Home » » Teks Genre Makro dalam Jurnal Ilmiah

Teks Genre Makro dalam Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah adalah penerbitan dalam bentuk artikel ilmiah biasanya lebih penting untuk bidang ilmu pengetahuan alam maupun kedokteran dibandingkan dengan bidang akademik lain. Jurnal ilmiah yang memuat KTI (Karya Tulis Ilmiah) yang secara nyata mengandung data dan informasi yang mengajukan iptek dan ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala.

Journal Ilmiah selalu berhubungan dengan ilmu Pengetahuan atau Kajian Ilmu serta temuan baru dalam pendidikan dan pengetahuan. Jurnal dikatakan Jurnal Ilmiah jika mempunyai fungsi Registration yaitu mempublikasikan klaim prioritas ilmu pengetahuan, Dissemination yaitu menyediakan akses yang mengkomunikasikan penemuan kepada khalayak yang mencari Informasi dari jurnal yang dimaksud, Certification yaitu memberikan keizinan, atau Tanda persetujuan, dan Archival record yaitu menjaga catatan ilmu pengetahuan. Jurnal ilmiah wajib memenuhi persyaratan administratif sebagai berikut :
  1. Memiliki International Standard Serial Number (ISSN).
  2. Memiliki mitra bestari paling sedikit 4 (empat) orang.
  3. Diterbitkan secara teratur dengan frekuensi paling sedikit dua kali dalam setahun, kecuali majalah ilmiah dengan cakupan keilmuan spesialisasi dengan frekuensi satu kali dalam satu tahun.
  4. Bertiras tiap kali penerbitan paling sedikit berjumlah 300 eksemplar, kecuali majalah ilmiah yang menerbitkan sistem jurnal elektronik (e-journal) dan majalah ilmiah yang menerapkan sistem daring (online) dengan persyaratan sama dengan persyaratan majalah ilmiah tercetak.
  5. Memuat artikel utama tiap kali penerbitan berjumlah paling sedikit 5 (lima), selain dapat ditambahkan dengan artikel komunikasi pendek yang dibatasi paling banyak 3 (tiga) buah.
Jurnal Ilmiah
Teks genre makro dapat pula ditemukan pada artikel, baik dalam jurnal ilmiah maupun artikel di majalah. Salah satu contoh artikel pada jurnal ilmiah seperti di bawah ini. Bacalah dengan cermat dan jawablah pertanyaan yang mengiringinya.
TeksStruktur Teks
Hubungan Komunikasi Dokter–Pasien Terhadap Kepuasan Pasien Berobat Di Poliklinik RSUP DR. M. Djamil Padang
Tiara Wahyuni, Amel Yanis, Erly
Judul
Cerita UlangLaporanEksposisi
Abstrak
Komunikasi dokter-pasien adalah suatu hal yang sangat penting dalam proses terapeutik di rumah sakit. Kualitas komunikasi yang terjadi di antara kedua belah pihak akan menghasilkan kepuasan di dalam diri pasien karena pasien akan merasa puas dan kembali lagi ke dokter yang sama jika ......

Kata kunci: komunikasi, kepuasan
OrientasiPernyataan
umum/
klasifikasi
Pernyataan pendapat (tesis)
PENDAHULUAN
Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 159b/Menkes/ PER/II/1998 tentang Rumah Sakit: rumah sakit didefinisikan sebagai sarana upaya kesehatan yang menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan serta dapat dimanfaatkan untuk pendidikan tenaga kesehatan dan penelitian. ......
IsiAnggota/
aspek
yang dilaporkan
Argumentasi
METODE
Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari – Maret 2013 dan wawancara dilakukan kepada pasien yang berobat di poliklinik RSUP dr. M. Djamil Padang dari tanggal 5 Maret 2013 – 18 Maret 2013. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 107 orang dengan usia ≥ 18 - ≤ 60 tahun yang berobat di .......
HASIL DAN PEMBAHASAN
a. Karakteristik Subjek Penelitian
1. Umur
Sebagian besar pasien berobat yang menjadi responden adalah usia 41-60 tahun.
(Tabel 1)

2. Jenis Kelamin
Responden terbanyak adalah perempuan.

3. Pendidikan Terakhir
Responden terbanyak adalah berpendidikan SMA .......

........
KESIMPULAN
  1. Sebagian besar dokter di RSUP Dr. M. Djamil Padang memiliki komunikasi yang cukup baik dengan pasien.
  2. 2. Sebagian besar pasien yang berobat di poliklinik umum RSUP Dr. M. Djamil Padang puas dengan pelayanan dokter.
  3. Terdapat hubungan antara komunikasi dokter – pasien dengan kepuasan pasien yang berobat di poliklinik umum RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Tabel
............

Ucapan Terima Kasih
...........
ReorientasiPenegasan ulang pendapat
DAFTAR PUSTAKA
1. Djauzi, Samsuridjal, Supartondo. Komunikasi dan Empati, dalam Hubungan Dokter – Pasien; Jakarta: Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia; 2004.
...........
Sumber

Mohon koreksinya jika saya keliru. Terima Kasih.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:04 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....