Home » » Format Target Link, Email dan Telepon

Format Target Link, Email dan Telepon

Target atau tujuan yang dihubungkan melalui suatu link dapat ditentukan sendiri oleh kita. Target yang di maksud di sini adalah dimana dokumen akan ditempatkan atau ditampilkan. Dalam keadaan default (ketika atribut TARGET tidak di sertakan), dokumen baru yang ditampilkan pada saat link dipilih akan menutup atau menimpa dokumen lama (dokumen yang mengandung link bersangkutan). Untuk melakukan hal, kita hanya perlu menambahkan atribut TARGET di dalam tag <a>, yang memiliki bentuk umum penulisan seperti berikut:
<a href=”NamaDokumen” target=”NamaTarget”>Teks/Gambar<a/>

Nama Dokumen adalah nama dokumen yang akan di tampilkan jika link bersangkutan dipilih/diklik dan NamaTarget adalah target atau tempat tujuan dari dokumen yang akan ditampilkan. NamaTarget bisa bernilai _BLANK (tab baru), new (membuka jendela baru) maupun nama frame (jika layar web kita bagi dengan menggunakan frame).
Link Email Target dan Telepon
Contoh Target Link :
<html>
<head>
<title>link</title>
</head>
<body>
<h2>Latihan Menampilkan Dokumen pada Window Baru</h2>
<p>Klik salah satu link berikut:</p>
<a href=”http://www.mikurbae.com” target=”_blank”>Mikirbae</a><br />
</body>
</html>

Maka hasillnya sebagai berikut.
Mikirbae

2. Link Email
Selain menghubungkan antara halaman dan antara bagian-bagian dari satu halaman, tag <a> memungkinkan kita untuk link ke alamat email. Ini adalah cara paling sederhana untuk memungkinkan pengunjung halaman web kita untuk "mengirim pesan" kepada kita. Dengan memberikan link yang dapat diklik ke alamat email kita, maka mudah bagi pengunjung untuk mengirim pesan dan pengunjung tidak perlu mengetikkan alamat email. Cara penulisan link HTML ke alamat email adalah seperti berikut :
<a href="mailto:nama@yourdomain.com"> Kirim pesan email</a>
Dalam kebanyakan web browser, bila seseorang mengklik link tersebut , maka terbuka sebuah jendela di mana dia dapat mengetik pesan email yang segera dikirimkan kepada kita Kita juga dapat memberikan beberapa informasi tambahan di link sehingga subjek dan isi pesan juga langsung tertulis dengan menambahkan variabel subject (perihal) dan body (isi pesan). Pisahkan variabel dari alamat email dengan tanda tanya (?), Nilai dari variabel dengan tanda sama dengan ( = ) , dan kemudian memisahkan masing-masing variabel dan nilai pasangan dengan ampersand ( & ).

Berikut adalah contoh menentukan subjek dan body untuk contoh email sebelumnya : Seperti contoh di bawah ini :
<a href = "mailto:author@somedomain.com?subject=Pertanyaan & body=Kapan edisi berikutnya keluar ?"> Author@somedomain.com</a>

Pada web juga ada yang menggunakan halaman hubungi kami seperti contoh di bawah ini.
Nama Anda :
Email Anda:
Pesan Anda:

3. Link Telepon
Kita juga dapat membuat link telepon di dokumen web kita. Hal ini karena banyak pengunjung web menggunakan smartphone untuk mengakses website kita, sehingga dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon ! Jadi kita dapat menuliskan nomor telepon, sehingga pengunjung dapat langsung klik untuk menghubungi nomor telepon terebut. Cara penulisannya adalah sepert icontoh berikut .
<a href="tel:0123456789">Hubungi kami di (012) 3456789 </a>

Maka hasilnya sebagai berilut :
Hubungi kami di (012) 3456789

Ketika pengguna ponsel menekan link tersebut, mereka mendapatkan kotak peringatan meminta mereka untuk mengkonfirmasi bahwa mereka ingin. melakukan panggilan telepon ke nomor tersebut. Fitur ini didukung pada perangkat mobile yang paling baru, termasuk iOS , Android , Blackberry , Symbian , Internet Explorer , dan Opera Mini . iPad dan iPod Touch tidak dapat membuat panggilan , tetapi akan menawarkan untuk membuat kontak baru dari nomor tersebut.

Sedangkan untuk pengguna desktop tidak terjadi apa-apa untuk link tersebut. Ada beberapa cara terbaik untuk menggunakan link telepon :
  1. Dianjurkan agar memasukkan nomor lengkap panggilan internasional , termasuk kode Negara, seperti +62 untuk Indonesia, karena tidak diketahui di Negara mana pengguna akan mengakses web kita .
  2. Menuliskan nomor telepon ke dalam isi link sehingga jika link tidak bekerja , nomor telepon masih terbaca .
  3. Android dan iPhone memiliki fitur yang dapat mendeteksi nomor telepon dan secara otomatis mengubah mereka menjadi link. Sayangnya , beberapa nomor 10 - digit yang bukan nomor telepon mungkin akan berubah menjadi link juga. Jika dokumen kita memiliki string angka yang mungkin akan dideteksi sebagai nomor telepon, kita dapat mengaktifkan auto - deteksi off dengan memasukkan elemen meta berikut dalam kepala dokumen kita .<meta name="format-detection" content="telephone=no">.  Untuk perangkat Blackberry , menggunakan berikut: <meta http-equiv="x-rim-auto-match" content="none">
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:16 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....