Home » » Cara Install Sistem Operasi Windows 8.1

Cara Install Sistem Operasi Windows 8.1

Microsoft secara resmi merilis Windows 8 pada 26 Oktober 2012. Versi percobaan Windows 8 berupa Consumer Preview dan Release Preview. Pada tanggal 26 Juni 2013, Microsoft merilis versi Uji Coba dari Windows 8.1 (sebelumnya dikenal sebagai Windows Blue), Sistem operasi ini diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. 

Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh. Instalasi sistem operasi pada umumnya memerlukan spesifikasi minimal hardware komputer untuk memastikan instalasi berjalan lancar dan sukses.Berikut ini spesifikasi minimal hardware yang diperlukan untuk proses instalasi windows 8.1:
  1. Processor: 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat dan memiliki fitur Physical Address Extension (PAE), NX prosesor bit (NX), dan Streaming SIMD Extension 2 (SSE2)
  2. RAM: 1 gigabyte (GB) (32-bit) atau 2 GB (64-bit)
  3. Hard disk space: 16 GB (32-bit) atau 20 GB (64-bit)
  4. Graphics card: Microsoft DirectX 9 graphics dengan WDDM driver

Inslalasi Windows 8.1
Untuk instalasi Windows 8.1, sebaiknya menghapus partisi hard drive utama (primary partition) sehingga bersih dan menginstal Windows 8.1 dari awal - prosedur ini yang disebut sebagai "Clean Install" atau kadang-kadang disebut "Advanced/Custom instalasi".Sebuah clean install Windows 8.1 berarti instalasi baru Windows 8.1 pada satu partisi pada hard drive/hard disk. 

Clean install berarti menghapus sistem operasi yang ada sebelumnya (baik Windows XP, Linux atau Windows 7) dan menggantinya dengan instalasi baru Windows 8.1. Dengan kata lain Windows 8.1 yang baru akan menghapus seluruh sistem pada satu partisi, termasuk virus kalau ada, maka windows yang baru tersebut benar-benar bersih dari virus.

Berikut Prosedur Umum Cara Menginstall Windows 8.1 pada komputer dan berlaku juga untuk notebook/laptop
  1. Nyalakan Komputer/laptop pastikan POST bios berjalan baik dan Normal.
  2. Ubah Boot Pertama Ke CD/DVD, namun jika dari Flash Disk Ubah Boot Pertama ke Flash Disk, ini diperlukan agar Boot Pertama dilakukan melalui Windows 8.1 DVD Installer atau Flash Disk. (Pada Langkah dibawah)
  3. Saat meyalakan Laptop / Komputer Masuk Setup Menu dengan menekan tombol Del (Pada beberapa Komputer/Laptop merk lain Esc, F1, F2,atau F10). Contoh Tampilan Setup Utility, Tampilan ini beraneka ragam tergantung vendor bios yang digunakan , Cari tab Boot.
  4. Arahkan Boot Pertama Jadi DVD, Tampilan ini pun beraneka ragam tergantung bios yang digunakan.
  5. Exit, Saving Changes Kemudian Yes, dan Komputer/Laptop akan segera Restart dan booting dari DVD.
  6. Jangan Lupa masukan terlebih dahulu DVD Windows 8.1 Installer ke Drive DVD, sebelum restart. Mulai Proses Instalasi Windows 8.1 dari DVD Windows 8.1 Installer, Tekan sembarang tombol pada keyboard, misalnya klik Enter (waktunya hanya 5 detik, bila 5 detik tidak ada input tombol dari keyboard, proses tidak akan terjadi, harus restart lagi)
  7. Pada Langkah ini tidak melakukan apapun. Selanjutnya Pemilihan bahasa installer tetap isikan English (US).
  8. Time and curency format,pilih Indonesian,kemudian klik Next
  9. Klik Install Now
  10. Pilih,type Windows 8.1 yang akan kita instal,kemudian klik next.
  11. Klik I accept the license terms, kemudian Klik Next.
  12. Klik “Custom : Instal Windows only(advanced)” - Langkah ini akan memproses Windows dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama.
  13. Setelah Itu masuk ke Contoh Gambar Di bawah ini, Pada langkah ini Penting Untuk Mengatur Partisi Yang akan diinstal Windows 8.1 Yang Baru. Gambar di bawah ini contoh Komputer yang memiliki hardisk baru yang belum terpartisi. Jika Pada Gambar dibawah ini pada kotak tersebut kosong maka, hardisk kemungkinan rusak atau kabel ke hard disk tidak baik atau tidak terpasang sempurna. Pilih “drive 0 unallocated space”,kemudian klik new.
  14. Tuliskan besar partisi primer untuk system yang akan kita gunakan kemudian klik apply. Selanjutnya Klik ,OK. 
  15. Hasil partisi yang telah dibuat akan muncul. Pilih Partition 2 klik next.
  16. Setelah itu Proses Instalasi berjalan secara otomatis. Jangan klik apapun, biarkan saja sampai restart dengan sendirinya
  17. Catatan: Jika menggunakan DVD tidak melakukan apapun, tapi jika menggunakan Flash disk setelah gambar berikut (restart) Flash disk HARUS dicabut.
  18. Setelah Restart, pada langkah ini jangan klik apapun, kalo diklik nanti mulai lagi seperti langkah di atas. (Jika memakai flash disk tidak ada gmbr dibawah ini, karena sudah dicabut). Biarkan saja, jangan klik apapun.
  19. Selanjutnya adalah proses konfigurasi hardware yang terpasang pada komputer.
  20. Proses Instalasi Hardware pada windows hampir selesai, dan akan restart otomatis, jangan klik apapun.
  21. Mulai halaman pengaturan awal.
  22. Pemilihan warna desktop.dilakukan dengan mengeser kursor dalam lingkaran ke kiri atau kanan sesuai dengan warna yang kita inginkan.
  23. Isi Nama untuk Komputer, Kemudian Klik Next
  24. Klik Use express settings
  25. Memulai proses setting account biarkan saja jangan klik tombol cancel.
  26. Account pada windows 8.1 bisa mengunakan microsoft account (berupah alamat email) atau bisa mengunakan local account .Untuk microsoft account dan password bisa langsung di isikan di kolom yang telah disediakan kemudian klik.Next.Untuk pembuatan account local klik pada Create a new account?.
  27. Kemudian klik “Sign in without a microsoft account”
  28. Isi username,password,reenter password dan password hint(pengingat password) kemudian klik next
  29. Akhir proses instalasi
  30. Memulai proses setting aplikasi standart windows
  31. Proses Install aplikasi standart windows 8.1 tunggu sampai selesai
  32. Proses start awal.
  33. Instalasi telah berhasil dan berjalan lancar gambar di bawah ini merupakan halaman start menu windows 8.1.Untuk masuk desktop klik gambar Desktop pada layar.

Langkah Instal Sistem Operasi Windows 8.1


Mematikan/shut down Windows 8.1
Ada dua langkah umum untuk mematikan Windows 8.1 yaitu:
  1. Mengunakan tombol Alt dan F4. Sebelum melakukan langkah berikut pastikan tampilan harus berada pada posisi desktop, atau refresh terlebih dahulu. Tekan “Alt dan F4” secara bersamaan pada keyboard, maka akan tampil opsi, apakah mau shut down, restart atau sleep mode,setelah terpilih tekan ok silahkan pilih salah satu. Untuk mudahnya perhatikan gambar di bawah ini:
  2. Melalui Sidebar. Untuk langkah berikut ini tampilan layar boleh pada posisi apapun tidak harus di desktop, apakah masih membuka suatu aplikasi atau tidak. Arahkan kursor ke bagian atas kanan layar, tunggu sampai muncul beberapa opsi, kemudian klik pada "settings", muncul menu baru, “klik power” silahkan pilih opsi, shut down, restart, sleep kemudian klik salah satu pilihan kita.

Sampai disini selesailah proses instalasi windows 8.1apabila diperlukan sebaiknya install juga beberapa driver utama yang diperlukan seperti : Graphics driver, Audio Driver, Network Driver (atau driver hardware lain yang belum terinstal.Namun Pada beberapa Merk Komputer/Laptop, biasanya tidak perlu instalasi driver karena sudah tercover driver dalam installer Windows 8.1. "Driver" harus diinstall supaya Laptop / Komputer berjalan dengan maksimal.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:53 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....