Home » » Jenis Profesi Pengembangan Aplikasi Web

Jenis Profesi Pengembangan Aplikasi Web

Aplikasi web merupakan aplikasi yang diakses mengunakan web berowser melalui jaringan internet atau intranet. Aplikasi web juga merupakan suatu perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa pemrograman yang mendukung perangkat lunak berbasis web seperti HTML, JavaScript, CSS, Ruby, Python, Php, Java dan bahasa pemrograman lainnya.

Profesi merupakan suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian atau keterampilan dari pelakunya. Biasanya sebutan “profesi” selalu dikaitkan dengan pekerjaan atau jabatan yang dipegang oleh seseorang, akan tetapi tidak semua pekerjaan atau jabatan dapat disebut profesi karena profesi menuntut keahlian para pemangkunya. Ada banyak ragam dalam profesi di dalam bidang Aplikasi Web. Berikut ini adalah profesi-profesi yang langsung terkait dalam pengembangan aplikasi web, diantaranya :

A. Web Designer
Desainer Web adalah orang yang bertanggung jawab untuk menentukan tampilan sebuah website. Tugasnya adalah pendisainan tampilan situs (web) mulai dari pengolahan gambar, tata letak, warna, dan semua aspek visual situs.

Fokus utama mereka adalah tampilan / layout dari web. Mereka lebih konsen dengan bagaimana halaman terlihat dan apakah berfungsi sempurna ketika sudah diberikan bahasa pemrograman. Didalam pendandanan suatu situs seorang Web Designer harus menguasai :
  1. HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.
  2. DHTML (Dynamic HTML) merupkan suatu istilah untuk membuat halaman web yang dinamis dan interaktif dengan mengkombinasikan bahasa markah HTML, JavaScript, Document Object Model, dan CSS.
  3. Pengolah Gambar merupakan perangkat lunak pengolah gambar banyak digunakan untuk keperluan desain grafis, Dalam desain grafis, teks, gambar juga dianggap sebagai hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.
  4. Animasi dalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. 
  5. Movie (Film) adalah gambar hidup, film teater atau foto bergerak, merupakan serangkaian gambar diam, yang ketika ditampilkan pada layar akan menciptakan ilusi gambar bergerak 
Web Designer
B. Web Programmer
Web programmer adalah programmer yang membuat web/aplikasi web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Web programmer biasanya berperan sebagai penghubung semua sumber daya yang akan digunakan pada sebuah website, mulai dari pemanggilan database, membuat halaman website yang dinamis, hingga mengatur cara pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen-elemen dari website tersebut.

Web Programmer bertugas dalam melakukan pengcodingan atau pemograman sebuah website agar dinamis. dimana agar sebuah web tersebut dapat telihat mudah bagi seorang web admin. Jika situs yang akan dibuat mempunya fasilitas interaksi antara pengunjung dan situs misalnya menyangkut dengan transaksi, input output data dan database maka seorang Web Programmer yang akan mengerjakannya dengan membuat aplikasi-aplikasi yang berkerja diatas situs (web). Penguasaan yang biasanya harus dikuasai pada umumnya oleh Web Programmer : CGI Perl, PHP, MySQL (Unix base), ASP (NT base), Java Script dan Applet.

C. Web Administrator
Web Administrator adalah seseorang yang bertanggung jawab secara teknis terhadap operasional sebuah situs atau website khususnya server. Tugasnya adalah untuk memaintenance suatu server, mengerti akan Sistem

Operasi Server, baik itu mulai dari instalasi sampai kepada masalah (troubleshooting), biasanya seorang Web Administrator harus menguasai : OS Unix (LInux, FreeBSD, dll), OS NT, Jaringan (LAN, WAN, Intranet), dan Keamanan Server.

D. Web Master
Seoarang Web Master adalah seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari disain, program dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggungjawabkan atas jalannya suatu situs (web). Penguasaan yang harus dimiliki :
  1. HTML, DHTML
  2. CGI Perl, PHP, MySQL, ASP, Java
  3. Penguasaan bermacam OS (Operating System)
  4. Keamanan Server
  5. Jaringan (LAN, WAN, Intranet)

E. Web Developer
Web developer adalah seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Pada dasarnya, web developer membuat berbagai hal “terjadi” pada sebuah website. Kegiatan diatas secara keseluruhan dinamakan suatu team yang dinamakan Web Developer. Web developer memberi bantuan seperti konsultasi web, konsep web yang akan di buat, membangun sebuat website.

Seseorang yang memegang sebuah pekerjaan bisa dikatakan sebagai sebuah profesi yaitu jika seseorang sudah ahli di dalam bidang pekerjaan tersebut. Jika dalam pekerjaan diatas yang bisa dikatakan sebagai sebuah profesi adalah web designer, web programmer, web administrator, web master dan web developer karena dalam bidang tersebut seseorang memang sudah memiliki keahlian di dalamnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:41 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....