Home » » Membandingkan Surat pembaca dan Surat Lamaran

Membandingkan Surat pembaca dan Surat Lamaran

Bahasa merupakan alat utama yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu dengan yang lain. Dalam kehidupan seharihari, manusia tidak dapat terlepas dari penggunaan bahasa. Dalam menjalin sebuah komunikasi manusia menggunakan bahasa untuk mengemukakan atau menyampaikan maksud, ide dan informasi kepada orang lain.

Surat-menyurat merupakan salah satu sarana komunikasi secara tertulis yang tepat. Walaupun serbuan teknologi demikian gencar memasuki kehidupan masyarakat modern, namun fungsi surat bisa dikatakan belum tergantikan. Hanya saja, cara penulisan dan media yang digunakan mengalami banyak perubahan. Informasi dalam surat dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, permintaan, laporan, pemikiran, sanggahan, dan sebagainya.

1. Surat pembaca
Surat pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca yang dimuat dalam surat kabar/koran, tabloid, atau majalah yang berisi tanggapan, kritik, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih, dan lain-lain. Berikut ini salah satu contoh surat pembaca.

Pokok Surat Pembaca
Secara umum surat pembaca tidak berbeda dengan surat pribadi. Strukturnya terdiri atas pembuka, isi, dan penutup. Langkah-langkah sebelum menulis surat pembaca yang perlu diperhatikan adalah menentukan pokok-pokok permasalahan yang akan ditulis dalam surat pembaca. Ada baiknya kita memperhatikan dan mengerti hal yang akan ditulis dalam surat pembaca. Dengan berpedoman pada adiksimba (apa, di mana, siapa, mengapa, dan bagaimana), kita dapat menentukan pokok surat yang akan ditulis.
Struktur teksKalimat
PembukaPulau-pulau di Jawa

Pada Jumat, 25 Juli lalu, wartawan Metro TV dalam berita mudik mengatakan, “Tiket tujuan Jakarta dan pulau-pulau di Jawa sudah habis”. Berita itu menyesatkan sebab Jawa dikesankan terdiri atas banyak pulau. Mestinya wartawan itu melaporkan, “Tiket tujuan Jakarta dan kota-kota besar di Pulau Jawa sudah habis”.
IsiSesat pikir itu selama ini dibiarkan. Pangkalnya, pada hemat saya, mereka yang tinggal di Jakarta merasa bahwa Jakarta tidak berada di Pulau Jawa. Saban sanak saudara atau handai tolan tiba di Jakarta dari kota-kota lain di Pulau Jawa, mereka yang bermukim di Jakarta mengajukan pertanyaan standar: “Dari Jawa berangkat jam berapa?”
PenutupKesalahan ini harus diperbaiki agar tak jadi kebiasaan yang salah. Jakarta ataupun Bandung tetap bagian dari Pulau Jawa.

Paulus Mujiran
Jalan Borobudur, Semarang
Sumber: Kompas, Sabtu, 2 Agustus 2014 halaman 7

Balasan :
Struktur teksKalimat
PembukaMenanggapi surat pembaca Bapak Pulus Mujiran yang dimuat Kompas.com tanggal 2 Agustus 2014 dengan judul “Pulau-pulau di jawa” atas nama Manajemen Metro TV, kami menyampaikan permohonan maaf atas penyampaian berita yang kurang tepat yang Bapak sampaikan. 
IsiDapat kami jelaskan bahwa pihak Metro TV telah menindaklanjuti keluhan yang Bapak Pulus Mujiran laporkan mengenai penggunaan kalimat yang kurang tepat tersebut. Menurut kami itu hanya merupakan kesalahan pengucapan yang tidak disengaja. Kami mengucapkan terima kasih atas koreksi yang bapak sampaikan.
PenutupDemikian disampaikan, atas perhatian dan kepercayaan Bapak kepada Metro TV kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami
Divisi Penyiaran Metro TV
Fari Lestari

2. Surat lamaran kerja
Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, kantor atau instansi tertentu. Secara garis besar surat lamaran kerja terbagi menjadi dua macam yaitu surat lamaran kerja berdasarkan iklan dan surat lamaran kerja berdasarkan inisiatif sendiri. surat lamaran kerja termasuk kedalam golongan surat resmi atau dinas sehingga dalam penulisannya terdapat aspek-aspek tertentu yang harus di perhatikan. Secara umum struktur surat lamaran kerja antara lain sebagai berikut.
  1. Alamat dan tujuan surat.
  2. Salam pembuka.
  3. Isi surat yang bisa di bagi menjadi empat bagian yaitu ; paragraf pembuka, isi surat, daftar lampiran dan paragraf penutup.
  4. Salam penutup.
  5. Nama terang pelamar dan tanda tangan.

Berikut ini disajikan struktur teks surat lamaran pekerjaan: alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, nama terang.
Struktur teksKalimat
Alamat tujuan suratYth. Pemasang Iklan
Harian Bisnis Sukses
PO BOX 1234
Jakarta
Salam PembukaDengan hormat,
Isi
Setelah membaca iklan yang dimuat dalam Harian Bisnis Sukses tanggal 18 Juli 2015 yang isinya menyatakan bahwa perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan tenaga administrasi, maka yang bertanda tangan di bawah ini saya:

nama:Sita Sitiane
tempat, tanggal lahir:Sragen, 7 Pebruari 1997
alamat:Jln. Jati 123 Sragen
pendidikan:SMK Akutansi
dengan ini mengajukan permohonan untuk diterima sebagai karyawan sesuai dengan lowongan tersebut.

Saya dapat mengoperasikan komputer MS Word, Excel, adobe pagemaker, dan Coreldraw, serta dapat berbahasa Inggris. Saya pernah melakukan praktik industri selama 6 bulan di bagian administrasi, sehingga kiranya saya dapat memenuhi persyaratan yang Bapak/Ibu tentukan.

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan:
1) daftar riwayat hidup,
2) fotokopi ijazah SMK,
3) fotokopi ijazah kursus komputer,
4) fotokopi sertifikat praktik kerja Industri,
5) SKCK,
6) pasfoto.

Saya berharap kiranya Bapak/Ibu berkenan menerima saya, dan jika memerlukan wawancara, saya bersedia memenuhinya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.
Salam PenutupHormat saya,
Nama dan Tanda TanganSurat Lamaran
Sita Sitiane

Surat Balasan
Struktur teksKalimat
Alamat tujuan suratKepada Yth.:
Sita Sitiane
Jln. Jati 123
Sragen
Salam PembukaDengan hormat,
Isi
Dengan ini kami beritahukan bahwa kami telah menerima surat lamaran dari saudari pada tanggal 26 Januari 2016 yang menyatakan berminat untuk mengisi posisi Tenaga Administrasi di PT. Sukses Selalu.

Namun dengan berat hati harus kami sampaikan bahwa kami harus menolak surat lamaran saudara karena ada beberapa hal yang masih berada dibawah kualifikasi kami.

Demikian Surat Penolakan Lamaran Kerja ini kami sampaikan semoga suatu saat nanti saudari bisa bergabung dengan PT. Sukses Selalu.
Salam PenutupHormat saya,
Nama dan Tanda TanganTaufiq Hidayat, SH.
Taufiq Hidayat, SH.

Setelah membaca kedua teks tersebut, kalian tentu sudah dapat menarik kesimpulan awal mengenai persamaan ataupun perbedaan struktur teks dan isinya. Selanjutnya adalah membuat surat balasan dari kedua teks tersebut. Isi balasannya bisa berupa penerimaan maupun penolakan. 
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:08 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....