Home » » Jenis Jenis Asesoris Lampu

Jenis Jenis Asesoris Lampu

Aksesori (atau aksesoris) lampu adalah benda-benda yang digunakan untuk mendukung atau menjadi pelengkap dalam tata lampu. Bentuk aksesori lampu bermacam-macam dan banyak di antaranya terkait dengan fungsi dari lampu tersebut.

Dengan adanya aksesoris lampu cahaya yang dihasilkan dari lampu dapat diatur sedemikian rupa. Selain karena faktor reflektor, bohlam, dan lensa pengaturan cahaya dapat diperkaya dengan menambah asesoris. Berikut jenis asesoris yang dapat dipergunakan untuk memperkaya pencahayaan. Berikut ini beberapa Asesoris lampu yang sering digunakan.

A. Filter
Filter/gel adalah plastik warna yang digunakan untuk memberi warna pada cahaya. Filter mengubah warna natural (cahaya yang dihasilkan lampu) menjadi warna yang dikehendaki dengan cara memasang filter di depan perangkat. Filter berbentuk lembaran plastik tipis, maka jika hendak digunakan harus dipotong sesuai dengan ukuran lampu dan dudukannya.
Filter dan Bingkai Filter
Untuk meletakkan filter warna diperlukan bingkai khusus yang disebut filter frame. Ukuran bingkai ini bervariasi sesuai dengan ukuran jenis lampu. Pemasangan filter dengan menggunakan bingkai ini selain memudahkan pemasangan juga mampu meredam panas berlebih sehingga filter dapat digunakan dalam waktu yang lama.

B. Barndoor
Barndoor adalah asesoris lampu yang memiliki sirip atau penutup yang dapat diatur dan disesuaikan. Barndoor digunakan untuk mengatur peredaran cahaya dalam arti mencegah cahaya bocor ke areal yang tidak diinginkan. Barndoor memiliki empat sisi penutup yang dapat diputar dan disesuaikan posisinya pada dudukan.
Barndoor
Barndoor biasanya dipasang pada lampu yang menghasilkan cahaya menyebar seperti fresnel pada area panggung yang tidak terlalu besar. Areal yang terbatas menyebabkan hasil penyinaran lampu berkekuatan besar melebihi area penyinaran, untuk membatasi aliran cahaya tersebut barndoor sangat efektif digunakan.

C. Iris
Iris adalah asesoris yang berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil diameter lingkaran sinar cahaya yang dihasilkan lampu. Ukuran lingkaran dapat diatur sesuai kebutuhan. Iris terbuat dari metal dipasang di depan shutter sangat mudah untuk dipasang dan dilepas.
Iris
Iris biasanya dipasang pada lampu profil (elips). Dengan bantuan iris, seorang penata lampu dapat menyesuaikan ukuran lingkar area penyinaran yang tepat sehingga aliran cahaya tidak bocor ke area lain.

D. Doughnut
Doughnut atau donut (donat) adalah pelat metal yang digunakan untuk meningkatkan ketajaman lingkar sinar cahaya yang dihasilkan lampu spot. Donat juga membantu memperjelas pola atau motif gambar cahaya yang hendak dihasilkan dengan menghilangkan pendar cahaya yang tidak diperlukan. Garis cahaya semakin jelas dan bentuk sinar cahaya sirkuler. Donut digunakan secara khusus untuk kepentingan artistik tertentu, terutama dalam memperjelas refleksi cahaya dari gobo
Doughnut
E. Gobo
Gobo adalah pelat metal yang dicetak membentuk pola atau motif tertentu. Jika pelat dipasang pada lampu dan diproyeksikan maka cahaya akan membentuk pola seperti yang tergambar pada gobo tersebut. Gobo digunakan untuk memproyeksikan pola cahaya tertentu yang menimbulkan efek imajinasi darimana asal cahaya, karena apa cahaya itu terbentuk, dan menghasilkan bentuk atau objek apa cahaya tersebut.
Gobo dan Holder
Efek atau lukisan cahaya yang dihasilkan gobo dapat digunakan untuk kepentingan tata panggung dalam kaitan menghadirkan latar belakang tempat kejadian peristiwa. Dalam kaitan dengan gaya pementasan, gobo bisa memberikan nuansa pendukung situasi lakon.

Pemasaingan gobo memerlukan bingkai atau tempat khusus disebut gobo holder. Bingkai ini diletakkan secara khusus di depan bohlam lampu. Bentuk bingkai disesuaikan dengan bentuk lubang dudukan yang ada di lampu, biasanya beda pabrikan beda pula bentuknya.

F. Snoot atau Top Hat
Snoot atau top hat adalah asesoris lampu yang digunakan untuk memperpendek jarak cahaya dan mengurangi tumpahan cahaya, snoot dipasang di bagian depan lampu pada dudukan bingkai filter. Snoot berbentuk lingkaran, setengah lingkaran, dan ada yang diberi penambah warna.
Snoot
Snoot berbentuk lingkaran akan memperpanjang ukuran lampu sehingga memperpendek titik jatuh cahaya, mengurangi kebocoran dari segala arah, dan dapat diberi warna untuk snoot yang menyediakan dudukan filter di ujungnya. Sedang snoot setengah lingkaran selain digunakan untuk memperpendek titik jatuh cahaya untuk menutup bocoran cahaya dari arah tertentu. Snoot efektif digunakan untuk panggung berukuran kecil di mana sinar cahaya lampu sering melebar atau bocor ke area yang tidak diinginkan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:37 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....