Home » » Instalasi dan Pengujian Peripheral Komputer

Instalasi dan Pengujian Peripheral Komputer

Peripheral komputer adalah berbagai komponen yang terhubung ke CPU (Central Processing Unit) yang berfungsi sebagai perangkat Input dan Output data kedalam dan keluar CPU yang selanjutnya diproses oleh sistem komputer untuk mengolah data Input yang di-Input oleh periferal Input seperti Mouse, Keyboard, Scaner, Recording Device, WebCam.

Data input ini dapat berupa data Dokumen, Suara, Gambar, Gerakan dan Video. Selanjutnya data yang telah dimasukan kedalam komputer akan diolah oleh peralalatan Process untuk menghasilkan data Output yang akan ditampilkan dalam bentuk nyata atau tidak oleh Periferal Output misalnya berupa Dokumen, Suara, Gambar, dan Video yang dihasilkan oleh Periferal sepert Monitor, Printer, Plotter, Speaker, HeadSet, dan sebagainya.

Instalasi dan pengujian peripheral adalah salah satu bagian tak terpisakan dalam suatu proses perakitan komputer,karena menentukan bisa tidaknya suatu komputer dipakai untuk menjalankan suatu aplikasi.Berikut beberapa contoh instalasi peripheral yang umum kita lakukan.

1. Instalasi Monitor
Komputer biasanya dihubungkan pada perangkat display, juga dikenal sebagai monitor. Monitor ditunjukkan dalam Gambar . Monitor biasanya tersedia dalam tipe, ukuran, dan karakteristik yang berbeda. Ketika membeli komputer baru, monitor biasanya harus dibeli terpisah. Untuk instalasi monitor ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:
Instalasi Monitor
  1. Pastikan kompatibilitas. Memastikan bahwa monitor kompatibel atau sesuai dengan operating sistem dan program aplikasi yang akan digunakan.
  2. Periksa jenis port card. VGA Semua kartu video kompatibel dengan analog RGB/VGA port. Namun, ada monitor digital dengan input port Digital Video Interface (DVI) ataupun HDMI yang memerlukan vga card dan kabel penghubung yang sesuai untuk dapat terhubung ke komputer.
  3. Membaca user manual monitor. User manual berguna untuk memahami fitur monitor yang akan kita instal. Selain itu, manual penting untuk mengetahui kabel apa saja yang harus terkoneksi ke monitor . Biasanya monitor LCD memiliki dua kabel: pertama kabel power untuk terhubung ke sumber daya, dan satu lagi kabel untuk menghubungkannya monitor ke cpu.
  4. Menghubungkan kabel dan memeriksa layar. Umumnya, sistem operasi komputer akan secara otomatis menginstal driver yang diperlukan. Namun, jika hal ini tidak terjadi, dapat menggunakan CD Instalasi yang telah disediakan dalam kemasan monitor.
  5. Menyesuaikan sudut dan posisi monitor terhadap penguna. Setelah monitor menyala sesuaikanlah sudut monitor dengan posisi mata dan badan agar didapat tampilan yang maksimal serta nyaman.
  6. Mengatur Kecerahan dan kontras monitor.diperlukan agar sesuai dengan mata setiap penguna komputer.karena setiap individu penguna

2. Instalasi Keyboard dan Mouse
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Mouse sangat mirip dengan mouse konvensional tetapi menggunakan cahaya tampak atau inframerah bukannya bola roller-untuk mendeteksi perubahan posisi. Prosedur instalasi keyboard dan mouse:
PS2 dan USB Port
  • Matikan komputer terlebih dahulu.
  • Lepaskan kabel power,modem,jaringan atau kabel lain yang terhubung ke cpu.
  • Lepas keyboard atau mouse lama bila terpasang
  • 4Jika kita ingin memasang USB mouse, pasangkan konektor mouse ke USB port pada back panel cpu.
  • Jika kita ingin memasang Personal System/2 (PS/2) mouse, pasangkan konektor mouse ke PS/2 mouse port pada back panel cpu.
  • Jika kita ingin memasang USB keyboard, pasangkan konektor keyboard tke USB port pada back panel cpu.
  • Jika kita ingin memasang PS/2 keyboard, pasangkan konektor keyboard ke PS/2 keyboard port pada back panel cpu.
  • Pasang dan hubungkan kembali semua kabel yang kita lepas ke cpu.
  • Nyalakan komputer,periksa hasil instalasi pada windows.

Pengujian Mouse dan Keyboard
Untuk pengecekan mouse bisa dilakukan dengan cara mengerakkan mouse ke segala arah dan pointer mouse harus bisa mengikuti gerakan mouse dengan baik.Untuk keyboard bisa dilakukan dengan membuka notepad dan ketikkan semua huruf dan angka pada keyboard sambil menekan tombol Shift.

Pengecekan keyboard bisa mengunakan bantuan software Keyboard Tester. Keyboard Tester adalah perangkat software yang digunakan untuk mengecek / menganalisa tombol pada keyboard (laptop / pc) yang rusak (jalan sendiri/mencet sendiri, atau tombol yang mati total) yang bisa didapat di internet dengan gratis. Instalasi keyboard tester :
  1. Buka aplikasi Keyboard Tester
  2. Pilih type keyboardnya
  3. Terus tekan satu per satu tombol keyboard
  4. Jika tombol keyboardnya rusak maka pada aplikasi status tombol tersebut akan menjadi merah, jika masih berfungsi dengan baik maka statusnya akan berwarna hijau.

3. Instalasi Printer 
Prosedur Instalasi Printer Pada windows 8.1
  1. Hubungkan kabel USB printer ke port USB PC, Kemudian Nyalakan Printer. Biasanya, Windows secara otomatis akan mendetek adanya hardware baru dan memulai installasi sesaat setelah USB dicolokkan/printer dinyalakan. Apabila keluar permintaan memasukkan cd driver maka langkah instalasi bisa mengikuti petunjuk dalam buku manual printer yang akan kita instal.
  2. Nyalakan Printer dan pastikan terhubung ke komputer/laptop.Nyalakan Komputer.Kemudian Klik,Desktop icon/tile pada Start screen.
  3. Klik,kanan tombol Start kemudian klik,Control Panel, Hardware and Sound, Klik, Devices and Printers, Add printer.
  4. Apabila Printer tidak tampak pada Halaman Add Printer,Klik The printer that I want isn’t listed.
  5. Pilih tipe koneksi printer(Add a local printer or network with manual setting).kemudian klik next.
  6. Klik, Use an existing port,Kemudian klik next.
  7. Pilih tipe printer yang sesuai.(contoh Printer HP Color Laser Jet 1600),Klik Next.
  8. Tipe printer yang telah di pilih,Klik Next.
  9. Klik, Do not share this printer,kemudian klik Next.
  10. Halaman Konfirmasi bahwa printer telah berhasil terinstal dengan baik.Klik Finish.
  11. Printer yang telah selesai di instal akan tampil pada Halaman printer.
  12. Untuk pengecekan fungsi printer,klik kanan pada device printer kemudian pilih Printer properties.
  13. Klik, Print Test Page,dan proses print test page segera dimulai.
  14. Apabila halaman test print telah tercetak dengan baik,maka printer telah berfungsi dengan normal dan proses instalasi berjalan dengan sempurna.Klik, Close untuk mengakhiri proses instalasi printer.

4. Instalasi Scanner
Sebelum dapat digunakan, scanner harus terlebih dahulu di kenalkan ke komputer kita dengan cara menginstallkan drivernya. Scaner yang digunakan pada contoh mengunakan epson canoscanlite 25 Berikut ini adalah langkah-langkah menginstal Scanner tersebut:
  1. Saat scanner menyala dan sudah di hubungkan dengan komputer maka komputer mendeteksi ada device baru apabila dalam driver box windows ada driver yang sesuai maka akan otomatis mengenali type dan jenis scanner.Apabila tidak terdeteksi maka instalasi dilakukan dengan cara manual mengunakan cd driver dan aplikasi bawaan scanner yang akan kita install atau apabila tidak ada cd drivernya bisa download pada website pembuat scanner.
  2. Masukkan cd ke cdrom pilih install the Software automatically (Recommended), atau langsung jalankan (klik) file setup yang terdapat pada CD installer scanner tersebut.
  3. Proses install akan berjalan secara otomatis, namun dalam tahapan tertentu kita diminta untuk mengisi nama user dan organisasi. Dan pada Lecense Agreement pastikan kita menjawab dengan I Agree atau I Accept, yang artinya kita setuju untuk menginstal scanner tersebut.
  4. Setiap software akan di installkan satu – persatu oleh sistem secara berurutan, sesua dengan urutan yang terdapat pada interface awal dari file setup, dimulai dari driver instalernya, selanjutnya software scan gear untuk mengelola job dari instaler dan software –software lain untuk pengelolaan proses dan hasil scanning, misalkan PhotoStudio ataupin OmniPage untuk scanning dengan metode OCR.
  5. Setelah seluruh software yang dipilih selesai di instal, maka klik tombol Finish, yang menandakan kalau proses Instalasinya sudah berhasil.Pengujian bisa dilakukan lewat software CanoScan toolbox yang telah terinstal,yang didalamnya terdapat aplikasi copy scan dan setting scanner.Setiap scanner memiliki program aplikasi yang berbeda tergantung pabikan yang membuatnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:59 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....