Home » » Pencarian dan Penyelesaian Kesalahan Printer

Pencarian dan Penyelesaian Kesalahan Printer

Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Printer dihubungkan dengan komputer melalui USB, selain itu printer juga harus dihubungkan dengan arus listrik. Saat pertama kali disambungkan ke komputer, kita harus menginstall software driver printer agar printer itu dapat dikenali oleh komputer. 

Printer mempunyai fungsi sebagai alat untuk menghasilkan/menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa gambar atau tulisan dari komputer ke kertas atau sejenisnya. Ketajaman hasil cetakan printer diukur dengan satuan dpi atau dot per inch yaitu banyakknya titik dalam satu inci. Semakin tinggi dpi sebuah printer, maka semakin tajam hasil cetakannya. Printer biasanya ada beberapa bagian dan juga ada beberapa jenis. Secara garis besarnya jenis-jenis printer sebagai berikut :
  1. Dot Matrik, printer jenis ini menggunakan tinta jenis pita seperti yang terdapat pada mesin tik. Karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas, hasil percetakan printer dengan dot matrix agak kasar dan kurang bagus. Printer dot matrix dapat digunakan untuk mencetak dokumen tembusan, yang biasanya digunakan untuk membuat kwitansi, bon, dan dokumen keuangan lainnya.
  2. Inkjet, printer jenis ini menggunakan tinta cair atau liquid ink. Inkjet memiliki kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yg sangat besar dan dengan kualitas yang sangat baik. Jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.
  3. Laser printer, printer jenis menggunakan tinta serbuk atau powder ink seperti bubuk gliter yang ditempatkan dalam toner. Kerja printer laser mirip dengan mesin fotocopy, yaitu menggunakan photographic drum. Kualitas cetakan yang dihasilkan selain cepat juga cukup tajam.

Berikut ini contoh kerusakan yang bisa terjadi pada printer yang paling sering ditemui.
Kemungkinan PenyebabSolusi
Hasil Cetakan Bergaris
Hasil cetakan bergaris atau keluar namun warna pudar. Kemungkinan penyebabnya:
  1. Ada gelembung udara dalam cartridge (kemungkinan bisa disebabkan saat penyuntikan/pengisian ulang cartridge)
  2. Print head kemungkinan tersumbat oleh tinta yang kering (bisa disebabkan karena jarang dipergunakan)
  3. Print head rusak/tergores/posisi berubah karena kerusakan fisik salah dalam pemasangan cartridge
  4. Ada yang kehabisan tinta untuk warna tertentu atau semuanya
  5. Salah setting printer pada komputer
  1. Bersihkan dengan cara melakukan head cleaning selama 2-4 kali untuk mengeluarkan gelembung udara yang ada di dalam cartridge.
  2. Pasang kembali yakinkan secara benar catridenya, matikan dan hidupkan kembali untuk meyakinakan bahwa status cartridge telah berubah.
  3. Ganti cartridge yang lama/rusak
  4. Jaga benar jangan sampai membuka seal film bagian bawah walau keluaran bergaris atau tak keluar sama sekali
  5. Cek kembali yakinkan saat anda mencetak tidak dalam settingan kualitas cetakan draft atau super ekonomi
  6. Ganti print head lama atau yang rusak
Hasil Cetakan Tidak Keluar
Hasil cetakan tak keluar sama sekali. Kemungkinan penyebabnya:
  1. Banyak gelembung udara di dalam cartridge
  2. Printer rusak atau tertutup bagian print head-nya
  3. Label berwarna (kuning) tak dibuang
  1. Bersihkan dengan cara melakukan head cleaning selama 2-4 kali untuk mengeluarkan gelembung udara yang ada di dalam cartridge (baca manual printer sesuai dengan printernya)
  2. Kocok cartridge beberapa kali (3-4) sebelum memasangnya
  3. Buang label pengaman supaya udara bisa mengalir untuk mencetak secara normal
  4. Jaga benar jangan sampai membuka seal film bagian bawah walau keluaran bergaris atau tak keluar sama sekali
Printer Properties
Kartridge Tidak Dikenali
Printer tak mengenali cartridge yang baru dipasang. Kemungkinan penyebabnya:
  1. Cartridge tak terpasang dengan benar
  2. Menyentuh chip kecil pada cartridge dengan tangan atau juga chip tersebut kotor/basah (chip ini mudah rusak)
  3. Rusaknya sebagian jalur (rangkaian pada cartridge)
  1. Pasang kembali yakinkan secara benar catridenya, matikan dan hidupkan kembali untuk meyakinakan bahwa setatus cartridge telah berubah.
  2. Gunakan kain bersih dan kering untuk membersihkan chip bila chipnya memang kotor
  3. Cek jalur rangkaiannnya jika ada yang rusak
Katride Tidak Asli
Setelah dipasang cartridge baru ada peringatan bahwa cartridge yang terpasang tidak asli. Kemungkinan penyebabnya:

Hal ini bisa disebabkan karena sewaktu kita mengganti cartridge posisi printer dalam keadaan mati, sehingga memory printer masih tetap dalam keadaan sebelumnya “tinta habis
Pesan ini abaikan saja jika ada pertanyaan jawab aja “yes” atau lakukan sesuai permintaan, kasus ini tak mempengaruhi kualitas hasil cetakan dengan printer tersebut
Printer tidak dapat mencetak
Pada saat proses percetakan akan dilakukan,printer dalam keadaan ON, dan kertas telah terpasng dengan baik tetapi printer tidak mau bergerak dan proses percetakan dinyatakan gagal.
Untuk mengatasinya prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut.
  1. Pengetesan printer menggunakan print test page pada driver printer.
  2. Untuk melakukan hal tersebut dapat melalui starts>> setting>> printers. Kemudian klik kanan pada printer yang digunakan lalu pilih properties, dalam tab general, klik tombol print test page.
  3. Jika setelah tombol di tekan,printer bisa mencetak berarti tidak ada masalah pada printer.
  4. Jika tidak,berarti ada masalah pada printernya atau pada koneksi port printernya. Cobalah pada komputer lain,jika proses percetakan berhasil dilakukan berarti kerusakan bukan pada printernya tetapi pada port printer tersebut.
  5. Jika proses percetakan gagal berarti ada masalah pada printernya. Untuk mengatasinya coba cek kembali printer mulai dari cartridge sampai koneksi kabel-kabelnya.
Printer gagal menarik kertas
Ketika mencetak menggunakan printer injek, printer tersebut tiba-tiba mengalami gangguan yaitu tidak bisa menarik kertas sehingga proses percetakan gagal.
Permasalan tersebut sering terjadi pada printer jenis injek. Umumnya dikarenakan roda penggerak yang sudah mulai licin karena waktu pemakaian yang sudah cukup lama. Bila demikian halnya,lakukan pengamplasan sendiri dengan hati-hati pada bagian roda penariknya.

Bersihkan juga roda penggerak dari kotoran yang ada.kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah karena tinta yang hampir habis. Terkadang bila tempat tinta sudah kosong,maka printer tidak akan dapat mencetak dan jika di berikan perintah percetakn akan terdengar bunyi beep yang berulang-ulang
Kertas pada printer macet
Ketika sedang mencetak,kertas tersangkut di dalam printer. Hal itu sering terjadi dan meskipun proses cetak berhasil,tetapi kertas hasil cetakan menjadi kotor.

Kertas macet pada printer yang biasanya disebut dengan paper jam dapat terjadi karena tumpukan kertas yang terlalu tebal pada paper try printer. Atau jenis kertas yang mudah menempel satu dengan lainnya. Dan jugabisa disebabkan karena toller pada printer yang sudah aus.
Untuk mencegah terjadinya paper jam,dapat dilakukan dengan menbatasi tebal tumpukan kertas sesuai dengan kapasitas yang didukung oleh printer.Sebelum dipasang pada paper try, ada baiknya kertas dikibas-kibaskan terlebih dahulu agar kertas tidak saling menempel. Dan hindarkan dari debu dan sering dibersihkan.Jika paper jam sudah terjadi pada printer, maka yang harus di lakukan adalah menekan tuas yang tersedia untuk menetralkan roller yang menjepit kertas,kemudian secara perlahan tarik kertas yang menyangkut pada printer. Selanjutnya, kembalikan tuas tersebut ke posisi semula.Untuk menemukan tuas tesebut lihatlah pada buku manual printer.
Hasil pencetakan tidak bagus.
Masalah lain yang sering muncul adalah hasil pencetakan yang kurang bagus atau terlihat putus-putus.Ini di sebabkan antara lain karena memang mungkin tinta sudah habis, ataupun cartridge-nya memang kotor.
Untuk memastikan, lepas cartridge dengan hati-hati untuk mengecek apakah tinta sudah habis atau belum. Setelah itu lakukan pembersihan pada mat head-nya dengan menggunakan cairan pembersih.

Caranya dengan membasahi tisu pembersih dengan cairan pembersih tersebut,dan letakan mat head cartridge pada tisu tersebut. Dalam melakukan hal tersebut,dibutuhkan kehati-hatian yang sangat tinggi, karena jika tidak akan bisa berakibat fatal yaitu rusaknya cartridge.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:40 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....