Home » » Fakta Fakta tentang Menjelajah Angkasa Luar

Fakta Fakta tentang Menjelajah Angkasa Luar

Apa cita-cita kalian? Apakah kalian ingin menjadi astronaut? Apa yang akan kalian lakukan jika menjadi astronaut? Apa manfaat astronaut bagi manusia di Bumi? Salah satu profesi yang sangat menarik adalah Astronot. Antariksawan atau astronaut menjalani latihan dalam program penerbangan antariksa. Mereka memimpin, menerbangkan pesawat, atau menjadi awak pesawat antariksa. Para astronot sangat berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan tentang antariksa. Perhatikan cerita di bawah ini tentang astronot.

Penjelajah angkasa luar disebut astronaut. Astronaut harus pintar dan sehat, baik secara fisik maupun mental. Seleksinya pun sangat ketat.
Astronot
Astronaut akan dilatih dengan penuh disiplin untuk “hidup” di angkasa luar yang kondisinya sangat berbeda dengan di Bumi. Di luar angkasa, mereka tidak berjalan kaki atau berlari, tetapi melayang. Mengapa demikian? Karena di angkasa luar tidak ada gaya gravitasi.

Salah satu latihannya, yaitu calon astronaut akan diayun dan diputar di sebuah roda besar. Calon astronaut juga akan masuk ke dalam tabung yang lingkungannya hampir sama dengan di dalam pesawat angkasa luar. Menyelam juga merupakan salah satu latihannya.

Penjelajahan angkasa luar telah dimulai sejak lama. Sebelumnya, hal ini dianggap tidak mungkin. Namun demikian, rasa keingintahuan manusia semakin besar, dan akhirnya manusia dapat melakukan penjelajahan tersebut.

Untuk pertama kalinya ke angkasa luar dapat dicapai pada tahun 1957. Saat itu, Uni Soviet meluncurkan satelitnya yang pertama. Selanjutnya, negeri itu mengirimkan kosmonotnya yang bernama Yuri Gagarin pada tanggal 12 April 1961. Ia menjadi manusia pertama yang pergi ke angkasa luar dengan pesawat bernama Vostok 1. Selanjutnya, Bumi beberapa kali mengirimkan pesawatnya ke sana.

Tuliskan kembali cerita di atas dengan kata-katamu sendiri. Gunakan kalimat efektif dan menggunakan tanda baca dan huruf kapital yang benar. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut untuk membantumu menulis.
  1. Siapakah astronaut itu?
  2. Hal-hal apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang astronaut?
  3. Mengapa para astronaut perlu berlatih menyelam? Jelaskan.
  4. Apa saja yang kamu ketahui tentang penjelajahan angkasa luar yang pertama?
  5. Mengapa manusia ingin menjelajah angkasa luar?
Astronot penjelajah ruang angkasa. Untuk menjadi seorang astronot harus melalui seleksi yang ketat. Seorang astronot dilatih untuk hidup di angkasa luar yang kondisinya berbeda dengan di bumi. Di luar angkasa mereka berjalan melayang karena tidak ada gravitasi.

Salah satu latihan calon astronot adalah diayun, diputar pada roda besar serta masuk tabung yang hampir sama keadaannya dengan angkasa luar. Mereka juga berlatih menyelam.

Penjelajahan luar angkasa sudah dimulai sejak lama. Berkat keingintahuan manusia, sesuatu yang sebelumnya tidak mungkin terjadi akhirnya dapat dilakukan penjelajahan angkasa luar

Penjelajahan angkasa luar pertama kali dilakukan tahun 1961.Saat itu seorang kosmonot rusia bernama Yuri Gagarin menjadi manusia pertama yang menjelajah angkasa luar..

Bayangkan jika kamu menjadi seorang astronaut yang menjelajah angkasa luar. Kamu dapat melihat berbagai benda dan planet-planet dari dekat. Siapkan pesawatmu dan perangkat lainnya untuk menjelajahi dunia yang belum pernah kamu temukan sebelumnya.

Siap? Ayo kita berangkat. Kamu berada pada koordinat O (0,0). Setelah beberapa menit, pesawatmu kini telah berada pada posisi A (0,3). Selanjutnya, kamu akan berbelok ke kanan sebanyak 2 satuan dan ke atas sebanyak 4 satuan, yakni pada titik B. Dari titik B, pesawatmu akan bergerak 4 satuan ke kanan dan 1 satuan ke atas. Sekarang posisimu berada pada titik C.
Penjelajahanku
Sekarang gambarkan posisi-posisimu sejak ber angkat dari Bumi di titik O hingga titik C. Gunakan
bidang koordinat Kartesius. Lengkapi bidangnya dengan 10 garis horisontal dan 10 garis vertikal dengan ukuran yang tepat (misalnya jarak antargaris adalah 1 cm), nama-nama sumbu, dan titik-titik angka.

1. Apa yang dapat kamu contoh dari para astronaut tersebut?
Sikap patuh pada aturan, percaya diri dan disiplin ketika berlatih, serta rasa ingin tahu terhadap angkasa luar.

2. Bagaimana pengaruh keteraturan dan ketertiban terhadap usaha penjelajahan ini? Sangat berpengaruh, karena seorang astronaut harus disiplin ketika berlatih, harus mengikuti perintah dan aturan dalam penjelajahan)

3. Menurutmu, bagaimana sikapmu terhadap keteraturan dan ketertiban? Apakah kedua hal itu penting untuk kehidupan kita? Kapan saja kita membutuhkan keduanya? Keteraturan dan ketertiban harus tetap dijaga karena dengan keteraturan dan ketertiban masyarakat dapat berjalan harmonis.

Apakah kamu telah melaksanakan kewajiban menegakkan aturan dan menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat di sekitarmu? Apa saja contohnya? Sebutkan masing-masing 3 contoh seperti pada tabel berikut
No.KewajibanKegiatanPeriksa
1 Di lingkunag KeluargaMerapikan mainan ke dalam kotak
Membantu anggota keluarga yang lain
Menghormati anggota keluarga yang lebih tua
2 Di Lingkungan SekolahDatang tepat waktu
Belajar dengan tekun
Patuh pada aturan sekolah.
3Dilingkungan Masyarakat Tidak membunyikan radio terlalu keras
Menaati segala peraturan di lingkungan .masyarakat
Menjaga kemanan dan ketertiban
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:07 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.