Home » » Jenis Dan Spesifikasi Seal

Jenis Dan Spesifikasi Seal

Pada mesin, ada 2 jenis perapat, yaitu perapatan statis dan perapatan dinamis. Tipe perapatan statis (static seal) digunakan pada komponen yang tidak bergerak. Sehingga gasket digunakan sebagai bahan antara saat menyambung dua komponen atau lebih. Salah satu atau kedua komponen yang disambung tidak bergerak satu sama lain. Bahan yang termasuk static seal adalah: O-ring seal, gasket dan liquid gasket.

Tipe perapatan dinamis, adalah gasket yang digunakan sebagai bahan perapat diantara kedua benda yang salah satu atau keduanya saling bergerak.Untuk memperhalus pengoperasian dan mengurangi keausan, hampir semua gear dan bearing memerlukan pelumasan yang terus menerus. Agar keberadaan pelumas tersebut jangan sampai keluar dan menjaga agar kotoran dan debu jangan masuk ke sistem maka diperlukan gasket.

Secara umum gasket jenis ini lebih dikenal dengan nama seal. Pada kendaraan seal ini digunakan pada roda, sokbreker, input dan output shaft transmisi, dan beberapa bagian lain. Bahan dasar seal ini adalah karet. Bahan yang termasuk Dynamic seal adalah: Oring seals, Lip seals,Duo Cone seals dan packing rings

Fungsi dari seal yaitu:
  1. Menjaga kebocoran pelumas (lubrikasi).
  2. Menjaga kotoran dan material lain masuk ke sistem.
  3. Memberikan batasan cairan supaya tidak tercampur.
  4. Melapisi permukaan yang tidak rata.
  5. Menjaga agar komponen tidak cepat rusak

Jenis-jenis Seal
No.GambarJenis SealKeterangan
1.
O Ring
O-ringsO-ring adalah bentuk cincin yang sangat lunak yang terbuat dari bahan alami atau karet synthetic atau plastik. Dalam pemakaianya O-ring biasanya dikompres antara dua permukaan sebagai seal, O-ring sering digunakan sebagai static seal yang fungsinya sama dengan gasket.
2.
Radial Lip Seal
Lip SealsLip seal adalah jenis dynamic seal yang banyak digunakan pada kontruksi alat berat. Lipseal memikul semua jenis kondisi pengoperasian dan
mencegah tidak beroperasinya machine karena panas yang diakibatkan gesekan atau juga mencegah bercampurnya pelumas atau cairan.


Jenis lip seal adalah Radial lip seal dan Dirt excluding lip seals. Dirt excluding lip seal digunakan untuk membersihkan kotoran pada cylinder. Radial lip seal menahan permukaan shaft dengan tekanan cairan dan garter spring
3.
Duo Cone Seal
Duo Cone Seal
Duo cone seal dibuat untuk menjaga kotoran tidak masuk ke dalam sistem dan menjaga kebocoran cairan pelumas pada area yang luas. Duo cone seall harus bisa menahan karat yang lebih lama dengan sedikit perawatan Duo cone seal lebih bisa menahan kebengkokan shaft, end play dan beban yang tiba-tiba. Duo cone seal terdiri dari dua ring yang biasanya terbuat dari karet, dipasangkan pada dua groove metal retaining ring.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:04 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....