Home » » Menggunakan User Accounts and Family Safety

Menggunakan User Accounts and Family Safety

Terkadang, pada sebuah komputer kita memiliki lebih dari satu user account, satu user untuk kita gunakan sendiri, dan user lain untuk dipakai orang lain di keluarga kita. Pada Windows 8, terdapat fitur Family Safety. Fitur ini memungkinkan kita untuk memberikan pembatasan akses pada user lain yang ada di komputer kita, contohnya adalah untuk membatasi waktu login user. Sebenarnya pada Windows 7 juga terdapat fitur seperti ini, yaitu Parental Control, namun pada Windows 8, namanya berubah menjadi Family Safety, tentu saja dengan beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh Parental Control.

Kita bisa mengakses Family Safety dari Control Panel, atau bisa juga dengan menekan tombol Windows + W (tombol windows dan huruf w pada keyboard), kemudian ketik family, pada setting result klik Family Safety. Tools ini berisi semua alat yang akan digunakan untuk mengubah pengaturan account pengguna dan password, pengaturan kenyamanan orangtua, mengelola identitas. Tools ini terdiri dari beberapa kategorinya adalah:

1. User Accounts
User Accounts, digunkan untuk menambah atau menghapus akun, mengganti gambar akun, mengganti password akun.

2. Credential Manager. 
Tools ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan identitasnya, seperti nama pengguna dan password yang digunakan untuk log on ke situs web atau komputer lain pada jaringan. Dengan menyimpan mandat pengguna Windows secara otomatis dapat log on ke situs web pengguna atau komputer lain. Kredensial disimpan dalam folder khusus di komputer disebut kubah (vault). Windows dan program (seperti web browser) secara aman dapat memberikan mandat dalam kubah ke komputer lain dan website.

3. Family Safety
Family Safety. Tool ini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan Parental Controls pada windows 7 yaitu untuk mengatur akun user untuk menjalankan program tertentu. Di fitur ini administrator atau orang tua dapat melakukan berbagai penerapan keamanan agar buah hati terhindar dari situs-situs yang berbahaya dan juga mencegah anak bermain terlalu lama dengan komputer. Para orang tua juga dapat memblokir aplikasi dan permainan, membatasi waktu penggunaan komputer dan merekam setiap aktifitas anak selama menggunakan komputer.

Jika anak Anda menggunakan komputer, pertimbangkan untuk mengatur kontrol Family Safety pada akun mereka. Kontrol ini memungkinkan Anda mengatur setting yang berbeda untuk setiap anak. Misalnya, Anda mungkin ingin membatasi waktu online untuk anak remaja Anda, atau membatasi anak yang lebih kecil agar tidak bisa menggunakan program tertentu di komputer Anda.

Mengaktifkan Family Safety:
  1. Pada Desktop, klik-kanan pada tombol Start. Klik Control Panel.
  2. Klik Set Up Family Safety For Any User.
  3. Jika diperlukan, klik Accounts dan ikuti wizard untuk membuat akun anak.
  4. Pada PC Settings, di tab Other Accounts dari Accounts, klik Add An Account.
  5. Klik Add A Child’s Account.
  6. Pilih apakah akan membuat akun anak dengan atau tanpa email, atau membuat email baru.
  7. Ikuti langkah yang diminta selanjutnya tergantung dengan apa yang Anda pilih pada langkah, lalu buat username dan password.

Langkah Mengaktifkan Family Safety


Tools User Accounts and Family Safety berisi semua alat-alat yang akan digunakan untuk mengubah pengaturan account pengguna dan password, pengaturan kenyamanan orangtua, mengelola identitas.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:06 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....