Home » » Membuat Link ke Bagian Dokumen Tertentu

Membuat Link ke Bagian Dokumen Tertentu

Link dapat berperan untuk mengarahkan ke bagian teks atau gambar tertentu yang masih berada dalam satu dokumen yang sama. Link seperti ini biasanya pada halaman web yang memiliki informasi yang panjang atau pada dokumen yang memiliki daftar isi di bagian atasnya. Tujuannya adalah agar para pengunjung tidak perlu melakukan scrolling pada halaman tersebut untuk menuju/kembali tertentu dalam dokumen bersangkutan.

Dapat juga membuat link internal dalam suatu halaman - misalnya daftar isi di atas dengan link ke setiap bab . Hal yang perlu digunakan adalah atribut yang disebut id (identifikasi) dan simbol “#”. Gunakan atribut id untuk menandai elemen yang ingin ditautkan/link. Sebagai contoh:
<h1 id="heading1">heading 1</h1>

Sekarang kita dapat membuat link ke elemen dengan menggunakan ”#” di atribut link. Tanda “#” harus diikuti dengan id dari tag yang ingin ditautkan/link. Sebagai contoh:
<a href="#heading1"> Menuju ke heading 1</a>

Berikut ini contoh bila ada beberapa link internal
<html>
<head> </head>
<body>
<a href="#heading1">Link ke heading 1</a>
<a href="#heading2">Link ke heading 2</a>
<h1 id="heading1">heading 1</h1>
<h1 id="heading2">heading 2</h1>
</body>
</html>
Link Dokumen
Link ke bagian dokumen tertentu dapat di bedakan lagi menjadi dua jenis, yaitu : Link ke bagian tertentu dalam dokumen yang sama dan Link ke bagian tertentu dalam dokumen lain
  1. Link ke Bagian Tertentu dalam Dokumen yang sama. Untuk membuat link semacam ini, terlebih dahulu kita perlu memberikan id atau nama pada bagian teks atau gambar tertentu sebagai bagian yang akan dituju. Pemberian id tersebut dilakukan dengan cara menuliskan kode berikut : <a id=”tujuanLink”>Teks atau gambar</a>
  2. Selanjutnya untuk membuat link yang akan mengarah ke teks atau gambar yang telah di namai tersebut adalah dengan menuliskan kode seperti berikut : <a href=”#Tujuanlink”>Teks atau gambar</a> Tanda # di atas menunjukan bahwa tujuan link adalah nama bagian, bukan berupa file.
  3. Link ke Bagian Tertentu Dalam Dokumen Lain. Selain bagian yang berada dalam satu dokumen, link dapat juga mengarah ke sesuatu bagian tertentu yang terdapat dalam dokumen lain. Untuk membuat link semacam ini, bagian tertentu dalam dokumen lain tersebut harus di tantai dengan pemberian id seperti pada sub-bab sebelumnya. Perbedaan hanya terletak pada penulisan tujuan link-nya saja. Pada kasus seperti ini, kita perlu menambahkan id bagian pada tujuan link, seperti berikut: <a href=”namafile#idBagian”>Teks atau gambar</a>.

Contoh Link dalam Satu Dokumen :
<html>
<head>
<title>link>/title>
</head>
<body>
<h2>Latihan membuat ke bagian tertentu dalam satu dokumen</h2>
<a id= “atas”></a>
<p> pilih salah satu judul buku berikut untuk melihat deskripsi : </p>
<a href=”#c”> pemrograman C</a><br />
<a href=”#cpp”> pemrograman C++</a><br />
<a href=”#bcb”> pemrogaraman Borland C++Builder</a></p>
<p><a id=”c”><strong>pemrograman C</strong> </a></p>

<p>C merupakan bahasa pemrograman yang sudah tidak digunakan lagi kehandalannya dan banyak digunakan untuk membuat program-progarm dalam berbagai bidang, termasuk pembuatan kompilator (compiler) dan sistem operasi. Sampai saat ini, C masih tetap menjadi bahasa populer dan berwibawa dalam kancah pemrograman. Sejauh ini, C juga telah menjadi inspirasi bagi kelahiran bahasa-bahasa pemrograman baru, seperti C++, java, dan juga yang lainnya ; sehingga dari sisi sintak kontrol programnya, ketika bahasa ini bisa dikatakan sama. Bahasa pemrograman C sangatlah fleksibel dan portabel, sehingga dapat di tempatkan dan di jalankan di dalam beragam sistem operasi. Pada umumnya, C banyak digunakan untuk melakukan interfacing antar perangkat keras (hardwere) agar dapat berkomunikasi satu sama lainnya. <br />
<p><a id=”cpp”><strong>pemrograman C++</strong></a</p>

<p>C++ merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer dan telah banyak digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak di berbagai bidang; seperti : telekomunikasi, embedded system, bisnis, dan hiburan. Salah satu kehandalan dari C++ adalah bahasa ini mendukung sepenuhnya konsep pemrograman berorientasi objek, atau yang lebih di kenal dengan OPP (object oriented programming). (cross platform), C++ juga telah manjadi bagian hidup dari sebagian para pecinta linux.<br />
<p><a id=”bcb”><strong>pemrograman borland C++builder</strong></a></p>

<p>C++builder adalah sebuah perangkat lunak berbasis C++ yang digunakan untuk melakukan pembuatan aplikasi (baik visual maupun non-visual) yang berjalan di atas platform microsoft windows. Selain itu, C++builder juga banyak di gunakan sebagai alat untuk pengembangan file-file DLL (Dynamic Link Library ). Dengan adanya kemudahan dan dukungan visual yang di tawarkan di dalamnya, C++builder banyak di gunakan oleh para programmer profesional untuk pengembangan aplikasi yang beraneka ragam jenisnya, seperti : openGL, multimedia, games, database, embedded system, dan banyak lagi yang lainnya.<br />
<a href=”#atas”>kembali ke atas</a></p >
</body>
</html>

Hasilnya adalah sebagai berikut.

Latihan membuat ke bagian tertentu dalam satu dokumen


Pilih salah satu judul buku berikut untuk melihat deskripsi :
Pemrograman C
Pemrograman C++
Pemrogaraman Borland C++Builder

Pemrograman C
C merupakan bahasa pemrograman yang sudah tidak digunakan lagi kehandalannya dan banyak digunakan untuk membuat program-progarm dalam berbagai bidang, termasuk pembuatan kompilator (compiler) dan sistem operasi. Sampai saat ini, C masih tetap menjadi bahasa populer dan berwibawa dalam kancah pemrograman. Sejauh ini, C juga telah menjadi inspirasi bagi kelahiran bahasa-bahasa pemrograman baru, seperti C++, java, dan juga yang lainnya ; sehingga dari sisi sintak kontrol programnya, ketika bahasa ini bisa dikatakan sama. Bahasa pemrograman C sangatlah fleksibel dan portabel, sehingga dapat di tempatkan dan di jalankan di dalam beragam sistem operasi. Pada umum nya, C banyak digunakan untuk melakukan interfacing antar perangkat keras (hardwere) agar dapat berkomunikasi satu sama lainnya.

Pemrograman C++
C++ merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer dan telah banyak digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak di berbagai bidang; seperti : telekomunikasi, embedded system, bisnis, dan hiburan. Salah satu kehandalan dari C++ adalah bahasa ini mendukung sepenuhnya konsep pemrograman berorientasi objek, atau yang lebih di kenal dengan OPP (object oriented programming). (cross platform), C++ juga telah manjadi bagian hidup dari sebagian para pecinta linux.

Pemrograman Borland C++builder
C++builder adalah sebuah perangkat lunak berbasis C++ yang digunakan untuk melakukan pembuatan aplikasi (baik visual maupun non-visual) yang berjalan di atas platform microsoft windows. Selain itu, C++builder juga banyak di gunakan sebagai alat untuk pengembangan file-file DLL (Dynamic Link Library ). Dengan adanya kemudahan  dan dukungan visual yang di tawarkan di dalamnya, C++builder banyak di gunakan oleh para programmer profesional untuk pengembangan aplikasi yang beraneka ragam jenisnya, seperti : openGL, multimedia, games, database, embedded system, dan banyak lagi yang lainnya.
Kembali ke Atas

Kesimpulannya adalah Link dapat dibuat ke bagian teks atau gambar tertentu yang masih berada dalam satu dokumen yang sama. Link seperti ini biasanya pada halaman web yang memiliki informasi yang panjang atau pada dokumen yang memiliki daftar isi di bagian atasnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:54 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....