Home » » Jenis Jenis Program Aplikasi

Jenis Jenis Program Aplikasi

Program aplikasi pada komputer merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Dalam sebuah komputer aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhannya masing-masing.

Program Aplikasi merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti pengolah kata,angka,data,adi video ataupun gambar. Umumnya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer /perusahaan komputer sesuai dengan permintaan/kebutuhan seseorang/lembaga/perusahaan guna keperluan interennya. Berikut ini adalah Program aplikasi yang dapat dibedakan lagi beberapa macam:

1. Word Processing
Word Processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Contoh : Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.
  • Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word.
  • Lotus Word Pro merupakan aplikasi pengolah kata yang dikeluarkan IBM. Lotus Word Pro dikeluarkan lotus bersama-sama aplikasi office lainnya yang dikenal dengan nama Lotus SmartSuite. Lotus Word Pro dilengkapi kemampuan untuk mempertukarkan file dokumen dengan Microsoft Word. Ini berarti , file dokumen yang dibuat di Word dapat dibuka dan diedit di Lotus Word Pro , demikian juga sebaliknya. Lotus Word Pro juga dapat membuka file-file Word Perfect dan beberapa aplikasi pengolah kata yang lain.
  • LyX merupakan program aplikasi pengolah kata yang dijalankan di sistem operasi Linux, Unix, OS/2, dan juga Windows. LyX dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup banyak. LyX mempunyai tampilan GUI yang sederhana dan tersedia dalam berbagai bahasa. LyX mempunyai kemampuan untuk mengelola tabel, gambar, hyperlink, referensi silang, dan juga editor untuk penulisan rumus. Namun, berbeda dengan aplikasi pengolah kata yang lain, penekanan tombol Spacebar secara berulang tidak akan menghasilkan apa-apa. LyX sudah diatur menjadi pengolah kata yang cerdas dan dapat mengatur jarak spasi antar kata secara otomatis. Dari segi kemudahan penggunaan LyX dapat digunakan menggunakan aplikasi pengolah kata yang lain, seperti Microsoft Word atau WordPerfect.
  • AmiPro merupakan aplikasi pengolah kata yang dirilis pada akhir tahun 1980-an sebagai pendahulunya untuk Ami. Ini adalah aplikasi pertama dengan fitur lengkap pengolah kata yang dirancang dapat beroprasi pada sistem operasi windows. Lotus Word Pro adalah perangkat lunak pengolah kata yang diproduksi oleh IBM Lotus grup Software untuk digunakan pada Microsoft Windows yang kompatibel dengan komputer dan di komputer IBM OS / 2 Warp.
  • Notepad adalah sebuah aplikasi pengolah kata dasar yang dapat digunakan untuk membuat dokumen sederhana. Salah satu kegunaan utama dari Notepad adalah untuk melihat atau mengedit dokumen teks (.txt). Namun demikian, banyak pihak juga melihat Notepad adalah sebuah aplikasi sederhana yang dapat digunakan untuk membuat halaman web yang sudah ada sejak Windows 1.0 di tahun 1985 yang ada di setiap system windows baik xp, vista, seven dan sebagainya

2. Desktop Publishing
Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura Publisher, Adobe Page Maker, Microsoft Publisher.
  • Adobe PageMaker merupakan salah satu program desktop publishing yang  diperkenalkan pada tahun 1985 oleh AldusCorporation, PageMaker bergantung pada bahasa halaman PostScript Adobe Systems 'deskripsi, dan pada tahun 1994 Adobe Systems mengakuisisi Aldus dan Page Maker.
  • Ventura Publisher adalah desktop pertama untuk komputer IBM PC yang kompatibel menjalankan ekstensi GEM ke sistem operasi DOS. Versi pertama dari Ventura Publisher dirilis pada tahun 1986. Versi 4.0 dirilis pada tahun 1991. Versi terakhir yang dirilis oleh Ventura Software Inc 4.1.1 pada tahun 1993.
  • Microsoft Publisher adalah salah satu program aplikasi microsoft office yang digunakan untuk kegiatan desktop publishing. Hasil dari Desktop Publishing contohnya koran, katalog, brosur, majalah, kartu ucapan, poster, mading, kalender dan lain lain.

3. Program Speadsheet
Merupakan program yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv.
  1. Microsoft Excel adalah sebuah program dari Microsoft Office yang mempunyai fungsi pengolah data berupa perhitungan atau grafik. Program ini memungkinkan penggunanya untuk membuat lembar kerja spreadsheet dengan berbagai fitur kalkulasi akurat dan mudah dioperasikan.
  2. Lotus Improv adalah sebuah spreadsheet program dari Lotus Development yang mencoba mendefinisikan kembali cara spreadsheet harus bekerja. Konsep inti dari apa yang kemudian menjadi Improv adalah untuk memisahkan konsep data, dilihat dari data, dan rumus menjadi tiga bagian terpisah. 

4. Database Management System
Salah satu kegunaan komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.
  • Paradoks adalah sistem manajemen database relasional saat ini diterbitkan oleh Corel Corporation. Awalnya dirilis untuk DOS oleh Ansa Software, tapi versi Windows dirilis oleh Borland pada tahun 1992.
  • Microsoft Visual FoxPro adalah bahasa pemrograman berbasiskan prosedur yang pertama kali dikembangkan oleh Fox Technologies pada awal 1984. Program ini dikembangkan untuk menyaingi dBase II. Dalam perkembangannya FoxPro tetap mempertahankan kemampuan pemrograman prosedural dan dilengkapi dengan pemrograman berorientasi objek. FoxPro pertama kali dikembangkan berbasis text dan dapat dijalankan pada MS-DOS, Windows, Mac OS, dan UNIX. Versi terakhir dari FoxPro adalah versi 9.0 dan Service Pack untuk versi 9.0 akan dirilis pada tahun 2007.
  • Microsoft Access adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
  • Lotus Approach adalah aplikasi database  relasional  yang dirancang untuk mengelola, menganalisa dan melaporkan informasi bisnis.  Lotus Approach memungkinkan pengguna dapat terhubung ke semua data, apakah itu disimpan dalam dBASE, DB2, Oracle, Lotus Notes atau lainnya.

5. Graphics
Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar dikomputer mudah diubah dan diolah. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, MS Visio.
  • CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terbarunya, CorelDRAW X5 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Windows 2000 dan seterusnya.
  • Microsoft Visio (atau sering disebut Visio) adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram alir (flowchart), brainstorm, dan skema jaringan yang dirilis oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram-diagramnya.

6. Program Akuntasi
Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi. Contoh : DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting.
  • DacEasy Accounting adalah adalah satu software komputer untuk akuntansi yang di produksi oleh Sage Software, Inc. Dac Easy accounting merupakan serangkaian modul yang terintegrasi guna mengolah data akuntansi sehingga menghasilkan laporan keuangan.
  • Pacioli 2000 dikembangkan oleh Jose M. Hurtado, seorang akuntam Meksiko, programmer dan pengusaha yang sebelumnya menulis program Akuntansi DAC-Easy Accounting.
  • Peachtree Accouting merupakan software akuntansi yang dikembangkan di Amerika. Program ini cukup komplit featurnya dibanding pesaing-pesaing di kelasnya.
Aplikasi DAC Easy
7. Program Statistik
Program statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contoh : SAS, SPSS, Stata.
  • SAS adalah paket perangkat lunak yang dikembangkan oleh SAS Institute for analisis pengembangan, intelijen bisnis, manajemen data, dan analisis prediktif. SAS dikembangkan di North Carolina State University dari tahun 1966 hingga tahun 1976, ketika SAS Institute didirikan. SAS dikembangkan lebih lanjut di tahun 1980 dan 1990 dengan penambahan prosedur statistik baru, komponen tambahan dan pengenalan JMP. Sebuah antarmuka point-and-click telah ditambahkan di versi 9 pada tahun 2004. Sebuah produk analisis media sosial telah ditambahkan di tahun 2010. 
  • SPSS adalah sebuah program aplikasi yang memiliki kemampuan analisis statistik cukup tinggi serta sistem manajemen data pada lingkungan grafis dengan menggunakan menu-menu deskriptif dan kotak-kotak dialog yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami cara pengoperasiannya. Beberapa aktivitas dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan pointing dan clicking mouse.
  • STATA adalah singkatan dari Statistika dan Data yaitu program komputer yang digunakan untuk analisa statistika dan dibuat oleh StataCorp tahun 1985. Dirancang untuk keperluan ekonomi, sosiologi dan epidemiologi dengan berbagai fitur manajemen data, analisis statistika, grafik, simulasi dan pemograman.

8. Communication
Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk ,Yahoo messenger, Skype.
  • Yahoo! Messenger (sering disingkat "Y! M" atau "YM") merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!.
  • Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia.

9. Multimedia
Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. Contoh : Windows Movie Maker.
  • Windows Movie Maker adalah program atau software pengolah video yang bawaan dari windows XP. Movie Maker terinstall sewaktu Anda menginstall windows xp secara otomatis. Meskipun program bawaan dan bukannya program yang berdiri sendiri, Movie Maker mampu menjadi program video editing yang handal.
  • Ulead Video Studio adalah program aplikasi komputer yang digunakan untuk keperluan editing video. Program ini dirancang untuk dapat digunakan pada komputer dengan Sistem Operasi Windows XP, maupun 7 dan Vista.
  • Adobe After Effects adalah salah satu software compositing yang populer dan telah digunakan secara luas dalam pembuatan video, multimedia, film dan web. After Effects terutama dipakai dalam penambahan efek khusus seperti efek petir, hujan, salju, ledakan bom, dan efek khusus lainnya

10. Game
Game merupakan program untuk permainan. Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia,Chess titans

11. Web Broser
Web browser/penjelajah web, adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di internet. Sebuah sumber informasi diidentifi Mozilla Firefox kasi dengan Pengidentifikasi Sumber Seragam (Bahasa Inggris: Uniform Resource Identifier (URI)) yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya. Contoh: Mozilla Firefox,Google Rome,Safari,Opera

12. Antivirus
Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG,Avira Antivirus

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:19 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....