Home » » Jenis Jenis Peripheral Komputer

Jenis Jenis Peripheral Komputer

Peripheral komputer adalah berbagai komponen yang terhubung ke CPU (Central Processing Unit) yang berfungsi sebagai perangkat Input dan Output data kedalam dan keluar CPU yang selanjutnya diproses oleh sistem komputer untuk mengolah data Input yang di-Input oleh periferal Input seperti Mouse, Keyboard, Scaner, Recording Device, WebCam.

Data input ini dapat berupa data Dokumen, Suara, Gambar, Gerakan dan Video. Selanjutnya data yang telah dimasukan kedalam komputer akan diolah oleh peralalatan Process untuk menghasilkan data Output yang akan ditampilkan dalam bentuk nyata atau tidak oleh Periferal Output misalnya berupa Dokumen, Suara, Gambar, dan Video yang dihasilkan oleh Periferal sepert Monitor, Printer, Plotter, Speaker, HeadSet, dsb.

Periferal termasuk dalam katagori Hardware yang merupakan bagian dari tiga komponen utama komputer yaitu :
  1. Hardware : adalah perangkat keras yang dapat berupa benda/komponen fisik yang secara nyata dapat disentuh dan dilihat.
  2. Software : adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan harware berdasarkan perintah yang di-Inputkan oleh Brainware melalui software sehingga hardware dapt digunakan dan difungsikan.
  3. Brainware : adalah perrngakat akal yang memanajemen atau berfungsi untuk memasukan perintah agar Software dan Hardware dapat beroprasi sesuai dengan fungsinya.

Berdasarkan kegunaannya, periferal komputer terdiri dari 2 (Dua) tipe yaitu sebagai berikut :
  1. Peripheral Utama (Main Periferals) : yaitu tipe periferal yang keberadaannya harus ada pada saat menjalankan komputer misalnya Mouse, Keyboard dan Monitor.
  2. Peripheral Pendukung (Out Sillary Periferals) : yaitu periferal pendukung yang keberadaannya tidak harus ada pada saat menjalankan komputer misalnya Printer, Speaker, WebCam, Scaaner dsb.

Berikut fungsi dari beberapa peripheral dalam komputer yang dikelompokkan dalam fungsinya(perangkat Masukan/input dan perangkat Keluaran/output)

1. Perangkat Masukan
Perangkat masukan (bahasa Inggris: input device) adalah semua periferal (perangkat keras komputer) yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi. Perangkat masukan dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal:
  • Cara masukan, misalnya melalui gerak mekanis atau audio;
  • Masukan diskret (tekanan tombol) atau kontinu (posisi tetikus); serta
  • Derajat kebebasan gerakan, misalnya dua dimensi pada tetikus standar dan tiga dimensi pada navigator untuk aplikasi CAD. Jenis perangkat masukan utama antara lain adalah papan ketik, perangkat penunjuk, pemindai, perangkat masukan video (kamera, dll.), serta perangkat masukan audio (mikrofon, dll.).

Perangkat Pengetikan
Keyboard merupakan unit input dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan.

Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless. Jenis-Jenis Keyboard : QWERTY, DVORAK, dan KLOCKENBERG.

ATM (Automated Teller Machine)
Anjungan Tunai Mandiri biasa digunakan untukmelakukan transaksi pengambilan uang tunai, pembayaran berbagai jenis tagihan, transfer uang. ATM bekerja sebagai perangkat I/O sekaligus. sebagai perangkat masukan, ATM memungkinkan pemakai memasukkan nomor PIN (Personal Identification Number), angka uang. Sebagai perangkat keluaran, ATM memungkinkan pemakai (petugas bank) melihat perintah maupun kode dang angka yang diketikkan pada perangkat masukan.
Automated Teller Machine
Point of Sale (POS)
Merupakan perangkat yang digunakan pada toko-toko untuk memasukkan data pembelian. Biasanya perangkat ini selain berisi tombol seperti keyboard, lengkap dengan angka-angka, juga masih ditambah fasilitas yang memungkinkan untuk memproses kartu kredit atau kartu debit. Sstem POS atau kasir telah digantikan oleh sistem komputer kasir. Walaupun tahap implementasi awal terlihat lebih rumit, namun fitur yang disediakan jauh melebihi dari cash register.

Perangkat Penunjuk
Perangkat penunjuk (bahasa Inggris: pointing device) adalah perangkat masukan yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data ke dalam suatu komputer.  Perangkat penunjuk secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu yang berdasarkan gerakan objek dan yang berdasarkan sentuhan pada suatu permukaan dan bantalan sentuh (touchpad), tablet grafis (graphics tablet), layar sentuh, dan tuas kontrol.
  • Mouse adalah perangkat genggam kecil yang mendorong di atas permukaan horisontal. Mouse lain yang umum adalah mouse optik. Perangkat ini sangat mirip dengan mouse konvensional tetapi menggunakan cahaya tampak atau inframerah bukannya bola roller-untuk mendeteksi perubahan posisi
  • Trackball adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari bola bertempat di soket yang mengandung sensor. Tracker bola biasanya digunakan pada workstation CAD untuk kemudahan penggunaan. Ada juga trackball nirkabel yang menawarkan jangkauan yang lebih luas dari posisi ergonomis bagi pengguna.
  • Pointing Stick adalah inti tekanan kecil yang sensitif digunakan seperti joystick. Hal ini biasanya ditemukan pada laptop tertanam antara 'G', 'H', dan 'B' kunci. Ini beroperasi dengan merasakan gaya yang diberikan oleh pengguna.
  • Touchpad atau trackpad adalah permukaan datar yang dapat mendeteksi kontak jari. Ini adalah perangkat penunjuk stasioner, biasanya digunakan pada komputer laptop . 
  • Touch Screen adalah perangkat tertanam ke layar TV monitor, atau sistem LCD Monitor layar dari laptop komputer. Pengguna berinteraksi dengan perangkat dengan menekan fisik item ditampilkan pada layar,
  • Joystick atau tongkat ria atau Tuas Kendali (bahasa Inggris: joystick) adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Perangkat Penunjuk
Perangkat Penunjuk Berbentuk Pena
  • Light Pen adalah perangkat masukan komputer dalam bentuk pena yang digunakan bersamaan dengan perangkat komputer CRT TV atau monitor. 
  • Digitizing Tablet adalah perangkat keras perangkat masukan komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer,
Penunjuk Berbentuk Pena
Pengambil Gambar Terformat
  • Bar Code Reader adalah sebuah alat elektronik untuk membaca dicetak barcode . Seperti flatbed scanner , terdiri dari sumber cahaya, lensa dan sensor cahaya menerjemahkan impuls ke optik yang listrik.
  • Optical Mark Recognition (OMR). Banyak perangkat OMR tradisional bekerja dengan dedicated scanner perangkat yang bersinar seberkas cahaya di atas kertas bentuk. Beberapa perangkat OMR menggunakan formulir yang cetakan pada kertas 'transoptic'.
  • Magnetic Ink Character Recognition (MICR) adalah pengenalan karakter teknologi yang digunakan terutama oleh industri perbankan untuk memfasilitasi pemrosesan cek dan membentuk nomor routing dan nomor rekening di bawah cek.
Pengambil Gambar Terformat
Pengambil Gambar Tak Terformat
  • Image Scanner adalah perangkat yang optikal memindai gambar, teks tercetak, tulisan tangan , atau obyek, dan mengkonversinya menjadi citra digital. 
  • Kamera Digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensr CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.
  • Pembaca Retina Mata adalah biometrik teknik yang menggunakan pola unik pada seseorang retina untuk mengidentifikasi mereka. 
  • Pembaca Sidik Jari adalah salah satu dari banyak bentuk biometrik digunakan untuk mengidentifikasi individu dan memverifikasi mereka identitas.
Pengambil Gambar
Suara
  • Mikropon adalah suatu jenis transduser yang mengubah energi-energi akustik (gelombang suara) menjadi sinyal listrik. 
  • Automatic Speech Recognition (ASR) adalah terjemahan dari kata-kata yang diucapkan menjadi teks. Hal ini juga dikenal sebagai "pengenalan suara otomatis".
  • Headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP. 
  • Touchtone. Dual-tone multi frekuensi sinyal (DTMF) digunakan untuk telekomunikasi sinyal melalui saluran telepon analog pada pita suara-frekuensi antara telepon handset dan perangkat komunikasi lainnya dan pusat switching.
Alat Masukan Suara
Video
Video adalah teknologi pengiriman sinyal elektronik dari suatu gambar bergerak. Aplikasi umum dari sinyal video adalah televisi, tetapi dia dapat juga digunakan dalam aplikasi lain di dalam bidang teknik, saintifik, produksi dan keamanan.

Gerakan
  • Glove adalah sebuah perangkat input untuk interaksi manusia-komputer yang dikenakan seperti sarung tangan.
  • Sensor adalah sesuatu yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik atau kimia. Variabel keluaran dari sensor yang diubah menjadi besaran listrik disebut Transduser.
  • Radio Frequency Identification Device (RFID) adalah penggunaan sistem non-kontak nirkabel yang menggunakan frekuensi radio medan elektromagnetik untuk mentransfer data dari tag yang melekat pada suatu objek, untuk tujuan identifikasi otomatis dan pelacakan.
  • Pembaca Kartu Magnetik untuk membaca kartu keluaran bank yang berbasis magnetik, pakai mesin EDC alias electronic data captured. mesin kartu ini untuk otorisasi kartu kredit atau kartu debit secara online.
Perangkat Pembaca Gerakan
2. Perangkat Output
Perangkat output merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna. Beberapa perangkat output antara lain :
Perangkat Output
Monitor
Komputer biasanya dihubungkan pada perangkat display, juga dikenal sebagai monitor. Monitor ditunjukkan dalam Gambar . Monitor biasanya tersedia dalam tipe, ukuran, dan karakteristik yang berbeda.

Printer
Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Printer dihubungkan dengan komputer melalui USB, selain itu printer juga harus dihubungkan dengan arus listrik. Secara garis besarnya jenis-jenis printer sebagai berikut :
  • Dot Matrik, printer jenis ini menggunakan tinta jenis pita seperti yang terdapat pada mesin tik.
  • Inkjet, printer jenis ini menggunakan tinta cair atau liquid ink.
  • Laser printer, printer jenis menggunakan tinta serbuk atau powder ink seperti bubuk gliter yang ditempatkan dalam toner.

Speaker
Speaker adalah perangkat keras untuk menghasilkan suara. Jenis lain dari speaker adalah headset atau earphone. Kita dapat mendengarkan hasil keluaran berupa suara dari komputer melalui speaker.

Proyektor
Infocus atau juga disebut proyektor merupakan alat digunakan untuk presentasi, yang dihubungkan ke komputer untuk menampilkan apa yang ada pada monitor ke suatu screen (layar) ataupun dinding.

Plotter
Plotter adalah media cetak seperti printer namun memiliki ukuran yang lebih besar serta kegunaan yang optimal untuk objek gambar.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:09 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....