Home » » Aplikasi Control Panel pada Sistem Windows

Aplikasi Control Panel pada Sistem Windows

Control panel pada sistem windows merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola, mengatur beberapa pengaturan komputer. Fungsi Control Panel adalah berperan dalan mengatur dan mengawasi atau memomintor penggunaan hardware oleh beberapa software aplikasi dan penggunannya. Control panel merupakan repesentasi dari system operasi yang berisi fasilitas-fasilitas untuk mengatur fungsi-fungsi pada komputer 

Pengaturan komputer tersebut meliputi 1) system and security. 2) network and internet 3) hardware and sound 4) Program 5) user accounts and family safety 6) appearance and personalization 7) clock language and region dan 8) ease of access. Pada sistem operasi windows 8 untuk menjalankan aplikasi control panel dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:
  1. Menggunakan search apps. Tekan tombol windows dan w secara bersama-sama sehingga muncul menu pencarian (search). Kemudian pada input teks search ketik kontrol panel. Dibawah apps results for “control panel klik icon control panel.
  2. Melalui taskbar atau start. Langkah yang dilakukan adalah : Tekan tombol start kemudian klik kanan dan pilih control panel.
Control Panel
A. Pengaturan System dan Security
Tools ini berisi semua alat yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan sistem, administrasi, dan tugas-tugas yang berhubungan dengan keamanan. Tools ini dikelaompokkan dalam beberapa kategori yaitu :1) action center. 2) windows firewall. 3) system. 4) windows upadate. 5) power options. 6) file history. 7) storage space. 8) Add feature to windows. 9) administrative tools.
Control Panel
  1. Action center terdiri dari beberapa tools antara lain : 1) review status komputer dan isu-isu penyelesaian masalah. 2) perubahan pengaturan user account. 3) penyelesaian masalah software.
  2. Tools windows firewall meliputi tools untuk mengecek status firewall dan pengaturan akses sebuah aplikasi melalui windows firewall. 
  3. Windows update terdiri dari beberapa tools untuk pengaturan update otomatis, pengecekan up-­ date sistem yang dilakukan, instalasi update tambahan dan penampilan riwayat update.
  4. Tools system meliputi bebera fungsi antara lain untuk menampilkan jumlah RAM dan kecepatan prosesor, pengaturan akses secara remote, melihat informasi nama komputer, pengaturan windows remote assistance yang menghubungkan dua komputer atau pengguna sehingga dapat membantu perbaikan permaslahan. 
  5. Tools power option digunakan untuk pengaturan yang berkaitan dengan konsumsi daya komputer. Tools ini meliputi pendefinisian tombol power dan pengaturan proteksi password, perubahan konfigurasi battery, pengaturan yang akan dikerjakan oleh tombol power. Pengaturan ketika komputer dalam kondisi sleep.
  6. File history merupakan tools yang dapat dilakukan berkaitan dengan penyimpanan atau pengaturan backup file dan menampilkan riwayat file yang telah dikembalaikan (restore). 
  7. Administrative tools digunakan untuk beberapa keperluan yaitu membersihkan disk (free clean up disk space), defragmenting dan optimalisasi perangkat, membuat dan mengformat partisi disk, menampil-­ kan catatan –catatan kejadian dan penjadwalan tugas (schedule task)
System and Security
B. Pengaturan Network dan Internet
Tool network dan internet ini berisi semua alat-alat yang dapat digunakan untuk memeriksa status jaringan, mengubah pengaturan, menetapkan preferensi untuk berbagi file dan komputer, mengkonfigurasi sambungan Internet, dan lainlain. Tol ini dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu :
Network dan Internet
  1. Network and Sharing Center. Tools ini digunakan untuk melihat status jaringan, mengkoneksikan ke jaringan, melihat perangkat yang digunakan dalam jaringan, dan terdapat pengataturan Wireless.
  2. Home Group. Tools ini digunakan untuk mengatur jaringan peer-to-peer yang telah didesain ulang agar memudahkan pengguna dalam melakukan setup home network.
  3. Internet Options. Tools ini digunakan untuk mengatur browser Internet Explorer.

C. Hardware and Sound
Berisi semua alat-alat yang akan digunakan untuk menambah dan menghapus printer dan perangkat keras lain, system perubahan suara, mengkonfigurasi AutoPlay, dan update driver. Tools ini dikelompokkan menjadi beberapa Kategorinya antara lain adalah:
Hardware and Sound
  1. Devices and Printers, digunakan untuk mengkonfigurasi hardware atau printer yang terditeksi pada komputer.
  2. Sound, digunakan Untuk mengatur pensuaraan dan hardware yang digunakan pada PC.
  3. Display, digunakan Untuk mengatur resolusi layar komputer, mengatur pengcahayaan, dll.

D. Programs
Tools program ini berisi semua alat yang akan anda digunakan untuk menguninstall program atau fitur Windows, mengelola gadget, mengatur ke program default. Tools ini dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu :
Programs
  1. Programs and Features = Untuk meng-install atau meng-uninstall program aplikasi atau Windows Update.
  2. Default Programs = Untuk membuat programs kembali ke pengaturan awal.
  3. Desktop Gadgets = Untuk mengelola Gadgets di desktop, menguninstall Gadgets, dan menambahkan Gadgets untuk di desktop

Control panel pada sistem windows merupakan tools aplikasi yang digunakan untuk mengelola, mengatur beberapa pengaturan komputer. Pada sistem operasi windows 8 untuk menjalankan aplikasi control panel dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu: 1) Menggunakan search apps. 2) Melalui taskbar atau start. 3) Melalui shortcut pada dekstop. 4) Melalui toolbar windows eksplorer
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:40 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....