Home » » Format Tampilan File Audio Pada Web

Format Tampilan File Audio Pada Web

HTML5 mendefinisikan elemen baru yang menentukan cara standar untuk menanamkan file audio pada halaman web: elemen <audio>...</audio>. Untuk memasukkan suara pada html bisa menggunakan tag <audio>. Format suara yang telah didukung hingga saat ini adalah MP3, Ogg dan WAP. File-file Audio yang didukung HTML5 adalah MP3,WAV, dan OGG. 

Namun tidak semua tipe file audio tersebut didukung oleh browser. OGG merupakan format audio yang didukung oleh Mozilla firefox, opera, dan google chrome. MP3 merupakan format audio yang didukung oleh Google Chrome dan safari. WAV merupakan format audio yang didukung oleh Mozilla Firefox dan Opera.

A. ME untuk format Audio 
MIME (Multipurpose Internet Mail Extension) digunakan untuk mekanisme untuk mFngirim berbagai informasi seperti text, aplikasi, gambar, suara, video, dan lain sebagainya agar browser tidak salah menterjemahkan konten yang diterima. Tidak hanya pada web, email juga menggunakan MIME. Berikut adalah tipe mime untuk format audio. 2
FormatMIME-type
MP3audio/mpeg
Oggaudio/ogg
Wavaudio/wav

B. Menyajikan Audio dalam Tampilan Web
File audio seperti mp3 dapat dilantunkan melalui tag<audio> < /audio>.Berikut adalah format lengkap untuk memainkan musik ke dalam aplikasi web
<html>
<head>
<title>cek suara</title>
</head>
<body>
<audio controls>
<source src="house.mp3" type="audio/mp3">
</audio>
</body>
</html>
Bila listing program diatas dijalankan akan menghasilkan tampilan audio di browser . Tekan tombol play untuk memulai menjalan audionya.


Atribut yang digunakan pada tag dapat juga menggunakan atribut autoplay, loop dan controls. Detail atribut pada audio adalah sebagai berikut :
AtributSintaksKeterangan
autoplay<audio autoplay="autoplay">Memulai audio secara otomatis pada web terbuka
controls<audio controls = "controls" >Menampilkan kontrol seperti volume, audio, dan juga tombol untuk memulai/pause
loop<audio loop="loop">Mengulang audio kembali setelah pemutaran awal selesai
muted<audio muted =”muted” >Mematikan suara
preload<audio preload="preload">Memuat ulang audio ketika halaman dimuat ulang
src<audio>source src="/usr/home/damay/house.ogg"</audio>Value dari src adalah file audio tersebut berserta lokasi filenya bisa juga mengarahkan suatu

Berikut adalah listing program audio yang telah diberi atribut control, autoplay serta loop . Ketika listing program tersebut dijalankan maka audio akan berjalan secara otomatis tanpa harus ditekan tombol play .
<html>
<head>
<title>cek suara</title>
</head>
<body>
<section style="text-align: center;"><audio controls = "controls" autoplay="autoplay"
loop="loop" >
<source src="http://googledrive.com/host/0B7q1GyuInSWkc05yQllXTUMwbXc/" type="audio/mp3"></source>
Browser kamu tidak mendukung bro
</audio></section>
</body>
</html>

Bila listing program diatas dijalankan akan menghasilkan tampilan audio di browser . Audio akan mulai diperdengarkan tanpa harus menekan tombol play. Audio akan terus dimainkan kembali ketika audio sudah habis waktunya karena pada atribut audio di set “loop”.





3. Plug-in Audio
Plug-in merupakan sebuah program komputer kecil yang memperluas fungsi standar dari sebuah browser. Plug-in dapat ditambahkan ke halaman HTML menggunakan tag <object> atau tag <embed>..
Tampilan Audio
a. Tag <embed>
Tag <embed> diartikan sebagai sebuah wadah untuk konten eksternal (non- HTML). Adapun potongan kode untuk memainkan file *.mp3 yang embed/tertanam di halaman web adalah.
<!DOCTYPE html>
<html>
<body>
<embed height="50" width="100" src="house.mp3">
<p>Bila anda tidak dapat mendengar suara, maka kemungkinan browser yan anda
gunakan tidak support dengan format file audionya</p>
<p>atau bisa juga speaker anda sedang off :)</p>
</body>
</html>

b. Tag <object>
Format audio dapat pula didefiniskan sebagai obyek ekternal untuk konten non HTML dengan menggunakan tag<obyek>. Berikut ini potongan kode program untuk menampilkan file audio.
<!DOCTYPE html> <html> <body> <object height="50" width="100" data="house.ogg"></object> <p>Bila anda tidak dapat mendengar suara, maka kemungkinan browser yan anda gunakan tidak support dengan format file audionya</p> <p>atau bisa juga speaker anda sedang off :)</p> </body> </html>
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:15 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....