Home » , » Peralatan Listrik dan Peralatan Kontrol Tata Cahaya

Peralatan Listrik dan Peralatan Kontrol Tata Cahaya

Peralatan listrik sangat diperlukan dalam pemasangan lampu panggung. Peralatan listrik yang digunakan dalam pemasangan lampu teater antara lain kabel, stop kontak dan steker, sakelar, multimeter, tespen, terminal, berbagai jenis tang, obeng dan selotip.

Untuk mengontrol atau mengoperasikan tata cahaya menggunakan papan kontrol model on-off serta dimmer. Papan kontrol on-off dapat dioperasikan secara langsung melalui sakelar-sakelar yang dipasang, sedang dimmer membutuhkan remote control (pengendali jarak jauh). Terdapat dua jenis dimmer yaitu dimmer manual dan dimmer yang menggunakan memori melalui komputer.

A. Peralatan Listrik
Peralatan listrik adalah semua benda yang dapat digunakan untuk melakukan sesuatu yang dapat berfungsi jika menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Beberapa peralatan listrik yang dibutuhkan dalam tata cahaya adalah sebagai berikut.

1. Kabel Listrik
Kabel listrik merupakan komponen yang berfungsi untuk menghantarkan energi listrik ke sumber beban listrik atau alat listrik. Banyak jenis kabel dalam dunia kelistrikan. Umumnya yang dipakai dalam tata lampu panggung adalah kabel yang mampu menahan tegangan tinggi.

2. Sakelar
Sakelar atau switch merupakan komponen instalasi listrik yang berfungsi untuk menyambung atau memutus aliran listrik pada suatu penghantar. Berdasarkan besarnya tegangan, sakelar dapat dibedakan menjadi; sakelar bertegangan rendah, sakelar tegangan menengah, sakelar tegangan tinggi, dan sangat tinggi.

3. Stop Kontak
Stop kontak atau outlet, adalah komponen listrik yang berfungsi sebagai muara hubungan antara alat listrik dengan aliran listrik. Agar alat listrik terhubung dengan stop kontak, maka diperlukan kabel dan steker atau colokan yang ditancapkan pada stop kontak. Stop kontak dibedakan menjadi dua macam, yaitu stop kontak kecil untuk peralatan listrik berdaya kecil, dan stop kontak besar yang menyediakan akses ground untuk peralatan berdaya listrik besar.
Peralatan Listrik
4. Multimeter
Multimeter adalah alat ukur listrik yg mempunyai beberapa jangkauan dan dapat disetel untuk mengukur tegangan, arus, dan hambatan listrik. Multimeter digunakan untuk mengetahui ada tidaknya tegangan dari kabel yang disambungkan ke perangkat.

5. Tespen, Terminal, Tang, dan Obeng
Tespen adalah alat untuk mengecek ada tidaknya arus listrik. Sedangkan terminal adalah alat yang digunakan untuk menyambung kabel. Penggunaan terminal membuat sambungan kabel lebih kuat dan aman. Untuk memotong kabel diperlukan tang pemotong dan untuk mengelupas kabel dibutuhkan tang khusus pengelupas kabel. 

Alat penting lain dalam kelistrikan adalah obeng untuk mengencangkan dan mengendurkan sekrup pada saat pemasangan stop kontak, sakelar, penyambungan kabel ke terminal atau ke sirkuit dimmer. Yang juga tidak kalah pentingnya adalah atau isolator yang sewaktu-waktu dapat digunakan untuk membungkus kabel yang terkelupas.

B. Kontrol Tata Cahaya
Untuk mengontrol atau mengoperasikan tata cahaya menggunakan papan kontrol. Beberapa peralatan kontrol dalam tata cahaya antara lain sebagai berikut.

1. Kontrol model on-off
Model kontrol lampu on (nyala) dan off (mati) yang dioperasikan melalui satu rangkaian sakelar yang dipasang pada papan kayu. Satu sakelar bisa dianggap satu channel dan bisa dipasangi satu atau beberapa lampu.

Papan kontrol model on-off tidak bisa dibebani lampu berdaya tinggi. Lampu yang digunakan berjenis par atau halogen dengan watt rendah. Pengoperasian control model onoff tidak memungkinkan lampu diredup-terangkan. Intensitas cahaya diatur dengan memasang lampu yang berbeda besaran watt atau memperlebar jarak lampu dengan objek.

2. Kontrol dengan Dimmer
Dimmer adalah alat yang digunakan untuk mengontrol intensitas cahaya dan mengatur perubahan cahaya dalam intensitas tertentu dalam tata cahaya profesional. Dimmer dapat mengubah intensitas cahaya dari rendah (redup) ke tinggi (terang) atau sebaliknya.

Dimmer mempermudah operasional dan pengendalian intensitas cahaya lampu di panggung, dimana satu unit dimmer pack yang dapat menampung banyak lampu. Banyak jenis, ukuran, dan kekuatan dimmer pack. Ada dimmer pack yang dipasang secara permanen di dalam sebuah gedung pertunjukan, tetapi ada yang dirancang khusus untuk pentas keliling sehingga mudah dibawa kemana-mana.
Kontroler dan Pengendali Manual
Dimmer generasi lama menyediakan disediakan gagang pengendali intensitas cahaya, tetapi hal ini membuat ukuran dimmer menjadi besar. Sedangkan Dimmer modern tidak menyediakan pengendali
intensitas cahaya, selain sebuah tombol kecil pada masing-masing channel. Untuk membantu pengendalian intensitas dibutuhkan pengendali jarak jauh (remote control).

Pengendali jarak jauh sering disebut control desk (meja pengendali) karena harus diletakkan di atas meja untuk menggunakannya. Ukuran dan jenis control desk bermacam-macam. Ada yang dioperasikan secara manual ada yang sudah menggunakan komputer, sehingga bisa diprogram untuk
mengendalikan intensitas cahaya secara otomatis yang disebut controler memory.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:01 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....