Home » » Jenis Jenis Sekerup Pengikat

Jenis Jenis Sekerup Pengikat

Sekerup Pengikat (Set Screw): serupa dengan baut tetapi berdrat penuh. Biasanya lebih dikenal dengan nama sekerup berkepala (cap screw). Perbedaan baut dan sekerup diantaranya adalah baut memiliki ulir tidak penuh dalam artian ulirnya tidak sampai pada kepala baut. Sedangkan sekrup ulirnya penuh hingga mencapai kepala sekrup tersebut. Perbedaan lainnya juga bisa diiliat dari kepala antara baut dan sekrup. Umumnya baut tidak menggunakan obeng melainkan kunci, sedangkan sekrup menggunakan driver berupa obeng.

1. Sekerup Pengikat (Set Screw)
Serupa dengan baut tetapi berdrat penuh. Biasanya lebih dikenal dengan nama sekerup berkepala (cap screw).

2. Stud (Baut tanam)
Stud tidak berkepala dan berdrat dari setiap ujungnya. Bisa terdiri dari drat yang berbeda pada masing-masing ujungnnya untuk menyesuaikan dengan kegunaan stud tersebut.

3. Baut Berkepala Bulat (Cup Head Bolt)
Baut berkepala bulat ini mempunyai sebagian dari tangkainya yang berbentuk persegi untuk menahan baut, yang dapat digunakan untuk mengikat lantai kayu dari bodi truk atau untuk besi bemper

4. Metal Thread
Sebuah sekerup berdrat penuh dengan diameter kecil yang dilengkapi dengan sebuah mur persegi atau heksagon. Kepalanya dapat berbentuk bulat atau ”kepala keju” dan mempunyai sebuah alur untuk obeng. Metal thread digunakan untuk meletakkan komponen yang ringan atau penopang (bracket) yang kecil.

5. Gutter Bolt
Berdrat penuh dan sering kali digalvaniskan (galvanised) dengan sebuah kepala berbentuk kubah dan sebuah alur untuk obeng. Digunakan dengan sebuah mur untuk mengikat bahan yang ringan dan logam lembaran

6. Grub Screw
Sebuah sekerup tanpa kepala yang mungkin dilengkapi dengan alur untuk obeng atau sebuah lekukan untuk Allen key. Digunakan jika sekerup harus terpasang dibawah permukaan yang terbenam.

7. Self Tapping Screw
Sekerup ini akan membentuk drat sendiri ke dalam logam yang tipis. Biasanya digunakan langsung kedalam logam lembaran atau mur logam lembaran khusus dipasangkan pada komponen tersebut. Semua bentuk kepala sekerup bisa digunakan dengan self tapping screws
Jenis Sekerup
8. Baut ”U”
Digunakan untuk menahan pegas daun (leaf springs) pada poros sumbu kendaraan, dan pada sistem pembuangan / knalpot (exhaust system)

9. Cotter Pin
Pin baja runcing ini mempunyai sebuah bagian yang rata pada salah satu sisinya dan sebuah bagian kecil yang berulir pada bagian ujungnya yang kecil. Bagian runcingnya yang rata digunakan untuk menahan komponen seperti king pin truk. Mur dan washer perlu dipasangkan pada cotter pin ini untuk menghindari adanya pergerakan.

10. Baut Baterai (Baterai Bolt)
Sebuah baut berkepala persegi, digalvaniskan dengan kuat, yang sering digunakan untuk mengencangkan terminal-terminal batere (accu) pada kutub (kepala) batere.

11. Taper Lock Stud
Menggunakan uliran khusus untuk menghasilkan sebuah drat yang beberapa ulir terakhirnya meruncing. Stud tersebut mempunyai uliran yang hampir sama runcingnya untuk membuat suatu interference fit pada saat stud tersebut dipasang. Stud ini digunakan pada aplikasi beban-beban berat pada peralatan yang bergerak.

12. Plow Bolt
Mempunyai kepala yang meruncing yang dapat masuk ke dalam lubang-lubang sekerup yang terbenam. Ketika dipasang, kepalanya terbenam dalam permukaan komponen tersebut. Baut-baut ini digunakan untuk memasang blade pada dozer dan grader yang membutuhkan hubungan dengan tanah, agar tanah yang didorong bisa berputar / bergulung dengan lancar pada bagian-bagian yang diikat
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:15 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....