Home » » Makna Lagu Sarinande dari Maluku

Makna Lagu Sarinande dari Maluku

Indonesia adalah negara yang kaya budaya.Karena keanekaragaman tersebut Indonesia menjadi daya tarik bangsa lain dari belahan dunia untuk mengetahuinya bahkan tidak sedikit mereka juga mempelajarinya karena selain beraneka ragam budaya Indonesia dikenal sangat unik.Budaya juga merupakan identitas bangsa yang harus dihormati dan dijaga serta perlu dilestarikan agar kebudayaan kita tidak hilang dan bisa menjadi warisan anak cucu.

Kewajiban mempelajari budaya menjadi tanggungjawab para generasi muda dan juga perlu dukungan dari berbagai pihak, karena ketahanan budaya merupakan salah satu Identitas suatu negara. Kebanggaan bangsa indonesia akan budaya yang beraneka ragam sekaligus mengundang tantangan bagi seluruh rakyat untuk mempertahankan budaya lokal agar tidak hilang ataupun dicuri oleh bangsa lain.

Melihat kenyataan bahwa para generasi muda bangsa Indonesia saat ini lebih memilih kebudayaan asing yang mereka anggap lebih menarik ataupun lebih unik dan praktis, kebudayaan lokal banyak yang luntur akibat tidak ada generasi penerus yang akan mewarisinya.

Perlunya menumbuhkan kesadaran akan pentingnya budaya yang mana kebudayaan Indonesia adalah budaya-budaya lokal adalah kewajiban setiap lapisan masyarakat, dimana peran setiap mereka yang terus berusaha untuk mewarisi kekuatan budaya lokal akan menjadi kekuatan budaya itu untuk tetap ada.

Sudah banyak contoh bahwa budaya kita banyak yang dicuri karena ketidakpedulian para generasi penerus, dan ini merupakan pelajaran berharga karena Kebudayaan Bangsa Indonesia adalah harta yang mempunyai nilai yang cukup tinggi di mata masyarakat dunia. Dengan melestarikan budaya lokal kita bisa menjaga budaya bangsa dari pengaruh budaya asing, dan menjaga agar budaya kita tidak diakui oleh Negara lain.

Sebagai pelajar, kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan lewat penghargaan terhadap budaya tersebut. Mengapresiasi salah satu lagu daerah, seperti lagu Sarinande, merupakan salah satu bentuk menjaga persatuan dan kesatuan.

Makna Lagu Sarinande
Lagu Sarinande berasal dari daerah Maluku. Lagu tersebut menceritakan tradisi Maluku, yaitu menguji gadis-gadis dalam keterampilan di bidang kewanitaan sebelum memasuki jenjang pernikahan. Zaman dulu para gadis juga diuji keterampilan memasaknya. Meniup api di depan tungku memerlukan kesabaran dan sikap rendah hati.

Dalam lagu, Sarinande adalah seorang gadis yang beranjak dewasa. Ibunya melihat Sarinande bengkak matanya, menandakan bahwa ia belum bisa meniup api di tungku. Esok ia dapat mencobanya lagi.

Berikut ini Lirik lagu Sarinande :
Sarinande, putri Sarinande
Mengapa tangis matamu bangka

Aduh mama, aduh la papa
La asap api masuk dimata
Aduh mama, aduh la papa
La asap api masuk dimata

B. Not Angka Lagu Sarinande
Not Angka lagu Sarinande
Ada berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya, diantaranya yaitu: Pertama, Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya budaya sebagai jati diri bangsa. Kedua, Ikut melestarikan budaya dengan cara berpartisipasi dalam pelaksanaannya. Ketiga, Mempelajarinya dan Keempat, Mensosialisasikan kepada orang lain sehingga mereka tertarik untuk ikut menjaga atau melestarikannya
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:11 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....