai bangsa di dunia memiliki bintang-bintang istimewa sebagai penunjuk arah dan penunjuk musim. Orang Dayak di Indonesia, orang Polynesia di Hawaii, orang Bedouin di Arab, orang Eskimo di Kutub Utara, dan orang Maori di Selandia Baru memilih bintang istimewanya sendiri. Mengapa konstelasi bintang dapat menjadi penunjuk arah?

Telah kita ketahui bahwa Bumi berotasi dan berevolusi, dengan keteraturannya. Itulah mengapa di arah langit yang sama, maka pada waktu yang sama, pola bintang yang terbentuk akan sama. Itulah sebabnya, pada waktu tertentu Rasi Bintang Biduk menjadi penunjuk arah Utara. Itulah sebabnya, pada waktu tertentu Rasi Bintang Ikan Pari menjadi penunjuk arah Selatan.

Kini telah ditemukan kompas, teknologi GPS (Global Positioning System), serta berbagai alat berteknologi canggih untuk menunjukkan arah. Namun, sejarah peradaban membuktikan bahwa keteraturan alam semesta tidak hanya untuk dikagumi, tetapi untuk dimanfaatkan oleh penghuni Bumi.

Ternyata, tidak hanya angkasa luar yang memiliki keteraturan. Ketika berlayar, Bangsa Polynesia mengamati dengan teliti alam sekitarnya. Burung yang terbang dapat menjadi penanda ada daratan di sekitar lautan. Oleh karena itu, dengan mengamati berbagai fenomena keteraturan di alam sekitar akan mempermudah kegiatan manusia.

Bagaimanakah pengaruh keteraturan alam semesta terhadap kehidupan manusia pada zaman dahulu dan masa sekarang? Pilihlah salah satu antara pengaruh terhadap ekonomi, sosial, pendidikan, atau budaya. Jelaskan pengaruh tersebut.

  1. Pada zaman dulu para pelaut menggunakan rasi bintang sebagai panduan penentu arah, tetapi pada masa sekarang telah dibuat perlengkapan alat yang canggih untung navigasi yaitu GPS.
  2. Rasi bintang orion ini/waluku dalam bahasa Indonesia sering dijadikan sebagai tanda bagi para petani jaman dulu untuk mulai menggarap sawah dan ladangnya, karena biasanya muncul pada saat musim penghujan. Saat ini sudah ada prakiraan musim yang dikeluarkan oleh BMKG.


Dengan adanya perkembangan teknologi pada masa sekarang, apakah keteraturan di alam semesta ini menjadi tidak bermanfaat? Jelaskan alasanmu. Keteraturan dialam tetap bermanfaat di jaman yang serba modern ini karena semua teknologi yang ada pada saat ini adalah hasil pengembangan yang dipelajari dari keteraturan alam tersebut.

Di era modern ini, rasi bintang masih memiliki fungsi praktis bagi para astronom. Rasi bintang memudahkan para astronom untuk menentukan nama-nama bintang. Seperti misalnya bintang Alpha Centauri, yang merupakan bintang paling terang (Apha) di rasi bintang Centaurus (Centauri).

Selain bintang dan planet, banyak juga sampah di sana, di antaranya satelit dan pendorong roket yang sudah tidak berfungsi lagi.
Benda Langit
Tuliskan pasangan titik setiap posisi benda.
BendaNama BendaKoordinatBendaNama BendaKoordinat
A Bintang(2,0)FJupiter(9,4)
B Uranus(0,3)GSatelit(3,9)
C Satelit(1,5)HPeluncur Roket(5,11)
D Mars(4,6)IPeluncur Roket(12,1)
E Bintang(5,3)JSaturnus(8,7)
Sekarang cobalah melakukan kegiatan yang sama. Buatlah bidang koordinat Kartesius. Letakkan titik-titik posisi benda-benda angkasa luar yang jika titiktitik itu ditarik garis maka akan membentuk suatu gambar. Tentukan pasangan-pasangan titik dari posisi yang kamu buat.
Bentuk Benda
BendaNama BendaKoordinatBendaNama BendaKoordinat
A Saturnus(2,1)FMars(10,10)
B Jupiter(8,4)GJupiter(8,15)
C Bintang(14,1)HBintang(6,10)
D Pendorong Roket(11,6)IMars(0,8)
E Satelit(16,8)JSatelit(5,6)
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:45 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....