Home » » Perbedaan Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank

Perbedaan Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank

Lembaga keuangan adalah suatu lembaga yang dalam operasi sehari-harinya menjalankan jasa di bidang keuangan, yaitu berupa perantara (intermediasi) dari pihak yang surplus dana kepada pihak yang defisit dana baik itu sektor rumah tangga, swasta, maupun pemerintah.

Secara umum, lembaga keuangan dapat dikelompokkan dalam dua bentuk, yaitu bank dan non bank. Mengingat kegiatan utama dari lembaga keuangan adalah menghimpun dasn menyalurkan dana, maka perbedaan antara bank dan lembaga keuangan non bank dapat dilihat melalui kegiatan utama tersebut. Perbedaan kedua bentuk lembaga keuangan tersebut dapat digambarakan dalam tabel berikut ini.
No.KEGIATANBankNON BANK
1.Penghimpunan Dana
  1. Secara langsung berupa simpanan dana masyarakat (tabungan, giro, dan deposito)
  2. Secara tidak langsung dari masyarakat (surat berharga, penyertaan, pinjaman/kredit dari lembaga lain)
Hanya secara tidak langsung dari masyarakat (terutama melalui kertas berharga, bisa juga dari penyertaan, pinjaman/kredit dari lembaga lain)
2.Penyaluran Dana
  1. Untuk tujuan modal investasi dan konsumsi
  2. Kepada badan usaha dan individu
  3. Untuk tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang
  1. Terutama untuk tujuan investasi
  2. Terutama kepada badan usaha
  3. Terutama untuk jangka menengah dan panjang

Lembaga keuangan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang keuangan hadir menawarkan solusi bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan dana. Lembaga keuangan membiayai permodalan suatu bidang usaha di samping usaha lain seperti menampung uang yang sementara waktu belum digunakan oleh pemiliknya. berikut ini beberapa lembaga keuangan sesuai dengan jenisnya serta penjelasan yang anda ketahui tentang lembaga keuangan tersebut
No.GambarNamaJenisDeskripsi
1.
Pegadaian
Perusahaan PegadaianKeuangan Bukan Bank (Lembaga Keuangan Pembiayaan/finance company)Lembaga keuangan ini menyediakan fasilitas pinjaman dengan jaminan tertentu. Jaminan nasabah tersebut digadaikan dan kemudian ditaksir oleh pihak pegadaian untuk menilai besarnya nilai jaminan.
2.
FIF
Federal International FinanceKeuangan Bukan Bank (Lembaga Keuangan Pembiayaan /finance company)PT Federal International Finance (FIF) adalah perusahaan pembiayaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Astra. Bisnis FIF awalnya difokuskan pada pembiayaan konvensional dan syariah untuk mendukung penjualan ritel sepeda motor Honda.
3.
BNI
Bank Negara IndonesiaLembaga Keuangan BankBank Negara Indonesia atau BNI adalah perusahaan BUMN, di Indonesia. Bank Negara Indonesia (BNI) adalah bank komersial tertua dalam sejarah Republik Indonesia. Bank ini didirikan pada tanggal 5 Juli tahun 1946.
4.
Mandiri
Bank MandiriLembaga Keuangan BankPada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), digabungkan ke dalam Bank Mandiri.
5.
Prudential
Asuransi PrudentialPerusahaan Asuransi Prudential Assurance Company Ltd, sekarang bagian dari Prudential Plc, merupakan perusahaan asuransi jiwa dominan selama beberapa tahun di UK.
6.
Perusahaan PegadaianKeuangan Bukan Bank (Lembaga Keuangan Pembiayaan /finance company)Koperasi yang menghimpun dana dari para anggotanya kemudian menyalurkan kembali dana tersebut kepada para anggota koperasi dan masyarakat umum. Artinya para anggota koperasi dan masyarakat umum.
7.
Bank Indonesia
Bank IndonesiaLembaga Keuangan BankBank Indonesia (BI) adalah bank sentral Republik Indonesia.Sebagai bank sentral, BI mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. 
8.
DanareksaKeuangan Bukan Bank (Lembaga Keuangan Pembiayaan /finance company)PT Danareksa adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang jasa keuangan.
9.
IDX
Indonesia Stock ExchangeKeuangan Bukan Bank (Lembaga Keuangan Pembiayaan /finance company)Bursa Efek Indonesia (disingkat BEI, atau Indonesia Stock Exchange (IDX)) merupakan bursa hasil penggabungan dari Bursa Efek Jakarta (BEJ) dengan Bursa Efek Surabaya (BES).
10.
Taspen
Tabungan Asuransi PensiunKeuangan Bukan Bank (Lembaga Keuangan Pembiayaan /finance company)Tabungan dan Asuransi Pensiun adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun Pegawai Negeri Sipil.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:29 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....