Home » » Perkembangan Bentuk Tubuh Manusia

Perkembangan Bentuk Tubuh Manusia

Bentuk tubuh manusia, juga mengalami perubahan. Dari beberapa sumber mengatakan kita dapat mempelajari perubahan dan perkembangan bentuk tubuh manusia dalam tiga periode, yaitu abad ke 14, abad ke 16 dan abat ke 17 sampai sekarang. Sebelum mempelajari tentang bagaimana cara membuat busana yang sesuai dengan keinginan dan sesuai dengan ukuran serta bentuk tubuh, langkah awal yang dilakukan adalah mempelajari tentang anatomi tubuh manusia itu sendiri. 

Mempelajari anatomi tubuh khususnya tentang bentuk tubuh, diperlukan agar dalam mempelajari pembuatan pola, kita mampu membuat pola yang sesuai dengan bentuk dan ukuran tubuh model.

A. Bentuk Tubuh Abad ke 14
Pada Abad ke 14 bentuk tubuh manusia bulat (gemuk berisi) dan pendek, sehingga tidak begitu berbeda antara tubuh bagian atas dengan tubuh bagian bawah. Jarak antara perut, dada dan dagu begitu dekat sehingga pada Abad ini lingkar dada/badan sebagai patokan adalah titik dada. Garis pinggang sebagai patokan adalah titik pusar.
Bentuk Tubuh Abad 14

Garis panggul adalah bagian panggul yang terbesar disekitar area panggul. Sedangkan tengah depan atau tengah muka, dan tengah belakang adalah tepat pada garis tengah muka dan tengah belakang.

B. Bentuk Tubuh Abad Ke 16
Pada Abad ke 16 bentuk tubuh manusia mengalami sedikit perubahan yang mana bentuk tubuh manusia menjadi lebih menarik bila dibandingkan dengan Abad sebelumnya. Pada Abad ini bentuk tubuh manusia lebih lansing dan lebih berbentuk. Garis pinggang sudah terlihat nyata dan jarak antara dagu dan dada tidak begitu dekat, Cuma saja pada Abad ini manusia belum ada setinggi sekarang (masih pendek).
Bentuk Tubuh Abad 16
Pada Abad 16 ditemukan bahwa garis sisi/samping harus tegak lurus, sedangkan garis tengah belakang harus melalui setengah leher belakang dan tengah garis pantat. Pada zaman ini garis tubuh dibuat atau ditentukan dengan memberi tanda dengan garis lurus saja. Garis horizontal untuk garis tubuh bagian panjang atau tinggi, dan garis fertikal untuk garis tubuh bagian lebar atau lingkaran, seperti garis pinggang, garis panggul dan lain-lain.

C. Bentuk Tubuh Abad Ke 17 Sampai Sekarang
Perkembangan bentuk tubuh sampai pada Abad 17, bentuk tubuh manusia menjadi lebih tinggi dari Abad sebelumnya. Semakin baiknya kehidupan dan semakin baik pula pemenuhan kebutuhan gizi makanan mungkin salah satu hal yang menyebabkan manusia bertambah tinggi.
Bentuk Tubuh Abad 17
Pada Abad 17 sampai sekarang dikatakan bahwa garis tubuh adalah mengikuti perspektif tubuh. Artinya di dalam membaca desain, membuat perbandingan desain, sesuai dengan perspektif tubuh pemakai. Apabila ada bentuk tubuh yang tidak ideal misalnya bahu tidak sama tinggi, posisi tubuh tidak tegak lurus, panggul tidak sama tinggi dan lain-lain maka garis tubuh dibuat disesuaikan dengan bentuk tubuh tersebut yang akhirnya ukuran yang akan di ambil tentu juga harus mengikuti bentuk tubuh tersebut.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:15 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....