Home » » Jenis Jenis Sistem Operasi

Jenis Jenis Sistem Operasi

Sistem operasi (Operation System) adalah perangkat lunak (software) yang mengatur semua sumber daya dalam komputer. Sistem operasi dapat juga didefenisikan sebagai kumpulan dari beberapa perintah atau instruksi dari program pengendalian komputer yang sudah dibuat oleh pabrik komputer. Tanpa sistem operasi, kinerja komputer tidak akan dapat mengerjakan tugas yang diberikan dengan lancar. Sistem operasi terdiri atas perangkat lunak yang berfungsi untuk mengendalikan sistem komputer.

Secara garis besar, tugas sistem operasi yaitu sebagai penghubung antara pengguna dan program aplikasi. Sistem operasi juga bertugas sebagai penghubung antara pengguna komputer dan program-program yang ada dalam komputer. Sistem operasi juga sebagai tempat meletakkan program aplikasi. Sistem operasi juga berperan sebagai tempat “menanamkan” program aplikasi, serta mengatur sistem kerja dalam komputer.

A. Jenis Sistem Operasi
Sistem operasi yang digunakan untuk sistem komputer umum termasuk komputer personal terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu:

1. Keluarga Microsoft Windows
Sistem operasi windows merupakan sistem operasi yang mempunyai tampilan grafis. Windows dikeluarkan oleh  Microsoft Corporationsebuah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk PC karena sistem operasi windows mudah untuk digunakan dan dikenal user friendy.
Perkembanngan Windows
Sistem operasi windows meliputi antara lain ialah Windows Desktop Environment berbasis MS-DOS (versi 1.x hingga versi 3.x), berbasis GUI Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME). Sistem operasi berbasis Windows NT seperti Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, windows server 2008, windows server 2008 R2, Windows Home Server Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012 dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014. Keluarga Windows CE seperti windows CE 1.0-CE 6.0 dan Windows Mobile.

2. Sistem Operasi Keluarga Unix
Sistem operasi unix banyak digunakan pada komputer besar seperti supercomputer atau mainframe. Superkomputer adalah komputer yang digunakan pada perusahaanbesar.Superkomputer dapat melakukan pengelolaan data dengan jumlah yang sangat besar karena dilengkapi processor yang sangat cepat dan memori yang sangat  besar,

Sistem operasi keluarga unik menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, debian, red hat, SUSE, Ubuntu, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.). MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd. Sistem operasi keluarga unix lainnya seperti AIX, Amiga OS, DragonFly BSD, Free BSD, GNU, HP-UX, IRIX,Linux, LynxOS, MINIX, NetBSD, OpenBSD, OS X, Plan 9, QNX, Research UNIX, SCO OpenServer, Solaris, UNIX System V, Tru64 UNIX, UnixWare.

3. Keluarga Mac OS
Mac OS adalah system operasi (Operating System) yang biasa digunakan pada prangkat computer dengan brand Apple. Pada generasi pertama perakitan Apple, Mac OS sudah dirancang dan dilengkapi dengan perangkat GUI yang sangat menarik dan simple. Mac OS itu sendiri berjalan pada system UNIX yang pada sifat dasarnya lebih mudah dari pada system bios MS-DOS dan proses penyortiran running program yang lebih baik dari pada DOS. 

Sistem operasi keluaraga Mac OS  antara lain ialah Public Beta (Kodiak), Mac OS X 10.0 (Cheetah), Mac OS X 10.1 (Puma), Mac OS X 10.2 (Jaguar), Mac OS X 10.3 (Panther), Mac OS X 10.4 (Tiger), Mac OS X 10.5 (Leopard), Mac OS X 10.6 (Snow Leopard), Mac OS X 10.7 (Lion), Mac OS X 10.8 (Mountain Lion). Berbasis Server : OpenStep, Raphsody, Mac OS X Server 1.0, berbasis Mobile: iOS. Awal tahun 2007 dikeluarkan versi 10.5 (Leopard). Tahun 2011 diluncurkan versi 10.7 (lion). Sistem tersebut menggunakan interface TEXT (DOS, POSIX, LINUX), dan GUI (Graphical User Interface) seperti MS Windows dan LINUX (berbasis TEXT dan berbasis GUI).

B. Perkembangan Sistem Operasi Windows
Microsoft Windows adalah Sistem Operasi yang menggunakan antar muka berbasis grafis atau dikenal dengan nama GUI (Graphical User Interface).
No.Sistem OperasiKeterangan
1.MS-DosMicrosoft Disk Operating System adalah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter. Windows Versi pertama, Windows Graphic Environmnet 1.0 merupakan perangkat lunak yang bekerja atas arsitekstur 16-Bit dan bukan merupakan Sistem Operasi dan berjalan atas MS-DOS. MS-DOS dibuat oleh Seattle Computer Products kemudian dibeli lisensinya oleh Microsoft. MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981 dan dihentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000.
2.Microsoft Windows (windows 1.x – windows 3.x)Microsoft Windows 1.0 berbasis Graphical User Interface (GUI) yang diluncurkan pertama kali pada tanggal 10 November 1983, tapi tidak pernah keluar ke pasar publik sebelum bulan November 1985, karena banyaknya hambatan yang terjadi ketika pengembangan berlangsung.

Microsoft Windows 2.0 dirilis pada 9 Desember 1987. Sistem ini diluncurkan untuk melengkapi kekurangan ragam aplikasi pada Windows 1.0.

Windows 3.0 memiliki kemampuan dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan juga icon. Microsoft menyediakan SDK (Software Development Kit) sehingga para developer piranti lunak dapat mengembangkan aplikasi agar mampu berjalan di Windows 3.0 ini.

Sistem Windows 3.0 berevolusi menjadi Windows 3.1 yang mengenalkan fitur Multimedia dan True Type Font. Windows versi 3.0 ini berkembang menjadi Windows 3.11 yang mendukung aplikasi NetWorking.
3.Windows 95 – windows MEWindows 95 diperkenalkan tanggal 14 Agustus 1995. Sistem ini memiliki GUI yang lebih menarik dan atraktif, menggunakan rancangan menu "Start", menu inovatif untuk mengakses grup program (pengganti Program Manager) mendukung penamaan berkas yang panjang.

Windows 95 juga mendukung Plug and Play untuk mendeteksi instalasi perangkat keras dan konfigurasi secara otomatis, memiliki beberapa fasilitas seperti : Browser yang terintegrasi dan Windows Explorer untuk menjelajah Windows. Selain itu juga Windows 95 memiliki fitur untuk memanajemen daya (APM) dan diperkenalkannya juga Client-Server.
4.Windows 98Windows 98 dikeluarkan 25 Juni 1998. Windows 98 sudah mendukung VGA berbasis AGP, serta mendukung media penyimpanan ringkas seperti USB, diperkenalkannya NAT untuk berbagi koneksi Internet dan digantikannya Virtual Device Driver dengan Windows Driver Model.

Windows 98SE menambahkan dukungan pada Internet Explorer 5, NAT untuk berbagi koneksi Internet, Digital Versatile Disk (DVD), Windows Driver Model (WDM) yang menggantikan model Virtual Device Driver (VxD) serta Windows NetMeeting 3.

Windows ME diluncurkan pada tanggal 14 September 2000. Dalam sistem operasi ini tidak ada fitur yang spesial selain transisi dukungan grafis dari 16-Bit ke 32-Bit dan sistem ini banyak dipakai oleh pengguna pribadi.
5.Windows NT 3.xx – 4.xxWindows NT sebagai pengganti windows ME mendukung arsitekrtur x86 (80×86), Intel IA64 dan AMD64 (x64) dan grafis 32-Bit. Windows NT dibangun dari pengembangan IBM OS/2 dan banyak digunakan dalam jaringan komputer. Windows NT juga memperkenalkan File System NTFS yang lebih baik dari FAT maupun FAT-32.

Windows NT 3.1 dirilis untuk komputer Intel x86, DEC Alpha, dan beberapa platform yang mendukung ARC (Advanced RISC Computing) MIPS. Sedangkan Windows 3.51 diluncurkan untuk mendukung komputer IBM PowerPC khususnya untuk sistem PReP seperti desktop atau laptop IBM Power Series dan seri Motorola PowerStack.

Windows NT 4.0 diluncurkan untuk mendukung banyak platform, akan tetapi microsoft hanya membuat service pack dan update untuk dua varian (x86 dan DEC Alpha). Selain ke dua varian tersebut service pack dan update dibuat oleh pihak ketiga (Motorola, Intergraph, dan lain-lain).
6.Windows 2000Windows 2000 (atau Windows NT 5.0 build 2159) adalah sistem operasi Windows yang merupakan versi pengembangan dari Windows NT versi 4.0 yang di dikeluarkan 17 Februari 2000. Windows 2000 mempunyai banyak fitur tambahan diantaranya : 1) Active Directory yang baru, 2) Image Preview, 3) Plug and Play dan Windows Driver Model. 4) Browser Explorer yang baru, yaitu Internet Explorer 5.0. 5). 6) Windows Media Player 6.4 terintegrasi
7.Windows XPWindows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, Windows XP tersedia dalam berbagai macam edisi, antara lain ialah :
  1. Windows XP Home Edition ditargetkan untuk pengguna pribadi
  2. Windows XP Professional menawarkan fitur tambahan seperti dukungan untuk domain Windows Server.
  3. Windows XP Media Center Edition menawarkan kemampuan untuk merekam dan menonton acara TV, melihat film DVD, dan mendengarkan musik.
  4. Windows XP Tablet PC Edition didesain khusus untuk platform PC Tablet.
  5. Windows XP profesional 64-bit Edition untuk prosesor berarsitektur IA-64 (Itanium)
  6. Windows XP Professional x64 Edition untuk prosesor berarsitektur x86-64.
  7. Windows XP Starter Edition yang dijual di beberapa negara berkembang.
  8. Windows XP Embedded, sebuah versi Windows XP Professional yang dikurangi segala fiturnya di sana sini untuk pasar tertentu
8.Windows server 2003Fitur windows server 2003 edisi standar antara lain ialah platform .Net, fiitur Domain Controller Server, PKI (Public Key Infrastructure) Server, Domain Name System (DNS), Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Windows Internet Name Service (WINS), Microsoft IIS, Windows Terminal Services, Mendukung pembagian beban jaringan Fitur standar sebuah server: file service, print service, atau application server yang dapat diinstalasi (seperti Microsoft Exchange Server, SQL Server, atau aplikasi lainnya).

Windows Server 2003 terdiri atas beberapa edisi atau produk yang berbeda, yakni sebagai berikut:
  1. Windows Server 2003 Enterprise
  2. Windows Server 2003 Datacenter
  3. Windows Server 2003 Web Edition.
  4. Windows Small Business Server 2003 (Windows SBS)
  5. Windows Storage Server 2003.
  6. Windows Server 2003 Standard Edition.
9.Windows VistaWindows Vista diluncurkan 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2007 untuk pengguna pribadi.Fitur-fiturnya antara lain AERO, Sidebar, tingkat keamanan lebih baik dari pada Windows XP. Windows Vista menggunakan Firewall with Advanced Security, Windows Defender, Parental Control, User Account Control (UAC), BitLocker Drive Encryption, ASLR. Windows Vista menggunakan IPv6, DirectX versi terbaru, dan arsitekstur 64-Bit. Windows vista mempunyai beberapa versi: yaitu:
  1. Windows Vista Starter.
  2. Windows Vista Home Basic.
  3. Windows Vista Home Premium
  4. Windows Vista Business.
  5. Windows Vista Enterprise.
  6. Windows Vista Ultimate
10.Windows 7Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009.Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows VistaWindows 7 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar (Superbar), penggunaan sistem jaringan pribadi bernama HomeGroup. Windows 7 memiliki 6 versi yang sama dengan Windows Vista.
  1. Windows 7 Ultimate
  2. Windows 7 Professional
  3. Windows 7 Enterprise
  4. Windows 7 Home Premium
  5. Windows 7 Home Basic
  6. Windows 7 Starter
11.Windows 8Microsoft secara resmi merilis Windows 8 pada 26 Oktober 2012. Microsoft merilis versi Uji Coba dari Windows 8.1 (sebelumnya dikenal sebagai Windows Blue), Sistem operasi ini diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media.Windows 8 mempunyai beberapa edisi atau versi antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Windows 8, setara dengan Windows 7 Starter, Home Basic, Home Premium.
  2. Windows 8 Pro, setara dengan Windows 7 Professional.
  3. Windows 8 Enterprise, setara dengan Windows 7 Enterprise dan Ultimate.
  4. Windows 8 RT, versi Windows khusus untuk perangkat berprosesor ARM.
  5. Windows 8.1
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:37 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....