Home » , » Peralatan dan Perlengkapan Pemasangan Tata Cahaya

Peralatan dan Perlengkapan Pemasangan Tata Cahaya

Pemasangan lampu di atas pentas membutuhkan berbagai perlengkapan pemasangan. Perlengkapan pemasangan  dibutuhkan untuk memasang lampu di atas pentas. Perlengkapan tersebut ada yang telah terpasang permanen dan ada yang dapat dipindahkan. Perlengakapan pemasangan lampu harus terbuat dari bahan yang kuat sehingga mampu menahan berat lampu yang dipasang.

Perlengkapan ada yang terpasang secara permanen dan ada yang dapat dipindahkan. Perlengkapan pemasangan antara lain bar dan boom, stand, clamp, bracket, dan lighting rig. Alat bantu pemasangan diantaranya tangga, stager, tongkat panjang untuk mengarahkan lampu dari bawah, kawat atau rantai penahan lampu, dan tali untuk menaik-turunkan lampu.

1. Bar dan Boom
Pipa besi yang dipasang secara horizontal disebut bar, dan yang dipasang secara vertikal disebut boom. Bar digunakan untuk menggantungkan lampu di atas panggung yang terdiri dari beberapa baris mulai dari atas backdrop sampai ke baris depan di atas penonton. 

Dalam panggung modern bar tidak dibuat statis melainkan bisa diturunkan dan dinaikkan sehingga jarak dan sudut lampu dapat disesuaikan dengan mudah. Berbeda dengan boom yang dipasang di sayap panggung secara vertikal dan permanen. Fungsi boom adalah untuk memasang lampu samping.

2. Stand
Stand adalah sebuah pipa yang terbuat dari logam kuat yang dapat berdiri dengan tegak dan kuat menahan berat lampu yang dipasang. Stand khusus yang dipakai untuk lampu follow spot dibuat sedemikian rupa sehingga bisa digerakkan ke kanan, ke kiri, ke atas, dan ke bawah secara manual. Tinggi rendah stand dapat diatur.

Ada juga stand yang di atasnya dipasangi bar yang disebut T-bar stand. Dengan stand jenis ini maka lampu dapat dipasang pada tiang vertikal ataupun horizontal. Beberapa stand dilengkapi menggunakan roda pada kaki-kakinya agar mudah dipindahkan. Stand sangat bermanfaat ketika boom yang terpasang secara permanen kurang memadai atau jaraknya tidak tepat seperti yang diinginkan.

3. Clamp dan Bracket
Clamp berfungsi untuk menggantungkan lampu pada bar, sedangkan untuk menggantungkan lampu pada boom dibutuhkan siku (bracket) yang disebut boom arm. Klem yang umum digunakan adalah C-clamp atau hook clamp. Bentuk dan ukuran hook clamp bervariasi tetapi fungsinya tetap sama. Boom arm dipasang pada boom atau batang stand vertikal dan ujungnya digunakan untuk memasang lampu.
Macam Macam Klem
Pada boom arm generasi lama menggunakan dua plat besi yang berfungsi untuk menggapit boom dan menggunakan dua buah sekrup untuk mengencangkannya. Boom arm yang baru, menggunakan hook clamp dengan satu sekrup untuk mengkait boom sehingga lebih mudah mengatur.

4. Lighting Rig
Lighting rig adalah struktur yang digunakan untuk memasang lampu yang terdiri dari bar dan boom yang ditata sedemikian rupa. Dalam panggung teater tertutup, rig dipasang secara permanen tetapi ada yang bisa dibongkar pasang. Untuk panggung terbuka rig selalu bisa dibongkar pasang.
Lighting Rig
Riig panggung terbuka dibentuk dengan menggunakan truss. Truss adalah struktur yang berfungsi sebagai tiang penopang, penyangga, dan penunjang yang merupakan material dasar untuk membangun lighting rig. Truss terbuat dari logam ringan dan kuat. Ada 3 bentuk dasar truss yang umum dijumpai yaitu, truss datar, segi tiga, dan segi empat.

5. Alat Bantu Pemasangan
Alat bantu pemasangan lampu terkait dengan pengamanan lampu dan cara pemasangan. Kerja pemasangan lampu terdiri dari memindahkan, menaikkan, memasang, dan menurunkan. Kondisi lampu yang akan dipasang perlu diperhatikan, tidak bisa sembarang dicolokkan ke listrik.

Kabel juga perlu diperiksa, karena kabel yang terkelupas dapat mengalirkan setrum dan bisa menyebabkan kortsleting dan kebakaran. Semua kabel harus diperiksa dan jika ada kabel yang terkelupas harus ditutup dengan selotip.

Alat bantu pemasangan yang biasa digunakan antara lain tangga, stager, tongkat panjang, tali, dan rantai logam.
  1. Tangga digunakan untuk meraih dan mengarahkan lampu pada ketinggian tertentu. 
  2. Stager  dapat digunakan sebagai tangga untuk memasang, mencopot dan mengarahkan lampu.
  3. Tongkat panjang yang ujungnya diberi pengait besi digunakan untuk mengarahkan lampu dari
  4. bawah. 
  5. Tali digunakan untuk menaikkan dan menurunkan lampu dari atas tangga, stager atau catwalk. 
  6. Rantai logam digunakan untuk menahan dan menjaga lampu agar tidak tejatuh jika C-clamp
  7. kendur.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:49 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....