Home » » Sistem dan Jenis Pengukuran Tubuh

Sistem dan Jenis Pengukuran Tubuh

Pembuatan pola secara konstruksi, ukuran tubuh adalah faktor penting yang akan menentukan hasil dan bentuk konstruksi pola dari busana yang akan di buat. Sebelumnya perlu diketahui bahwa pengertian dari ukuran. Ukuran adalah Bilangan yang menunjukkan besar kecilnya satuan ukuran atau suatu benda. Sebelum melakukan pengukuran perlu dipahami terlebih dahulu hal-hal seperti memahami konsep atau desain pakaian yang akan dibuat.

Bentuk tubuh wanita memang tidak sama dengan bentuk tubuh pria. Ada lekukan dan ada yang menonjol. Untuk itu proses pengukuran tubuh wanita lebih banyak dan lebih detil   dibanding dengan tubuh pria. Mengukur bagian-bagian tubuh wanita tidak jauh berbeda dengan cara mengukur dengan paspop/dummy/dress form.

Fungsi ukuran tubuh antara lain sebagai data dalam pembuatan pola, baik pola datar-(flat pattern) maupun pola pulir (drapping), sebagai dasar untuk pengembangan desain-desain baru, merupakan referensi di dalam pengecekan pola, membantu dalam pengepasan (fitting).

A. Sistem Pengukuran Tubuh
Ada beberapa sistem atau metode yang digunakan untuk keperluan mengukur tubuh. Antara lain adalah dengan :
  1. Martin measurement method (satu dimensi) yaitu mengukur dengan menggunakan macam-macam alat ukur manual.
  2. Sliding gauge measurement method, adalah pengukuran dengan menggunakan alat foto yang dapat di dorong untuk mendapatkan foto bagian muka dan bagian belakang yang dapat mengukur ketebalan dan lebar tubuh.
  3. Plaster cast method adalah mengukur tubuh dengan cara membuat cetakan tubuh manusia atau model dengan menggunakan gypsum. Jadi ukuran di ambil dari cetakan tubuh model yang sudah di lepas dari tubuh.
  4. Automatic body type photography method (Silhouette measuring device). adalah metode pengukuran dengan menggunakan kamera/photograp kemudian datanya dapat diproses dengan menggunakan computer.
  5. Three-dimensional curved surface measurement method, atau kamera tiga dimensi. Ukuran yang di ambil dengan menggunakan kamera tiga dimensi. Data dapat diperoleh dengan cepat atau dalam waktu yang singkat dan dengan data yang lengkap. Cara kerja kamera adalah dengan menggunakan sinar laser serta menggunakan sofwer dengan program khusus.
Automatic body type photography method
B. Persiapan Mengukur
Sebelum melakukan pengukuran tubuh harus dipersiapkan alat-alat yang akan digunakan pada saat melakukan pengukuran. Beberapa peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam pengukuran tubuh antara lain sebagai berikut.
  1. Buku cacatan ukuran.
  2. Alat-tulis (pulpen/pensil).
  3. Piterban (pita kecil, untuk mengikat pinggang sebagai tanda letak pinggang).
  4. Pita ukuran (meteran).
  5. Penggaris (kalau diperlukan).
  6. Daftar jenis ukuran atau daftar macam-macam ukuran yang akan diambil.
  7. Model/orang yang akan di ukur atau pakaian jadi, yang dijadikan pedoman untuk ukuran.
  8. Kertas karton atau sejenisnya untuk alat bantu pada saat mengukur lingkar pinggul

Untuk mendapatkan ukuran yang tepat, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, sebagaimana yang tercantum di bawah ini:
  1. Model atau peragawati yang akan diukur sebaiknya memakai busana yang pas badan seperti baju senam atau baju renang atau memakai kamisol.
  2. Sebelum mengambil ukuran, pastikan model berdiri dengan posisi yang benar yaitu: a) badan tegak dan lurus (tidak memiringkan badan, tidak menundukkan kepala, tidak membesarkan dada dan juga tidak membungkuk; b) garis pandang sejajar dengan letak tinggi mata; c) kedua kaki rapat; d) tangan lurus pada sisi.
  3. Untuk mempermudah dan menghemat waktu dalam bekerja siapkan daftar ukuran tubuh yang diperlukan.

C. Etika Mengukur
Proses menentukan ukuran tubuh pada seseorang yang digunakan untuk membuat suatu busana disebut dengan mengukur tubuh. Ketika mengukur bagian tubuh ada beberapa etika yang harus diperhatikan, seperti di bawah ini.
  1. Posisi di depan sebelah kanan model yang di ukur
  2. Ujung pita ukuran yang berangka kecil ada di tangan kiri
  3. Bila pita ukuran di lingkarkan atau digantung pada leher, maka pita ukuran yang berangka kecil, ada di tangan kanan
  4. Pastikan pita ukuran tidak terlipat atau tidak melintir
  5. Mulailah mengukur dengan sopan dan teliti
  6. Usahakan model tidak berpindah tempat atau berputar mengikuti keinginan yang mengukur
  7. Jangan memasang pita ukuran di sekeliling tubuh dengan ketat, sehingga menekan otot
  8. Sebaiknya letakkan pita ukuran dengan tekanan yang ringan dan merata, untuk mendapatkan ukuran yang benar
  9. Akan lebih lengkap lagi apabila kita juga mengetahui berat badan model, supaya dapat diketahui apakah model mempunyai tubuh yang seimbang antara berat badan dengan tinggi badan

D. Cara Mengambil Ukuran Pada Model
Perhatikan letak pita ukuran atau garis tubuh yang akan di ukur. Pita ukuran haruslah dipasang atau diletakkan rata dari muka sampai ke belakang.
No.UkuranCara mengukur
1.Lingkar LeherDiukur sekeliling leher yang terbesar.
2.Lingkar BadanPita ukuran dilingkarkan melalui ke dua titik puncak payud*ra dan diukur ratadari bagian muka dan belakang tidak ditambah dan tidak dikurangi.
3.Lingkar PinggangPita ukuran dilingkarkan pada pinggang yang paling kecil, sehingga pita ukuran tidak bergeser ke atas dan ke bawah (sebelumnya pinggang sudah di ikat dengan peterban).
4.Lingkar PinggulPita ukuran dilingkarkan pada keliling panggul yang terbesar. Untuk model yang perutnya tebal sebaiknya diberi alat bantu dengan menempelkan karton pada bagian perut, kemudian pita ukuran dilingkarkan di atas alat bantu tersebut
5.Lingkar Kerung LenganDiukur sekeliling lingkar kerung lengan mulai dari titik bahu melalui ketiak sampai titik bahu semula
6.Lebar BahuDiukur dari titik bahu pada leher tertinggi sampai titik bahu terendah pada ujung bahu bagian lengan
7.Lebar Punggungkiri bagian belakang sampai batas garis lipatan ketiak kanan bagian belakang
8.Panjang PunggungPanjang punggung Diukur dari tulang leher belakang sampai batas garis pinggang (pita ukuran lurus).
9.Lebar Muka/DadaLebar muka atau lebar dada Diukur dari garis ketiak kiri bagian muka sampai garis ketiak kanan bagian muka
10.Panjang MukaDiukur dari lekuk leher bagian muka sampai batas garis pinggang
11.Panjang LenganDiukur dari titik bahu sampai batas yang diinginkan
12.Lingkar Ujung LenganLingkar ujung lengan (lengan panjang) Diukur sekeliling pergelangan tangan
13.Panjang GaunDiukur dari titik leher belakang sampai batas yang diinginkan atau mulai dari lantai sampai batas ketinggian berapa panjang dari lantai yang diinginkan.
14.Panjang RokDiukur dari garis pinggang sampai batas yang diinginkan atau mulai dari lantai sampai batas ketinggian berapa panjang dari lantai yang diinginkan.
15.Tinggi PinggulDiukur pada bagian sisi muka mulai dari garis pinggang sampai garis panggul yang tertinggi atau terbesar
16.Tinggi Dada/PuncakTinggi dada/tinggi puncak dada Diukur lurus dan tegak lurus dari batas garis pinggang menuju titik puncak tertinggi
17.Berat BadanBerat badan. Berat badan ditimbang menggunakan timbangan khusus berat badan
18.Lingkar PesakLingkar Pesak(untuk celana) Lingkar pesak di ukur dengan cara melingkarkan pita ukuran melalui selangkangan mulai dari batas garis pinggang bagian depan sampai pada batas pinggang bagian belakang.
19.Panjang Celana 1Panjang Celana 1 (celana panjang) Panjang celana diambil dari bagian sisi, Pita ukuran(meteran) yang berangka 1 Diletakkan pada sisi pas pada garis pinggang Kemudian di ukur lurus sampai pada batas mata kaki.
20.Panjang Celana 2Panjang Celana 2 (celana pendek) Cara mengambil ukurannya sama dengan celana panjang, hanya saja panjang celana disesuaikan dengan batas panjang celana yang diinginkan

E. Jenis Ukuran
No.UkuranInggris
Lingkar
1.Lingkar leherNeck line
2.Lingkar badanBust line
3.Lingkar pinggangWaist line
4.Lingkar panggulHip line
5.Lingkar kerung lenganArm hole
6.Lingkar lututKnee line
7.Lingkar ujung lengan/pergelanganWrist
8.Lingkar sikuAround the elbow
9.Lingkar tanganAround the hand
10.Lingkar kepalaAround the head
11.Lingkar pahaAround the thigh
12.Lingkar betisAround the lower leg
Ukuran Lebar
13.Lebar bahuShoulder line
14.Lebar punggungAcross back
15.Lebar muka atau lebar dadaAcross front
Ukuran Panjang
16.Panjang punggungBack length
17.Panjang mukaFront length
18.Panjang lenganSleeve length
19.Panjang blus/gaun/blazerDress length
20.Panjang RokSkirt length
Ukuran Tinggi
21.Tinggi panggulHip length
22.Tinggi dada/tinggi puncakBust point
Ukuran Berat
23.Berat badanWeight
24.Tinggi badanTall
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:17 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....