Home » » Pengenalan Aplikasi Javascript

Pengenalan Aplikasi Javascript

Javascript adalah bahasa yang berbentuk kumpulan skrip yang berjalan pada suatu dokumen HTML. Bahasa ini adalah bahasa pemrograman untuk memberikan kemampuan tambahan terhadap bahasa HTML dengan mengijinkan pengeksekusian perintah perintah di sisi user, yang artinya di sisi browser bukan di sisi server web.

Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Brendan Eich yang bekerja di Netscape pada tahun 1995. Giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrograman “Java” ) maka Netscape memberikan nama “Javascript” kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1995. 

Karena banyaknya perusahaan yang mengembangan, bahasa ini kemudian distandarkan dengan nama ECMAScript oleh Netscape melalui Organisasi Internasional ECMA. Saat ini standar ini telah mencapai rilis Edisi ke-5.1, yang dipublikasikan pada bulan Juni 2011. Setiap browser saat ini memiliki implementasi sendiri-sendiri untuk ECMAScript ini, diantaranya Internet Explorer dengan JScript, Opera dengan ECMAScript, dan Mozilla Firefox, Google Chrome termasuk juga Safari dengan nama Javascript.

Berikut ini beberapa perbandingan mendasar antara Java dan Javascript.
No.JavascriptJava
1.Bahasa yang dijalankan langsung oleh browserBahasa yang dijalankan oleh program eksternal (Java Virtual Machine) diintegrasikan ke dalam browser
2.Didefinisikan dengan tag <script> pada halaman HTMLDidefinisikan dengan tag <applet>
3.Kode program bersifat terbuka dan
dapat dibaca melalui browser
Kode program dapat bersifat tertutup
4.Tidak memerlukan proses kompilasi menjadi file lainnyaPerlu kompilasi untuk menghasilkan file .class

A. Penulisan Kode Javascript
Ada beberapa cara untuk menuliskan kode Javascript di dalam dokumen/halaman HTML, yakni menggunakan tag <script>, menggunakan file eksternal, dan melalui event tertentu.

1. Menggunakan tag <SCRIPT>
Kode javascript dalam HTML dituliskan dengan menggunakan tag <script> dengan format sebagai berikut :
<script languange=”javascript”>
......
</script>

Atribut language di dalam tag <SCRIPT> menunjukkan jenis bahasa yang digunakan dan versinya, contohnya “Javascript“, “Javascript1.1“,“Javascript1.2“ untuk bahasa Javascript atau bahasa lainnya, contohnya “VBScript“. Untuk menyesuaikan dengan kompatibilitas navigator, maka  perlu meletakkan kode-kode Javascript tersebut (berdasarkan versinya) kedalam beberapa tag <SCRIPT> dengan mencantumkan versi Javascriptnya.

2. Menggunakan File Eksternal
Menggunakan file eksternal adalah menuliskan kode program Javascript dalam suatu file teks dan kemudian file teks yang berisi kode Javascript di panggil dari dalam dokumen HTML (khusus Netscape mulai versi 3 keatas). Kode yang kita sisipkan kedalam dokumen HTML adalah sebagai berikut :
<script language=”javascript” src=”lokasi/file.js”></script>

3. Melalui Event Tertentu
Event adalah sebutan dari satu aksi yang dilakukan oleh user, contohnya seperti klik tombol mouse, 
Kodenya dapat di tulis sebagai berikut : <tag eventHandler="kode Javascript yang akan dimasukkan"> dimana eventHandler adalah nama dari event tersebut.

Dokumentasi Program
Penulisan komentar di Javascript, kita bisa menggunakan cara yang sama dengan aturan yang ada di bahasa C/C++ ataupun Java.
  1. Untuk menulis komentar dalam satu baris kita gunakan karakter garis miring ganda (//). Semua karakter dibelakang //  tidak akan di eksekusi
  2. Untuk menulis komentar yang terdiri dari beberapa baris kita gunakan karakter /* dan */. Semua baris dibelakang /*  tidak akan di eksekusi oleh kompilator */

Alat Bantu Pengembangan
Saat ini sudah banyak bermunculan varian browser, yang paling umum diantaranya Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Internet Explorer, Opera, dan Apple Safari. Hampir semuanya mendukung penggunaan Javascript. Untuk itu sebaiknya menginstal lebih dari satu browser untuk mengetahui apakah aplikasi web yang dibuat didukung oleh sebagian besar browser tersebut atau tidak.

Saat ini sudah banyak program editor web baik yang tekstual maupun grafis. Diantaranya yang gratis
ada Notepad2, Notepad++, Sublime Text, Aptana dan Expression Web 4 atau yang berbayar dengan Adobe Dreamweaver dan Visual Studio. Bagi pengguna Linux dapat menggunakan Gedit, Geany atau Sublime Text. 

Panduan Pengembangan di Windows
Agar dapat memaksimalkan penggunaan Notepad++ di Windows, dapat mengikuti panduan berikut ini :
  1. Pastikkan pada komputer telah terinstall aplikasi browser untuk melihat halaman web yang dihasilkan. Kalau belum bisa coba install browser Mozilla Firefox atau Google Chrome.
  2. Tentukan lokasi tempat semua file aplikasi web akan dikembangkan. Misal, di folder D:\PemrogramanWeb.
Opsi Folder
  1. Untuk Windows, pastikkan sistem menampilkan ekstensi file. Jika belum, lakukan langkah berikut: Untuk Windows 8 keatas: Buka Explorer, pilih menu View kemudian klik Options. Untuk Windows 7 kebawah: Buka Explorer, akses menu Tools dan pilih Folder Options. Pada window yang tampil pilih tab View, hapus centang pada opsi Hide extensions for known file types. Terakhir klik OK.
  2. Setiap kali akan mencoba/membuat program Javascript. Buat terlebih dahulu filenya pada lokasi yang sudah ditentukan diatas. Di Windows dapat dengan klik kanan, trus pilih menu New > Text Document dan ganti namanya sesuai program yang akan dibuat, misalnya: halojavascript.html.
  3. Buka file tersebut dengan Notepad++ dan ketikkan programnya.
  4. Setelah selesai membuat program, untuk melihat hasilnya klik menu Run > pilih salah satu menu misalnya Launch in Firefox untuk menjalankan file dalam browser Firefox.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:20 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....